LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah
Masalah yang telah  diidentifikasi   Â
1     Dalam PBM PKn  kemampuan bertanya  peserta didik sudah muncul tetapi pertanyaanya belum menggambarkan tingkat berpikir kritis (HOTS)
Â
Hasil eksplorasi penyebab masalah  Â
Anak masih bertanya pada tingkat level C1 : Recall, repetition, berbasiskan buku teks
Dalam Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi  menurut Yoki Ariyana, MT.,  Dr. Ari Pudjiastuti M.Pd., Reisky Bestary, M.Pd. dan Prof. Dr. Zamroni, Ph.D, menyatakan bahwa Konsep Berpikir Tingkat Tinggi Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi:
Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.
Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.