Mohon tunggu...
Satriyo Bagas Sentoso
Satriyo Bagas Sentoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Satriyo Bagas Sentoso Nim 41521010017 - Teknik Informatika - Universitas Mercu Buana - PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DAN ETIK UMB - Dosen Prof Dr Apollo, M.Si.Ak,CA,CIBV,CIBV, CIBG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berfikir Positif dan Komunikasi yang Efektif

5 April 2023   03:19 Diperbarui: 6 April 2023   23:54 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika saya berusia 12 tahun, saya mendaftar di sebuah program untuk belajar Bahasa dengan benar di tempat yang tidak semua orang mengetahuinya, hanya di gang sempit kami belajar Bahasa Bersama. Dibesarkan di Jawa tengah namun tidak pandai berbahasa dengan benar, saya tidak berbicara dalam Bahasa indonesia. Di gang tersebut tempat saya belajar,  saya tidak dapat memahami apa yang dikatakan orang kepada saya, dan saya tidak dapat mengekspresikan diri. Saya tidak bisa terhubung dengan orang lain, saya tidak bisa menciptakan interaksi, saya tidak bisa membangun persahabatan. Saya menghadapi beberapa bulan tersulit dalam hidup saya karena saya dalam beberapa hal bisu, dan dalam beberapa hal tuli.

Tetapi pengalaman itu mengajari saya aspek komunikasi manusia yang paling indah. Sewaktu saya belajar berbicara, sewaktu saya belajar untuk mendengarkan, sewaktu saya belajar untuk terhubung, saya dapat membuat jejaring sosial di sekitar saya. Komunikasi manusialah yang membebaskan saya.

Lalu saya berfikir pernahkah kita sejenak berhenti dan memikirkan kekuatan komunikasi positif? Komunikasi positif adalah keterampilan penting dalam lingkungan apa pun dengan interaksi manusia. Namun, dalam hal komunikasi di tempat kerja, komunikasi yang baik merupakan elemen integral dari kesuksesan bisnis. Di tempat kerja, komunikasi positif bukan hanya tentang mengurangi konflik (meskipun itu adalah manfaat penting dari berkomunikasi secara efektif). Komunikasi yang baik juga merupakan faktor penting dalam hubungan klien, profitabilitas, efektivitas tim, dan keterlibatan karyawan.

Sebelum membahas pada inti dari judul artikel ini saya akan merujuk pada Hambatan komunikasi,  adalah semua hal yang menghambat atau mengganggu pencapaian komunikasi yang efektif. Hambatan komunikasi dapat membuatnya sulit untuk mengirim pesan yang jelas, membuatnya sulit untuk memahami pesan yang dikirim, dan menyulitkan untuk memberikan umpan balik yang tepat.

Menurut Smith dalam Duta (2015:627) ada tujuh jenis hambatan komunikasi; fisik, persepsi, emosi, budaya, bahasa, jenis kelamin, hambatan interpersonal. Jenis komunikasi ini menghambat pembelajaran orang asing Bahasa.

Yang pertama, hambatan fisik adalah sejumlah gangguan fisik dapat mengganggu efektivitas komunikasi. Yakni, suhu kondisi di dalam kelas yang membuat siswa tidak nyaman di kelas komunikasi , selain itu Noise dapat membuat siswa tidak fokus dalam menerima materi disampaikan oleh guru. Contoh jarak yang begitu jauh antara guru dan siswa, maka bisa komunikasi tidak efektif, bentuk kelas seperti tidak nyaman dinding dan tempat duduk yang diposisikan.

Yang kedua, hambatan persepsi adalah hambatan internal dari komunikator, yaitu ketika komunikator merasa bahwa lawan bicara tidak mengerti dan tertarik dengan apa yang mereka katakan. Terkadang guru memberikan perlakuan buruk kepada mereka Siswa. Jadi,para siswa tidak nyaman dalam proses belajar. Selain itu, siswa tidak punya waktu dan kesempatan yang buruk untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Kemudian, siswa merasa bahwa materi yang ingin disampaikan oleh guru dapat tidak diterima dengan baik. Contoh, apa yang kita katakan dipengaruhi oleh bagaimana kita mengatakannya (nada, volume) dan dengan isyarat nonverbal kita, seperti bahasa tubuh dan gerakan wajah. Selain itu, Anda mungkin melihat situasi secara berbeda jika orang yang Anda ajak bicara adalah tersenyum atau mengerutkan kening, memiliki bau badan dan berdiri terlalu dekat atau tidak memberi Anda kontak mata langsung.

Ketiga, hambatan emosional adalah faktor emosional yang menghambat pesan disampaikan oleh komunikator atau menghambat komunikan dalam memahami pesan. Dalam hambatan emosional, siswa malu untuk berkomunikasi dengan orang lain, atau mungkin takut lawan bicara, baik kuliah atau teman. Terutama, berbicara kecemasan sering terjadi pada siswa bahasa Inggris. Selain itu, siswa kurang diri kepercayaan diri dan motivasi untuk belajar bahasa Inggris. Emosi umum seperti, kemarahan, cinta, sukacita, frustrasi, kekecewaan dan kesedihan, yang semuanya bisa menciptakan emosional hambatan yang berdampak negatif pada komunikasi.

Dalam perkembangan waktu, melalui berbagai sumber & terus belajar secara aktif memasukkan proses ke dalam proses untuk memastikan bahwa saya berkomunikasi secara efektif dan positif, dan itu benar-benar membuat perbedaan.

Misalnya, saya memulai hari Senin dengan mengkomunikasikan kemenangan grup Bahasa kami dan dengan merayakan kesuksesan satu sama lain dari minggu sebelumnya. Jenis komunikasi positif ini benar-benar membantu meningkatkan semua orang dalam tim dan juga membawa tingkat pemahaman baru tentang betapa kuatnya kata-kata itu Komunikasi yang efektif dan positif di tempat belajar maupun ditempat kerja juga sangat penting ketika Anda berada dalam peran kepemimpinan. Sebuah pepatah kuno mengatakan, "Bukan itu yang Anda katakan, tetapi bagaimana Anda mengatakannya." Komunikasi yang baik adalah apa yang memisahkan seorang pemimpin yang buruk dari yang luar biasa. Memiliki keterampilan komunikasi yang efektif adalah kunci untuk kepemimpinan yang baik dan untuk membangun tim yang dapat Anda banggakan!

Ketika Anda berkomunikasi dengan baik dengan tim Anda, ini membantu menghilangkan kesalahpahaman dan dapat mendorong lingkungan dan budaya kerja yang sehat dan damai. Komunikasi yang positif dan terbuka dengan tim Anda juga akan memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan profesional.

Di tempat kerja atau di rumah, kiat-kiat ini dapat membantu Anda mulai menginspirasi dan memengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Mereka dapat membantu Anda tumbuh dan mengubah diri sendiri, memungkinkan Anda untuk memperdalam hubungan Anda dan menciptakan dunia sosial yang lebih baik di sekitar Anda. Berikut adalah menurut sumber & pengalaman saya pribadi :

  • Sapa untuk membuat kontak manusia

Dalam benak kebanyakan orang, komunikasi adalah mode transmisi: Anda memiliki ide untuk dikirim, dan begitu pesan dikirim, Anda telah mencapai tujuan komunikasi. Tetapi komunikasi lebih dari sekadar transmisi; itu juga penciptaan. Ini menciptakan pengalaman dan membangun hubungan. Jika kita mengambil komunikasi, kita mengambil hubungan. Bahkan, saya akan mengusulkan bahwa ketika Anda berkomunikasi, Anda melakukan pekerjaan hubungan. Anda berhubungan. Pekerjaan komunikasi sering dimulai dengan salam, yang merupakan perilaku sederhana namun signifikan: saat ketika Anda memulai proses melakukan kontak. Salah satu hal paling tidak sopan yang dapat dilakukan dokter ketika mereka bertemu

dengan pasien adalah tidak menyapa mereka. Ketika pendidik menyapa siswanya, justru mempengaruhi pembelajaran. Dan manajer dan pemimpin terbaik menciptakan peluang untuk koneksi: Mereka memeriksa karyawan mereka dan bertanya bagaimana kabar mereka. Mereka terus-menerus dalam proses membangun hubungan.

Sebagai bagian dari proyek Bahasa di Eropa, para peneliti mempelajari lebih dari 500 email dari dua organisasi: satu perusahaan yang mengalami banyak konflik, moral rendah, dan pergantian, dan satu lagi dengan budaya yang sangat positif. Setelah melihat lebih dekat, para peneliti memperhatikan sesuatu yang mencolok: Di organisasi di mana orang tidak akur, email terdengar seperti ini:

Rapat pukul 15.00 WIB.

Itu saja. Tetapi di perusahaan tempat orang-orang bergaul, email terdengar lebih seperti ini:

Halo semuanya,

Semoga Anda baik-baik saja. Menantikan untuk melihat Anda di pertemuan kami pada hari Jumat pukul 15:00.

 

Semoga minggumu menyenangkan.

 

Salam Hangat,

Febri

Kontennya sama, tetapi detail kecil yang kami tambahkan membantu kami mengelola koneksi kami dengan orang lain. Komunikasi meminyaki roda sosial; Ini bukan hanya mode transmisi. Untuk mempraktikkan hal ini, cobalah memulai kontak dengan tiga orang yang tidak Anda kenal dengan baik, tetapi yang merupakan pemangku kepentingan dalam organisasi Anda; mereka bisa siapa saja dalam hierarki organisasi. Sapa mereka. Tanyakan kepada mereka bagaimana keadaan mereka; mengatur panggilan Zoom atau makan siang; Luangkan sedikit waktu untuk terhubung dengan mereka. Jika Anda mempraktikkan ini, maka Anda akan dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan orang-orang di sekitar Anda dan memperluas jaringan pengaruh Anda.

  • Minta untuk menemukan yang tidak diketahui

Ketika kita mengajukan pertanyaan, kita akan melakukan pencarian. Kita menempatkan diri kita pada posisi untuk menemukan lebih banyak, untuk belajar dari posisi kerendahan hati dan rasa ingin tahu.

Pada tingkat dasar, kita dapat membedakan antara pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Pertanyaan tertutup---"Apakah Anda suka biru atau kuning?" ---cenderung mempersempit dan mengontrol interaksi manusia. Pertanyaan terbuka, di sisi lain, cenderung meluas dan memberi orang kebebasan untuk memutuskan apa yang akan dibagikan dan apa yang tidak boleh dibagikan---seperti "Ceritakan tentang beberapa pengalaman favorit Anda dalam hidup Anda" atau "Percakapan apa yang telah memengaruhi Anda?"

Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi kita adalah belajar membalik pertanyaan  dari tertutup menjadi terbuka.

Pada ulasan tahunan, misalnya, kita tergoda untuk mengatakan, "Apakah Anda mengalami tahun yang baik?" Tetapi bagaimana jika kita membalik naskah dan bertanya, "Apa yang dapat kami lakukan untuk membantu Anda mencapai potensi Anda? Apa yang dapat kami lakukan tahun ini untuk melayani Anda dan membantu Anda tumbuh?" Saya belajar ini dari sebuah organisasi bernama Performance Group Management di Jakarta Selatan. Dengan pertanyaan-pertanyaan itu, organisasi tidak hanya mampu mempertahankan karyawan mereka, tetapi mereka dapat menemukan cara untuk membantu mereka tumbuh secara internal dan membangun apa yang telah dirayakan secara luas sebagai budaya yang sangat positif.

Sebagai contoh lain, saya melakukan penelitian dengan Jateman yang ingin menyelesaikan skripsinya, yang mencoba membantu menciptakan transformasi pribadi pada individu di Sebagian besar penduduk dan membantu mereka mengakhiri kemiskinan di komunitas mereka sendiri. Alih-alih bertanya, "Apakah Anda membutuhkan bantuan?," mereka memulai proses perubahan dengan bertanya kepada orang-orang, "Apa impian Anda? Apa harapanmu?"

  • Pujian untuk mempengaruhi rasa diri orang

Satu-satunya kebenaran terpenting di bidang komunikasi manusia adalah bahwa apa yang kita katakan, apa yang kita lakukan, memengaruhi orang. Itu mempengaruhi siapa mereka, pada saat itu, dan itu mempengaruhi siapa mereka menjadi. Saya banyak memikirkan hal ini sebagai mahasiswa yang mempelajari ilmu komunikasi.

Memuji hanyalah satu perilaku di antara banyak perilaku yang menggambarkan kapasitas kita untuk memengaruhi orang dengan cara yang positif.

Terkadang, saya memperhatikan Ketika seorang pimpinan melakukan pelatihan, para pemimpin bertanya kepada saya berapa banyak pujian yang harus mereka berikan untuk membuat staf mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Tetapi pujian tidak boleh digunakan dengan cara robot. Sebaliknya, saya menganjurkan cara untuk menjadi. Memuji adalah pilihan untuk mempengaruhi siapa orang dan siapa mereka menjadi, rasa diri mereka.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kita meremehkan bagaimana pujian yang baik membuat orang merasa.

Seperti ada pepatah dari inggris mengatakan bahwa : 

"What we say, what we do, affects people. It affects who they are, in the moment, and it affects who they become" Julien C. Mirivel, Ph.D.

"Apa yang kami katakan, apa yang kami lakukan, memengaruhi orang. Itu mempengaruhi siapa mereka, pada saat ini, dan itu mempengaruhi siapa mereka menjadi"

 Julien C. Mirivel, Ph.D.

Apa pujian terbaik yang pernah Anda terima? Apa yang telah seseorang katakan kepada Anda yang telah berdampak positif bagi Anda? Dalam penelitian saya, kami telah menemukan bahwa seringkali saat-saat itu datang dari para pemimpin, manajer, supervisor, atau guru. Ketika orang-orang yang kita lihat untuk mengatakan sesuatu tentang kita yang beresonansi, kita menerimanya; kami mengintegrasikannya.

Untuk mempraktikkan ini dan membuat tanda Anda sendiri, Anda dapat memikirkan tiga orang yang benar-benar Anda hargai di sekitar Anda, dan memberikan pujian yang berarti kepada mereka tentang kekuatan mereka. Atau Anda dapat mengirim email ke tim Anda dan berkata, "Saya ingin merayakan pekerjaan yang telah Anda lakukan, kekuatan yang telah Anda tunjukkan, terutama saat kita menanggapi pandemi global." Berkomunikasi secara positif adalah tentang disengaja. Sebagai pemimpin, orang tua, pasangan, atau teman, kita semua dapat memilih untuk menggunakan kata-kata kita untuk melakukan sedikit kebaikan.

  • Ungkapkan untuk memperdalam hubungan

Kebenaran penting kedua tentang komunikasi adalah bahwa hubungan dan kedekatan yang kita rasakan dengan orang lain bukanlah keadaan yang dapat kita pegang; itu adalah sesuatu yang kami lakukan. Dan cara kita memberlakukan rasa cinta dan kolegialitas ini adalah dengan tindakan pengungkapan: mengungkapkan bagaimana kita berpikir, bagaimana perasaan kita, dan siapa kita dengan cara yang otentik.

Tidak semua pengungkapan memiliki fungsi yang sama, tetapi memiliki beberapa elemen umum. Pertama, pengungkapan harus otentik. Itu harus mencerminkan kesesuaian antara apa yang Anda rasakan di dalam, dan apa yang terjadi di luar. Itu harus komunikasi yang jujur, jujur, dan pribadi, yang mencerminkan apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda hargai.

Itu harus memiliki integritas, dan, yang lebih penting, itu harus menjadi manusia. Semakin banyak pengalaman Anda dapat mencerminkan kemanusiaan kita bersama, semakin besar kemungkinannya untuk beresonansi dengan orang lain ketika diucapkan.

Penelitian oleh Robert Ulmer, yang merupakan ahli dalam komunikasi krisis di University of Nevada, Las Vegas, menunjukkan bahwa ketika para pemimpin mempraktikkan pengungkapan yang terbuka dan jujur, mereka dapat merespons krisis dengan jauh lebih efektif. Dalam satu kasus yang dia pelajari, CEO Malden Mills Aaron Feuerstein segera menanggapi kebakaran yang mempengaruhi beberapa bangunan manufaktur dengan berkomunikasi secara terbuka dan terbuka dengan para pemangku kepentingannya: "Kami akan terus beroperasi di Lawrence. . . . Kami memiliki kesempatan untuk berlari ke selatan bertahun-tahun yang lalu. Kami tidak melakukannya saat itu dan kami tidak akan melakukannya sekarang." Bersikap terbuka dan jujur menunjukkan bahwa kami peduli dengan pemangku kepentingan kami.

Untuk mempraktikkan hal ini, pikirkan seseorang yang dapat Anda kirimi pesan teks sekarang untuk dibagikan bahwa Anda berterima kasih kepada mereka. Bersikaplah terbuka dan jujurlah kepada mereka. Anda bisa mengatakan, "Aku memikirkanmu, dan aku hanya ingin kamu tahu bahwa aku bersyukur memilikimu dalam hidupku." Perhatikan perasaan dan pikiran yang terjadi di dalam diri Anda---haruskah saya melakukannya, hendaknya saya tidak melakukannya, bagaimana mereka akan menanggapinya? Terlepas dari semua itu, pada saat ini Anda dapat memilih untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Itu pengungkapan ingin belajar dari krisis.

  • Dorong untuk memberi dukungan

Komunikasi manusia, menurut saya, sama nyatanya dengan cara memberi seperti memberi uang. Kami menggunakan komunikasi untuk memberi cinta. Kami menggunakan komunikasi untuk memberi kasih sayang. Dan ketika kita memilih untuk mendorong orang lain, kita menggunakan komunikasi untuk memberi orang dukungan sosial yang mereka butuhkan untuk berkembang dan berhasil.

Saya percaya bahwa kita dapat mengubah momen biasa menjadi momen yang luar biasa dengan apa yang kita katakan dan bagikan dengan orang lain, apa pun peran kita. Berikut adalah contoh dari perkuliahan saya sendiri. Selama bertahun-tahun, setiap kali teman-teman saya berjuang, saya akan selalu berkata, "Hei, mengapa kamu tidak naik ombak sedikit saja?" Kemudian, selama satu tahun pendidikan yang sangat sulit, saya sampai di kampus saya dan menemukan email dari pacar saya. Di dalamnya ada pesan, "Naik ombak, sayang," dengan foto saya yang di-Photoshop di peselancar sungguhan. Saya ingat momen itu sampai hari ini.

 Itulah kekuatan dorongan. Apa yang kami katakan dan lakukan dapat membuat dampak tidak hanya pada saat itu, tetapi sebagai sumber dukungan untuk tahun-tahun mendatang.

  • Dengarkan untuk melampaui perbedaan

Belajar bagaimana menjadi pendengar yang lebih baik bukanlah prestasi kecil, tetapi para ahli setuju bahwa itu adalah sifat umum dari pemimpin yang baik. Jika Anda dapat memilih untuk mendengarkan secara mendalam, Anda dapat melampaui perbedaan yang dirasakan yang ada antara Anda dan orang lain.

Anda dapat belajar mendengarkan lebih dalam dengan mempertahankan tingkat keterbukaan yang tinggi terhadap perspektif dan sudut pandang orang lain. Ini juga membutuhkan menahan penilaian orang dan tindakan mereka. Psikolog Carl Rogers menyebut ini "penghargaan positif tanpa syarat": cara memandang orang dengan kehangatan, tanpa syarat apa pun. Untuk mendengarkan secara mendalam, Anda harus menumbuhkan empati yang mendalam, kemampuan untuk melihat perspektif orang lain bukan untuk melihat apakah mereka benar atau salah, tetapi untuk memahami sudut pandang mereka.

berfikir-positif-dan-komunikasi-yang-efektif-2-642ef88f08a8b52ada1541c2.png
berfikir-positif-dan-komunikasi-yang-efektif-2-642ef88f08a8b52ada1541c2.png
Ketika kita bisa mengkomunikasikan diri secara efektif selanjutnya adalah cara Anda mengekspresikan diri memengaruhi apakah pesan Anda diterima secara positif atau negatif. Ini memiliki pengaruh besar pada respons yang mungkin Anda dapatkan.  Bahkan ketika Anda menyampaikan berita yang tidak diinginkan, dampaknya dapat dilunakkan dengan menggunakan bahasa positif. Langkah pertama adalah menyadari apakah frasa dan bahasa Anda positif atau negatif, yang bukan tugas yang mudah ketika Anda terutama berfokus pada menemukan kosakata yang tepat dalam bahasa Inggris. Sangat umum bahwa orang-orang yang secara alami mengekspresikan hal-hal secara diplomatis dan positif dalam bahasa mereka sendiri melupakan aspek komunikasi ini ketika berjuang untuk menemukan kata-kata yang tepat.

Contoh frasa dan bahasa negative

  • Nyatakan apa yang tidak bisa dilakukan.
  • Contoh: Saya menyesal memberi tahu Anda bahwa tidak mungkin untuk (apa pun)
  • Sertakan kata-kata negatif
  • Contoh: Sayangnya, kita tidak bisa melakukan (apapun).
  • Perkenalkan nada menyalahkan yang halus.
  • Contoh: Anda mengklaim/menyatakan dengan kata yang salah bahwa (apa pun)

Contoh penyusunan frasa dan bahasa positif

  • Sorot apa yang bisa dilakukan
  • Contoh: Jika Anda dapat mengirimkan kepada kami (apa pun), kami dapat menyelesaikan prosesnya untuk Anda.
  • Sarankan alternatif dan pilihan
  • Contoh: Satu opsi yang terbuka untuk Anda adalah (opsi).
  • Terdengar membantu dan mendorong daripada birokratis
  • Contoh: Mungkin kami menyarankan Anda (apa pun)
  • Kiat untuk mengkomunikasikan berita buruk dengan cara yang lebih positif

Apakah Anda punya kabar buruk untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris? Pembatalan, bentrokan penjadwalan atau mungkin pengurangan? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara terbaik untuk melunakkan pukulan itu? Penyesuaian kecil dapat membuat semua perbedaan. Kami telah mengumpulkan beberapa tips bahasa yang akan membantu Anda.

Pilih frasa positif daripada negatif Contoh :

  • Jangan katakan: "Kerusakan tidak akan diperbaiki selama seminggu."
  • Katakan: "Anda dapat mengambil mobil Anda minggu depan."
  • Jangan katakan: "Pernyataan terlampir itu salah."
  • Katakan: "Silakan periksa kembali pernyataan terlampir."

Hindari kata-kata negatif -- gunakan kata-kata positif dalam bentuk negatif sebagai gantinya Contoh:

  • Jangan katakan: "Saya pikir itu ide yang buruk."
  • Katakan: "Saya tidak berpikir itu ide yang bagus."
  • Jangan katakan: "Itu terlalu mahal bagi kami."
  • Katakan: "Ini tidak masuk akal seperti yang kami harapkan."

Orang bereaksi lebih baik terhadap kata-kata yang terdengar positif, bahkan jika mereka digunakan dengan alat bantu negatif.

Gunakan pengubah untuk membuat segala sesuatunya tampak kurang atau lebih kecil Contoh:

  • Jangan katakan: "Ini akan menyebabkan masalah bagi kita."
  • Katakan: "Itu mungkin menyebabkan sedikit masalah bagi kita."

Menggunakan 'sedikit' di sini membantu speaker menjadi lebih lembut. Frasa seperti "sedikit", "semacam", "jenis" memiliki efek yang sama.

Gunakan pertanyaan negatif untuk membuat saran untuk memperbaiki situasi Contoh :

  • Jangan katakan: "Kita harus melakukan (apa pun)"
  • Katakan: "Bukankah lebih baik .......?" Atau "Tidak bisakah kita........?"
  • Pertanyaan-pertanyaan ini membawa pendapat pembicara dengan cara diplomatik dan meminta reaksi.

Setelah mengetahui cara cara berikut kita bisa mengulas Berpikir positif dan keterampilan komunikasi akan mengubah ketegasan dan kepercayaan diri Anda Memiliki tingkat harga diri dan kepercayaan diri yang rendah dapat menjadi beban dalam banyak situasi pribadi dan profesional yang membuat Anda tidak mencapai yang terbaik.

Setelah kita sampai pada tahap ini anda mungkin tahu bagaimana ketegasan dan kepercayaan diri adalah bagian penting dari pengembangan dan pertumbuhan profesional Anda; Tapi tahukah Anda cara meningkatkan level mereka? Karena kepercayaan diri akan mengarah pada peningkatan kinerja, dan kehidupan yang lebih sukses secara umum, kita semua dapat memperoleh manfaat ke tingkat ketegasan yang lebih tinggi.

berfikir-positif-dan-komunikasi-yang-efektif-1-642ef7a408a8b573f7120cd4.png
berfikir-positif-dan-komunikasi-yang-efektif-1-642ef7a408a8b573f7120cd4.png
Apakah Anda tegas dan percaya diri?

"Orang-orang ini baru saja memberi saya pujian, mereka tidak benar-benar bersungguh-sungguh dan hanya menertawakan saya."

"Bos saya tidak pernah puas dengan apa yang saya lakukan, tidak peduli berapa banyak upaya yang saya lakukan dalam pekerjaan saya."

"Tidak masalah jika saya mencoba berbicara selama pertemuan ini, toh tidak ada yang akan mendengarkan saya. Saya hanya akan mengatakan apa-apa."

"Aku hanya tidak cukup baik."

Apakah Anda mengenali diri Anda dalam satu atau semua pernyataan ini? Anda mungkin menderita harga diri yang rendah. Kabar baiknya adalah Anda dapat meningkatkan tingkat ketegasan dan kepercayaan diri Anda! Ini bukan proses 1 hari dengan hal 1 kali yang harus dilakukan; Namun, dengan motivasi dan fokus, meningkatkan kepercayaan diri dan ketegasan Anda lebih mudah dari yang Anda pikirkan.

Akhirnya, Kita harus belajar bagaimana memberi seseorang perhatian penuh kita Secara fisik bersandar dengan tubuh Anda akan memulai proses mendengarkan lebih dalam. Jika Anda benar-benar frustrasi, pegang tangan Anda, letakkan di bawah meja, dan buka sedikit---gerakan fisik keterbukaan. Mendengarkan bisa terasa tidak nyaman, tetapi ada banyak hal yang harus dipelajari jika kita menenangkan segala sesuatu yang terjadi di dalam diri kita dan mengalihkan perhatian kita kepada orang lain.

Saya percaya bahwa jika Anda mempraktikkan komunikasi positif, itu akan membantu Anda tumbuh sebagai seorang profesional dan sebagai pribadi, menciptakan hubungan berkualitas tinggi di tempat kerja dan di rumah, dan memimpin dengan lebih efektif. Saat Anda mengambil tindakan kecil ini, Anda memulai efek kupu-kupu. Anda mulai mengubah skrip pada interaksi Anda, yang memengaruhi hubungan yang Anda pedulikan, grup tempat Anda bekerja, dan komunitas tempat Anda berada. Dan jika kita melakukan ini bersama-sama, kita akan bersama-sama menciptakan masyarakat yang lebih baik untuk diri kita sendiri dan anak-anak kita.


Referensi :

Albrecht, K. (1980). Brain power learn to improve your thinking skills. New

York: Prentice Hall.

Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. Malang: Umm Press.

Anggraini, Y., Syaf, A., & Murni, A. (2017). Hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan komunikasi pada mahasiswa. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 1(1), 31–38.

Asmidir, Marjohan, & Ririn. (2013). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 273–278.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1995). Self-efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.

Bodie, G. D. (2010). A racing heart , rattling knees , and ruminative thoughts : defining , explaining , and treating public speaking anxiety. Communication Education, 59(1), 70–105.

Chandra, A. (2017). The relationship between emotional maturity and positive thinking on the students of psychology faculty of medan area university ( uma ), medan , indonesia. Journal Of Humanities And Social Science, 22(10), 11–20.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun