Mohon tunggu...
Syahrul Chelsky
Syahrul Chelsky Mohon Tunggu... Lainnya - Roman Poetican

90's Sadthetic

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Pahlawanku] Lelaki Tua dalam Upacara Bendera

18 Agustus 2019   10:19 Diperbarui: 18 Agustus 2019   18:11 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Kakek saya adalah salah seorang pejuang kemerdekaan," terang Camat ketika tidak ada seorang pun yang berani menjawab.

"Nama beliau mungkin memang tidak setenar pahlawan-pahlawan nasional. Juga tidak tercetak dalam buku-buku pelajaran sekolah kalian. Namun itu tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk melupakan jasanya, bukan?

“Tidak sepatutnya juga beliau dilupakan oleh orang-orang yang diperjuangkannya, meski hanya sebatas wilayah daerah. Apalagi hingga dilupakan negaranya sendiri yang seolah menutup mata usai timah panas yang dulu didapatnya di medan pertempuran, membuat kepalanya benar-benar tidak bisa diajak berpikir lagi." Mata Camat terlihat berkaca-kaca sewaktu mengenang cerita kakeknya.

"Bahkan sekali pun tidak ada orang yang percaya, atau mungkin bagi orang lain, beliau hanyalah orang gila biasa," kata Camat itu lagi, "untuk saya, kakek saya tetaplah seorang pejuang negara yang hingga hari ini, semangat kemerdekaannya masih mengalir dan mendidih di dalam darah saya."

Sementara para peserta upacara atau pun tokoh-tokoh penting yang ada di dalam upacara itu masih hening tanpa suara. Mereka semua hanya saling memandang pada diri masing-masing. Tanpa bicara sepatah kata.

Selesainya pidato itu, selepas pembacaan doa, dan sehabisnya upacara, seluruh orang yang berada di halaman itu bertepuk tangan untuk Pak Camat, dan tentunya untuk sang lelaki tua, yang adalah kakeknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun