Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Aki dan Kopling Mobil Bermasalah Jangan Disepelekan, Ini yang Saya Alami!

29 Mei 2020   12:52 Diperbarui: 31 Mei 2020   07:30 2116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Wadidaw, kalau membahas soal perawatan kendaraan ini, saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan, apalagi kalau mengingat dan ngomongin soal aki dan kopling.

Sebelumnya sedikit ingin saya uraikan, Alhamdulillah selain menggunakan sepeda motor saya juga menggunakan mobil untuk aktivitas keseharian saya.

Sepeda motor saya gunakan untuk aktivitas yang dekat-dekat rumah saja, sedangkan mobil saya gunakan untuk aktivitas utama, seperti ke kantor dan perjalanan jauh lainnya.

Nah, pengalaman tidak menyenangkan itu waktu pakai mobil, saya sempat menganggap sepele masalah aki dan kopling mobil saya ini, yang akhirnya sampai bikin saya repot dan bahkan dongkol banget rasanya.

Sekaligus saya jadi sangat menyesal karena menyepelekannya, pasalnya ketika sedang dijalan bahkan jalan pas lagi ramai, aki mobil akhirnya benar-benar mati dan koplingnya sampai putus.

Nah, saya coba ulas dulu soal aki mobil, sebenarnya soal aki mobil saya ini sudah mulai ada gelagat kalo aki nya mulai terasa ngadat.

Ketika stater mobil, suara mesinnya menyala agak berat dan lampu indikator pada spedometernya agak redup, sebenarnya saya sudah agak curiga, kenapa kok mobil distater jadi berat begini yah, karena pikir saya mobil masih bisa hidup, akhirnya tetap saya paksakan jalan.

Jujur saya awam soal ini, sehingga hal ini juga saya biarkan saja dan sampai berlangsung beberapa hari, tidak ada pikiran sama sekali kalo aki mobil mulai bermasalah.

Sampai akhirnya suatu ketika pas ditanjakan karena saya gagal setengah kopling (kopling ini juga bermasalah karena mulai aus) akhirnya membuat mesin mobil mati.

Mobil yang biasanya kalau distater bisa hidup lagi, ternyata tidak bisa lagi, pas saya stater hanya ada, kretek kretek, wahduh pasti modar ini akinya, rem tangan saya tarik, mobil jadi berhenti ditengah tanjakan.

Otomatis saya langsung diteror klakson berbagai macam kendaraan dibelakang saya, soalnya pas lagi ditanjakan, sayapun keluar mobil dan mengutarakan permasalahan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun