Mohon tunggu...
Salma RihhadatulAisy
Salma RihhadatulAisy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Teknologi Digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang Sadar Qua

1 November 2024   16:06 Diperbarui: 1 November 2024   16:28 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber: Dibuat oleh Peniliti (2024)

 BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah bagian penting dari perencanaan, yang membutuhkan strategi dan keterampilan yang tepat untuk membuat rencana tersebut. Peran manajemen pemasaran mencakup menciptakan produk yang lebih kreatif, memilih pangsa pasar yang diharapkan perusaahan, dan meyakinkan pembeli yang potensial untuk membeli produk baru. Menurut (Heri Sudarsono, 2020:2), Pemasaran merupakan proses manajerial yang menjadikan individu atau kelompok mendapatkan yang diinginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen

Menurut Assauri (2018:12), manajemen pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Menurut Kotler dan Keller (2017:6) dalam Andrew et al. (2023) menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan pasar sasaran untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan konsumen dengan menciptakan dan memberikan kualitas penjualan yang baik. Berdasarkan beberapa pernyataan para ahli, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu dalam melakukan aktivitas perencanaan, penetapan harga, dan pendistribusian produk kepada pasar sasaran untuk mencapai kepuasan pelanggan yang merpakan tujuan dari organisasi.

2.1.1 Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun 3 fungsi manajemen pemasaran menurut (Panjaitan, 2018), diantaranya yaitu sebagai berikut:

1) Perencanaan Pemasaran 

Segala sesuatu perencanaan yang dilakukan sebelum kegiatankegiatan pemasaran meliputi: tujuan, strategi, kebijaksanaan, dan taktik yang dijalankan. Tujuannya yaitu untuk meniadakan ketidakpastian masa yang akan datang apabilta terdapat perubahan yang disebabkan oleh situasi serta kondisi perusahaan yang tidak menentu.

2) Implementasi Pemasaran 

Suatu proses yang mengubah strategi serta rencana pemasaran menjadi Tindakan pemasaran unttuk mencapai sasaran. Dalam hal ini, implememtasi mencakup aktivitas sehari-hari secara efektif dalam melaksanakan rencana pemasaran. Aktivitas atau kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang dan struktur organisasi formal yang dapat menjalankan peranan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran

3) Pengendalian Atau Evaluasi Kegiatan Pemasaran 

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun