Mohon tunggu...
Siti Fitria Komala
Siti Fitria Komala Mohon Tunggu... Administrasi - mahasiswi S1 Akuntansi

Seorang mahasiswi dengan citacita menjadi manusia yang sukses yang bisa bermanfaat bagi banyak orang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Good Corporate Governance PT Pos Indonesia

3 Desember 2024   22:37 Diperbarui: 3 Desember 2024   23:15 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebijakan PT Pos Indonesia dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik adalah Keputusan Bersama No. 287/DEKOM/1223 dan KD.89/DIRUT/1223 Komite dan Direksi PT Pos Indonesia (Persero) pada 26 Desember tahun 2023 tentang Tata Kelola Perusahaan.

Pada dasarnya PT Pos Indonesia menjadikan GCG sebagai pedoman guna mengelola perusahaan yang lebih baik seperti: mengurangi korupsi, kolusi dan nepotisme, memperkuat disiplin dan pengawasan serta meningkatkan efisiensi perusahaan. Penerapan GCG juga akan memberikan arahan bagi PT. Pos Indonesia (Persero) ikut serta dalam mengambil keputusan yang dapat meningkatkan nilai-nilai perusahaan dan kepercayaan dalam dunia bisnis.

Panduan Penerapan GCG pada PT POS INDONESIA

PT Pos Indonesia (Persero) terus bertekad menerapkan prinsip-prinsip GCG secara komprehensif. Komitmen ini ditonjolkan karena penerapan GCG diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan pemangku kepentingan:

1. Meningkatkan kinerja perusahaan dengan menetapkan proses pengambilan keputusan yang baik dan transparan

2. Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan lebih meningkatkan pelayanan kepada pemangku kepentingan

3. Kreditor mempunyai kepercayaan yang lebih tinggi terhadap perusahaan dan dana pembiayaan lebih mudah diperoleh.

4. Meningkatkan kepercayaan investasi investor

5. Meningkatkan citra perusahaan dan kepuasan pelanggan serta pemangku kepentingan lainnya

Visi, misi dan nilai-nilai perusahaan PT POS INDONESIA adalah sebagai berikut

1. Tujuan perusahaan adalah membangun bangsa dan negara yang lebih kompetitif dan sejahtera

2. Visi perusahaan adalah menjadi operator pos, pengiriman ekspres, logistik dan penyedia jasa keuangan yang paling kompetitif

3. Misi perusahaan adalah bertindak efektif untuk mencapai kinerja optimal.

 Syarat utama untuk mencapai visi dan misi PT Pos Indonesia adalah:

1. Menyediakan produk yang paling relevan berdasarkan kebutuhan pasar saat ini

2. Memberikan pelayanan yang berkualitas

3. Jalankan proses bisnis secara efisien

4. Membangun solusi teknologi yang unggul dan sumber daya manusia yang andal.

5. Memperkuat sistem pengendalian internal, tata kelola, dan manajemen risiko untuk mencapai tujuan maturitas yang memadai dan memastikan tercapainya tujuan perusahaan.

Nilai-nilai PT Pos Indonesia tercermin dalam nilai budaya AKHLAK yaitu koridor operasional usaha, menunaikan tanggung jawab dan kewajiban secara bermartabat, serta menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan perusahaan. PT Pos Indonesia menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai sebagai berikut:

- Amanah : Menjaga kepercayaan yang telah diberikan

- Kompeten : kemampuan belajar dan pengembangan secara terus menerus

- Harmonis : Saling peduli dan menghargai perbedaan

- Loyal : dedikasi dan mengutamakan segala kepentingan negara

- Adaptif : Terus berinovasi dan bersemangat dalam mendorong atau menghadapi segala perubahan

- Kolaboratif : Membangun kerja sama tim yang kolaboratif

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pos Indonesia (Persero) senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik untuk memaksimalkan nilai perusahaan dan mendorong profesionalisme, transparansi, dan efisiensi dengan menerapkan prinsip Tarif Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independensi dan Kewajaran dapat memenuhi kewajiban kami kepada pemegang saham, dewan direksi, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. Menyadari pentingnya GCG dan terus berupaya memperbaikinya serta menjadikannya bagian dari budaya perusahaan yang menerapkan GCG adalah hal yang dilakukan setiap insan PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengembangkan praktik bisnis yang sehat dan berkelanjutan dalam pengelolaan. Langkah komitmen kegiatan adalah urusannya. Dalam setiap kegiatannya, PT Pos Indonesia (Persero) selalu berpegang pada prinsip-prinsip GCG sebagai berikut:

1. Transparency

2. Accountability

3. Responsibility

4. Independency

5. Fairness

Penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada PT Pos Indonesia menjadikan pedoman bagi jajaran Dewan Komisaris dan juga Direksi dalam pembuatan keputusan serta menjalankan tindakan dengan dilandasi moral kerja yang tinggi, mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kesadaran akan adanya tugas dan tanggung jawab sosial perseroan terhadap pihak-pihak berkepentingan (stakeholders) dengan konsisten.

Maksud dan tujuan penerapan Good Corporate Governance pada PT Pos Indonesia ialah:

1. Memaksimalkan nilai-nilai Perusahaan agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga perusahaan mampu bertahan dan berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan dari Perusahaan;

2. Mendorong pengelolaan Perusahaan yang profesional, efisien dan efektif, juga memberdayakan fungsi dan juga meningkatkan kemandirian dari Organ Perusahaan;

3. Mendorong manajemen Perusahaan agar membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi dengan nilai moral yang tinggi serta adanya kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan kesadaran akan tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap stakeholders maupun kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan;

4. Meningkatkan kontribusi Perusahaan terhadap perekonomian nasional;

5. Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan nilai investasi Perusahaan.

informasi lebih lengkap dapat dilihat pada halaman resmi https://www.posindonesia.co.id/id/pages/good-corporate-governance

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun