Mohon tunggu...
sabella alda yahya
sabella alda yahya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sabella alda yahya (43223010177), S1 akuntansi, fakultas ekonomi dan bisnis, dosen pengampu : Prof. Dr. Apollo Daito, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kebatinan Mangkunegara IV pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri

29 November 2024   03:13 Diperbarui: 29 November 2024   03:13 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Korupsi adalah salah satu permasalahan utama yang menghambat pembangunan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Praktik korupsi tidak hanya merugikan secara materi dengan menggerogoti anggaran negara, tetapi juga memberikan dampak yang jauh lebih luas, seperti merusak moralitas bangsa, melemahkan sistem hukum, dan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah serta institusi negara. Korupsi menciptakan ketimpangan sosial, memperburuk kualitas layanan publik, dan menghambat pertumbuhan ekonomi, sehingga menjadi ancaman serius bagi keberlanjutan pembangunan.

Dalam konteks budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa, terdapat warisan nilai-nilai luhur yang dapat menjadi pedoman moral dalam mencegah korupsi. Salah satu ajaran yang relevan adalah kebatinan Mangkunegara IV, yang menekankan pentingnya integritas, kejujuran, dan pengendalian diri. Ajaran ini tidak hanya memberikan panduan bagi individu untuk menjaga moralitas pribadi, tetapi juga mengajarkan bagaimana seorang pemimpin seharusnya bersikap dalam menjalankan amanahnya. Melalui nilai-nilai kesederhanaan, keadilan, dan kepedulian terhadap rakyat, ajaran kebatinan Mangkunegara IV menjadi landasan etis yang dapat membantu membentuk karakter pemimpin yang berintegritas dan berorientasi pada kepentingan rakyat. Dengan demikian, ajaran ini memiliki relevansi yang tinggi dalam upaya menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV

Mangkunegara IV (1853--1881) merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah kerajaan Mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai pemimpin visioner yang tidak hanya berperan dalam menjaga stabilitas politik dan budaya di wilayah kekuasaannya, tetapi juga membawa berbagai pembaruan di bidang sosial, ekonomi, dan pemerintahan. Sebagai pemimpin, Mangkunegara IV menunjukkan kemampuan untuk mengadaptasi perubahan zaman tanpa meninggalkan akar tradisi Jawa, sebuah langkah yang menunjukkan visi kepemimpinan yang modern sekaligus bijaksana.

Mangkunegara IV memiliki pandangan yang progresif, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai tradisional Jawa sebagai fondasi dalam membangun masyarakat. Ia percaya bahwa kekuatan sebuah kerajaan tidak hanya terletak pada kekuasaan, tetapi juga pada kesejahteraan rakyatnya. Pandangan ini diterjemahkan ke dalam berbagai kebijakan yang mengedepankan pendidikan, pengembangan ekonomi berbasis agraria, serta tata kelola pemerintahan yang transparan. Kepemimpinannya mencerminkan kombinasi unik antara kebijaksanaan spiritual dan keahlian administratif, yang menjadikannya sosok panutan dalam sejarah Jawa.

Dalam masa pemerintahannya, Mangkunegara IV berhasil menciptakan sistem pemerintahan yang efektif melalui pengelolaan birokrasi yang efisien dan penerapan disiplin dalam administrasi. Ia juga mempromosikan nilai-nilai integritas, inovasi, serta tanggung jawab, yang tetap relevan hingga saat ini. Salah satu kontribusi signifikan adalah pengembangan Kawedanan, sebuah sistem pengelompokan wilayah administratif yang membantu memperkuat pengawasan pemerintahan. Selain itu, ia turut mendukung seni dan budaya, yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tetapi juga alat untuk memperkuat identitas masyarakat Jawa.

Melalui perpaduan antara pembaruan dan pelestarian nilai-nilai tradisional, Mangkunegara IV berhasil mengukir prestasi yang tidak hanya dikenang sebagai bagian dari sejarah Mangkunegaran, tetapi juga menjadi inspirasi dalam kepemimpinan modern. Ia adalah contoh nyata seorang pemimpin yang mampu menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan jati diri budaya lokal.

Kategori Kepemimpinan Raos Gesang

Dalam kehidupan sehari-hari, kepemimpinan bukan hanya persoalan kemampuan teknis atau strategi yang terukur, tetapi juga menyangkut kepekaan terhadap "rasa hidup" atau yang dalam tradisi budaya Jawa disebut sebagai Raos Gesang. Konsep ini mengajarkan bahwa seorang pemimpin tidak hanya perlu memiliki keterampilan atau pengetahuan, tetapi juga kemampuan untuk merasakan dan memahami keadaan di sekitarnya dengan hati yang peka. Hal ini mencakup perasaan terhadap situasi sosial, emosi orang lain, serta dampak dari setiap keputusan yang diambil. Dalam konteks ini, Mangkunegaran IV menawarkan pandangan yang lebih dalam mengenai kepemimpinan melalui empat kategori utama yang saling terkait, yaitu: bisa rumangsa (mampu merasakan), ojo rumangsa bisa (jangan merasa bisa segalanya), angrasa wani (merasa berani), angrasa kleru (merasa salah), serta bener tur pener (benar dan tepat)

  • Bisa Rumangsa, Ojo Rumangsa Bisa Makna dari prinsip ini adalah pentingnya memiliki empati dan kesadaran diri. Pemimpin yang ideal adalah mereka yang mampu memahami perasaan orang lain (bisa rumangsa), tanpa menganggap dirinya lebih mampu atau superior (ojo rumangsa bisa). Dalam konteks manajerial, hal ini berarti seorang pemimpin harus memiliki kerendahan hati untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan timnya sebelum mengambil keputusan.
  • Angrasa Wani Prinsip ini menekankan keberanian dalam bertindak, baik dalam menghadapi kesalahan maupun dalam mengambil risiko. Pemimpin harus memiliki keberanian untuk mencoba hal baru, menerima tantangan, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Dalam dunia kerja, keberanian ini penting untuk mendorong inovasi dan mengambil langkah strategis meskipun penuh dengan ketidakpastian.
  • Angrasa Kleru Prinsip ini menekankan pentingnya pengakuan atas kesalahan. Seorang pemimpin yang ksatria adalah mereka yang tidak malu untuk mengakui kesalahan, belajar darinya, dan tidak menyalahkan pihak lain. Ini menunjukkan integritas yang kuat dan mampu memperkuat kepercayaan dalam tim.
  • Bener Tur Pener Prinsip ini mengacu pada pentingnya bertindak benar dengan cara yang benar. Tidak cukup hanya dengan memiliki niat baik; cara untuk mencapainya pun harus sesuai dengan norma dan etika. Dalam kepemimpinan modern, ini berarti pengambilan keputusan yang tidak hanya sesuai dengan hukum, tetapi juga mempertimbangkan aspek moral dan keberlanjutan.

Kategori Kepemimpinan Asta Brata

Asta Brata adalah konsep kepemimpinan yang berasal dari tradisi Jawa, yang telah dikenal luas melalui karya sastra seperti Serat Ramajarwa karya R. Ng. Yasadipura. Dalam Asta Brata, terdapat delapan prinsip kepemimpinan yang masing-masing diibaratkan dengan sifat-sifat alam, memberikan gambaran tentang bagaimana seorang pemimpin ideal harus bertindak dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. Konsep ini tidak hanya memberikan pedoman moral dan etika bagi pemimpin, tetapi juga berfungsi sebagai dasar dalam membangun hubungan yang harmonis antara pemimpin dan masyarakat.

Setiap elemen Asta Brata melambangkan karakteristik alam yang memiliki kekuatan dan peranannya masing-masing, yang diharapkan tercermin dalam sikap dan perilaku seorang pemimpin. Prinsip-prinsip ini mencakup kualitas seperti keadilan, ketegasan, kebijaksanaan, kesabaran, dan pengabdian terhadap rakyat. Dengan memahami dan mengamalkan prinsip-prinsip ini, pemimpin diharapkan dapat mengambil keputusan yang adil dan bijaksana, serta menciptakan stabilitas dan keharmonisan dalam masyarakat.

  • Ambeing Lintang (Bintang) Bintang berfungsi sebagai penunjuk arah di tengah kegelapan. Seorang pemimpin, seperti bintang, harus menjadi teladan dan memberikan arahan yang jelas kepada rakyatnya. Pemimpin ideal adalah sosok yang memiliki visi yang kuat, mampu menginspirasi masyarakat, dan memimpin mereka menuju tujuan bersama. Bintang mengingatkan pentingnya kepemimpinan yang memberi arah, terutama saat rakyat menghadapi tantangan dan ketidakpastian.
  • Ambeing Surya (Matahari) Matahari melambangkan terang, keadilan, dan kekuatan. Pemimpin yang baik harus bersikap adil dalam mengambil keputusan tanpa memihak kelompok tertentu. Sama seperti matahari yang menyinari bumi tanpa pilih kasih, seorang pemimpin harus mengayomi semua golongan dengan penuh keadilan. Matahari juga merepresentasikan energi positif yang memotivasi rakyat untuk terus maju, sekaligus kekuatan untuk menghadapi tantangan.
  • Ambeing Rembulan (Bulan) Bulan melambangkan ketenangan dan keindahan, yang memberikan penerangan pada malam hari. Pemimpin yang ideal harus mampu menenangkan rakyatnya di saat-saat sulit, menjadi penghibur, dan membawa kedamaian dalam setiap tindakannya. Layaknya bulan yang bersinar lembut di tengah kegelapan, seorang pemimpin harus menjaga ketenangan dalam menghadapi konflik dan memberikan harapan kepada rakyatnya.
  • Ambeing Angin (Angin) Angin memberikan kesejukan, kehidupan, dan fleksibilitas. Seorang pemimpin harus mendengarkan aspirasi rakyat, menyerap berbagai masukan, dan memberikan solusi yang menyejukkan. Angin juga mengajarkan pentingnya fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dalam menghadapi perubahan. Pemimpin yang ideal harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan rakyatnya tanpa kehilangan prinsip dasar kepemimpinan.
  • Ambeing Mendhung (Awan) Awan melambangkan kebijaksanaan dan kewibawaan. Awan membawa hujan sebagai berkah yang menyejukkan bumi. Seorang pemimpin harus memiliki kebijaksanaan dalam setiap tindakannya, serta mampu membawa berkah bagi rakyat melalui keputusan yang diambil. Wibawa seorang pemimpin yang diibaratkan awan juga menciptakan rasa hormat dan kepercayaan dari rakyatnya.
  • Ambeing Geni (Api) Api menyimbolkan semangat, keberanian, dan penegakan hukum. Seperti api yang membakar ketidakbersihan, seorang pemimpin harus memiliki keberanian untuk menegakkan keadilan dan melawan segala bentuk ketidakbenaran. Semangat yang dilambangkan oleh api juga menunjukkan pentingnya dedikasi seorang pemimpin dalam menjalankan amanahnya dengan penuh integritas dan ketegasan.
  • Ambeing Banyu (Air) Air adalah simbol inklusivitas, kerendahan hati, dan ketangguhan. Air mampu menampung apa saja, mencerminkan bahwa seorang pemimpin harus inklusif dan mau menerima perbedaan yang ada di masyarakat. Selain itu, sifat air yang mengalir menyesuaikan bentuk mengajarkan pemimpin untuk tetap tangguh dan fleksibel dalam menghadapi tantangan tanpa kehilangan arah dan prinsip.
  • Ambeing Bumi (Tanah) Tanah melambangkan kekuatan, stabilitas, dan kesejahteraan. Pemimpin yang ideal harus kokoh dalam prinsip, menjadi fondasi yang kuat bagi rakyat, serta memastikan bahwa kesejahteraan dan keadilan terdistribusi secara merata. Tanah juga merepresentasikan tanggung jawab besar seorang pemimpin dalam menjaga kestabilan sosial, ekonomi, dan politik untuk keberlangsungan kehidupan rakyatnya.

Kategori Kepemimpinan Mangkunegara IV

kepemimpinan tradisional Jawa adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV. Dalam pandangan beliau, kepemimpinan dapat dikategorikan ke dalam tiga tingkatan, yaitu Nistha, Madya, dan Utama.

Nistha (Pemimpin Buruk dan Tidak Benar)                                                                                                                                                                 Tingkatan Nistha menggambarkan sosok pemimpin yang gagal dalam menjalankan perannya. Pemimpin dalam kategori ini sering kali tidak memahami tanggung jawabnya, cenderung mementingkan kepentingan pribadi, dan tidak mampu memberikan arahan yang jelas kepada bawahannya. Kepemimpinan semacam ini berbahaya karena dapat merusak organisasi atau masyarakat yang dipimpinnya. Ciri utama dari pemimpin Nistha:

  • Tidak memiliki integritas moral.
  • Tidak memiliki visi dan misi yang jelas.
  • Cenderung bersikap egois dan tidak adil.

Dalam kehidupan sehari-hari, kategori ini dapat ditemukan pada pemimpin yang korup, tidak memiliki empati terhadap bawahannya, atau hanya berorientasi pada kekuasaan.

Madya (Pemimpin yang Jelas dan Tahu Hak serta Kewajibannya)                                                                                                                       Madya adalah tingkatan kepemimpinan di mana seorang pemimpin telah memahami peran dan tanggung jawabnya. Pemimpin ini mampu menjalankan tugasnya secara efisien dan adil, serta memiliki pandangan yang terukur terhadap hak dan kewajibannya. Ciri utama dari pemimpin Madya:

  • Memahami perannya sebagai pemimpin.
  • Mampu mengambil keputusan dengan bijak.
  • Memberikan arahan yang jelas kepada bawahannya.

Pemimpin dalam kategori ini dapat dianggap sebagai pemimpin yang baik, meskipun belum mencapai tingkat kepemimpinan yang luar biasa.

Utama (Pemimpin Terbaik, Melampaui Harapan)                                                                                                                                                           Tingkatan Utama adalah puncak dari kepemimpinan. Pemimpin dalam kategori ini tidak hanya memahami hak dan kewajibannya, tetapi juga mampu melampaui harapan dengan memberikan pengaruh positif yang luar biasa kepada masyarakat atau organisasi. Pemimpin Utama biasanya memiliki visi yang besar dan mampu menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.Ciri utama dari pemimpin Utama:

  • Memiliki visi dan misi yang kuat dan progresif.
  • Mampu memimpin dengan keteladanan.
  • Mengedepankan kepentingan masyarakat atau organisasi di atas kepentingan pribadi.

Kategori Kepemimpinan dalam Serat Pramayoga Karya Ranggawarsita

Serat Pramayoga karya Ranggawarsita merupakan salah satu literatur Jawa klasik yang mengandung nilai-nilai luhur, termasuk panduan untuk menjadi pemimpin ideal. Kepemimpinan dalam Serat Pramayoga tidak hanya berorientasi pada kekuasaan, tetapi juga mencakup nilai spiritual, moral, dan sosial yang tinggi. Dalam karya ini, Ranggawarsita membagi kepemimpinan ke dalam delapan kategori, masing-masing mencerminkan sifat atau tindakan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk membawa kebaikan dan keharmonisan dalam masyarakat.

  • Hang Uripi (Mewujudkan Kehidupan Baik)                                                                                                                                                 Pemimpin harus mampu menciptakan kehidupan yang layak dan bermakna bagi rakyatnya. Mereka tidak hanya memprioritaskan materi, tetapi juga kualitas hidup yang meliputi kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan. Filosofi ini mengajarkan bahwa pemimpin harus berperan sebagai penggerak kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani.
  • Hang Rungkepi (Berani Berkorban)                                                                                                                                                        Kepemimpinan sejati menuntut keberanian untuk mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan umum. Pengorbanan ini mencakup waktu, tenaga, dan bahkan nyawa jika diperlukan, demi melindungi rakyat atau menjaga integritas moral.
  • Hang Ruwat (Menyelesaikan Masalah)                                                                                                                                                              Pemimpin harus bertindak sebagai problem solver. Mereka harus sigap dalam menghadapi masalah dan bijaksana dalam menyelesaikannya tanpa menimbulkan konflik baru. Hang Ruwat juga melibatkan kemampuan pemimpin untuk "membersihkan" atau menghilangkan unsur-unsur negatif yang dapat merusak harmoni masyarakat.
  • Hang Ayomi (Perlindungan)                                                                                                                                                                                      pemimpin ideal memberikan rasa aman kepada rakyatnya. Mereka berperan sebagai pelindung dari ancaman luar maupun dalam. Ranggawarsita mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus menanamkan kepercayaan dalam hati rakyatnya dengan memberikan perlindungan fisik maupun psikologis.
  • Hang Uribi (Menyala, Memberikan Motivasi)                                                                                                                                                        Pemimpin yang baik adalah sumber inspirasi dan motivasi bagi rakyatnya. Mereka menyalakan semangat dan mendorong rakyat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Hang Uribi melibatkan kemampuan pemimpin untuk menciptakan harapan di tengah tantangan yang ada.
  • Ha Mayu (Harmoni, Keindahan, Kerukunan)                                                                                                                                                        Kepemimpinan juga mencakup kemampuan untuk menciptakan harmoni dalam masyarakat. Pemimpin harus menjaga kerukunan di antara berbagai kelompok dengan sikap adil dan bijaksana. Keharmonisan ini penting untuk menciptakan keindahan sosial yang menumbuhkan rasa damai dan cinta kasih.
  • Ha Mengkoni (Menciptakan Persatuan)                                                                                                                                                              Persatuan adalah kunci stabilitas dalam suatu komunitas. Pemimpin yang ideal mampu mempersatukan berbagai elemen masyarakat dengan menghilangkan sekat-sekat perbedaan dan menekankan nilai kebersamaan.
  • Ha Nata (Mengatur atau Menata)                                                                                                                                                                                 Pemimpin harus memiliki kemampuan manajerial untuk mengatur sumber daya yang ada secara efektif. Ha Nata menekankan pentingnya perencanaan, organisasi, dan pengawasan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Nilai-Nilai Kepemimpinan dalam Serat Wedhatama Karya Mangkunegaran IV

Serat Wedhatama, karya monumental Mangkunegaran IV, merupakan salah satu pedoman sastra Jawa klasik yang penuh dengan ajaran etika dan kebijaksanaan hidup. Di dalamnya, Mangkunegaran IV menguraikan prinsip-prinsip luhur yang tidak hanya relevan bagi pembentukan karakter individu, tetapi juga menjadi fondasi kepemimpinan yang ideal.

Nilai-nilai kepemimpinan dalam Serat Wedhatama mencakup kesadaran spiritual (eling), hubungan harmonis dengan sesama (waspada), tata krama, dan tanggung jawab sosial. Pemimpin yang ideal tidak hanya memimpin dengan otoritas, tetapi juga dengan kedalaman moral, kesadaran sosial, dan kemampuan untuk menginspirasi. Dalam konteks modern, ajaran ini menawarkan kerangka kepemimpinan yang relevan untuk menciptakan tatanan masyarakat yang adil, harmonis, dan sejahtera.

  • Eling lan Waspada (Ingat kepada Tuhan dan Waspada terhadap Sesama dan Alam)
  • Kesadaran vertikal (eling) mengacu pada hubungan spiritual dengan Tuhan yang menjadi landasan moral bagi seorang pemimpin. Sementara itu, kesadaran horizontal (waspada) adalah kewaspadaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. Pemimpin harus menjaga keseimbangan antara dimensi spiritual dan sosial untuk menciptakan harmoni.
  • Atetambo Yen Wus Bucik (Jangan Berobat Setelah Terluka)
  • Ajaran ini menekankan pentingnya tindakan preventif dalam kepemimpinan. Pemimpin harus memiliki visi jangka panjang, mampu mengantisipasi risiko, dan bertindak sebelum masalah berkembang menjadi krisis. Hal ini menunjukkan kecakapan dalam perencanaan dan pengelolaan yang strategis.
  • Awya Mematuh Nalutuh (Menghindari Sifat Angkara dan Perbuatan Nista)
  • Seorang pemimpin harus menjauhkan diri dari sifat-sifat destruktif seperti keserakahan, amarah, dan tindakan nista. Integritas moral menjadi tolok ukur utama dalam menciptakan kepercayaan dan kepatuhan dari rakyat.
  • Kareme Anguwus-uwus Owose Tan Ana (Jangan Marah Tanpa Alasan)
  • Pemimpin yang baik harus memiliki pengendalian diri, khususnya dalam menghadapi emosi. Amarah tanpa alasan hanya akan menciptakan konflik yang tidak produktif. Dengan bijaksana, pemimpin perlu bersikap adil dan objektif dalam menghadapi masalah.
  • Gonyak-ganyuk Ngelingsemi (Kurang Sopan dan Memalukan)
  • Tata krama dan kesopanan adalah ciri utama seorang pemimpin. Tindakan yang memalukan atau melanggar etika akan merusak citra dan kredibilitas pemimpin di mata rakyat.
  • Nggugu Karepe Priyangga (Jangan Bertindak Sendiri atau Tidak Bisa Diatur)
  • Kepemimpinan adalah kerja kolektif. Seorang pemimpin harus mampu menerima masukan, bekerja sama, dan tidak bersikap otoriter. Sikap individualis yang berlebihan dapat merusak sinergi dalam organisasi.
  • Traping Angganira (Dapat Menempatkan Diri)
  • Fleksibilitas dalam bersikap dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi adalah kualitas penting seorang pemimpin. Hal ini mencerminkan keluwesan dalam berkomunikasi dengan berbagai kalangan masyarakat.
  • Angger Ugering Keprabon (Mematuhi Tatanan Negara)
  • Pemimpin harus menjadi teladan dalam menghormati dan mematuhi hukum serta peraturan yang berlaku. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas dan keadilan dalam masyarakat.
  • Bangkit Ajur Ajer (Bergaul dengan Siapapun)
  • Kerendahan hati dalam bergaul tanpa memandang status sosial adalah salah satu prinsip utama. Pemimpin yang mampu merangkul semua kalangan akan menciptakan rasa kepercayaan dan kedekatan dengan rakyatnya.
  • Mung Ngenaki Tyasing Lyan (Menyenangkan Orang Lain Meski Berbeda)
  • Toleransi adalah kunci keberhasilan kepemimpinan dalam masyarakat yang beragam. Pemimpin harus mampu menciptakan rasa nyaman dan harmonis meski menghadapi perbedaan.
  • Den Iso Mbasuki Ujaring Janmi (Pura-Pura Bodoh Secara Bijaksana)
  • Kebijaksanaan seringkali membutuhkan strategi, termasuk bersikap rendah hati atau menyembunyikan kemampuan untuk menghindari konflik. Pendekatan ini menunjukkan kecerdasan emosional dan pengendalian diri yang tinggi.
  • Ngandhar-Andhar Angendhukur (Berbicara Baik dan Logis)
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik---jelas, berbasis data, rendah hati, dan logis---merupakan ciri khas pemimpin yang berkualitas. Kata-kata yang tepat dapat memengaruhi, membangun kepercayaan, dan memotivasi rakyat.
  • Anggung Gumrunggung (Hindari Kesombongan)
  • Kesombongan adalah salah satu kelemahan fatal dalam kepemimpinan. Pemimpin yang rendah hati akan lebih dihormati dan mampu membangun hubungan yang lebih kuat dengan rakyatnya.
  • Lumuh Asor Kudu Unggul (Sikap Sombong Terlihat dari Kata-Kata)
  • Pemimpin sejati menjaga tutur kata dan menghindari sikap yang merendahkan orang lain. Kata-kata yang bijaksana dan membangun adalah cerminan dari jiwa kepemimpinan yang unggul.

Serat Tripama

Serat Tripama adalah salah satu karya sastra yang ditulis oleh Mangkunegara IV pada tahun 1860-an di Surakarta. Karya ini berbentuk tembang macapat dengan pupuh dhandanggula, yang terdiri dari tujuh bait. Serat Tripama pertama kali diterbitkan dalam kumpulan karya Mangkunegara IV jilid III pada tahun 1927, yang diterbitkan oleh Java Institut dan Yayasan Mangadeg.

Secara etimologis, "Serat" berarti tulisan atau naskah, sedangkan "Tripama" terdiri dari dua kata: "Tri" yang berarti tiga, dan "Pama" yang berarti perumpamaan. Oleh karena itu, Serat Tripama dapat diartikan sebagai naskah yang berisi tiga perumpamaan. Secara umum, karya ini menyampaikan nasehat tentang keteladanan dari tiga tokoh wayang yang terkenal, yaitu Patih Suwanda atau Bambang Sumantri dalam cerita pra-Ramayana, Kumbakarna dalam cerita Ramayana, dan Adipati Karna dalam cerita Mahabharata.

Serat Tripama memiliki nilai filosofis yang mendalam, mengajarkan tentang sifat-sifat yang patut dicontoh dari masing-masing tokoh tersebut. Patih Suwanda, Kumbakarna, dan Karna digambarkan sebagai figur-figur yang memiliki karakter kuat, penuh pengorbanan, serta keberanian dalam menghadapi tantangan hidup. Lewat karya ini, Mangkunegara IV ingin menyampaikan pesan moral yang dapat menjadi pedoman bagi pembaca dalam menjalani kehidupan, mengajarkan pentingnya keteladanan dalam berperilaku dan bertindak.

Patih Suwanda

Patih Suwanda, yang bernama kecil Bambang Sumantri, adalah tokoh dalam cerita wayang yang dikenal karena keteladanannya. Sumantri merupakan anak pertama dari dua bersaudara, dengan adik bernama Bambang Sukrasana, yang memiliki wujud raksasa kecil. Sumantri sejak kecil menerima pendidikan yang lengkap dari ayahnya, Begawan Suwandagni, untuk menjadi prajurit yang terampil. Ia juga memiliki senjata cakra pemberian Batara Wisnu, yang menambah kemampuannya.

Sumantri bertekad mengabdi kepada Raja Maespati, Prabu Arjuna Sasrabahu, dan dikenal dengan nama Patih Suwanda. Namun, ia enggan membawa adiknya yang berwujud raksasa karena khawatir perjalanan akan terhambat. Meskipun demikian, Sukrasana, yang dikasihi Batara Dharma, memiliki kemampuan luar biasa, termasuk menjinakkan binatang buas.

Patih Suwanda dikenal karena tiga kualitas unggul: guna (kecerdasan), kaya (kemampuan), dan purun (keberanian). Dalam cerita, Patih Suwanda diberi tugas oleh Prabu Arjuna Sasrabahu untuk melamar Dewi Citrawati. Ia menyelesaikan tantangan ini dengan memenangkan sayembara yang diadakan oleh Raja Citrawijaya. Keberaniannya terlihat dalam pertempuran melawan Raja Ngalengka, Prabu Dasamuka, di mana ia gugur setelah bertempur hingga akhir.

Ketiga nilai tersebut---guna, kaya, purun---merupakan karakter yang patut dicontoh, seperti yang dijelaskan dalam Serat Tripama oleh Mangkunegara IV. Keteladanan Patih Suwanda diharapkan dapat menjadi contoh bagi generasi muda dalam melaksanakan tugas dengan baik, tanpa mengharapkan imbalan.

Kumbakarna 

Kumbakarna adalah salah satu tokoh penting dalam cerita Ramayana yang dikenal meskipun berwujud raksasa, ia memiliki karakter baik dan mulia. Ia adalah anak dari Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi, serta saudara dari beberapa tokoh terkenal seperti Dasamuka (Ravana), Sarpakenaka, dan Gunawan Wibisana. Meskipun bertubuh besar dan dikenal dengan nafsu makan serta tidur yang berlebihan, Kumbakarna memiliki jiwa kesatria yang tinggi dan selalu menjalankan darma yang baik, yang membuatnya dihormati dan disenangi oleh para dewa.

Kumbakarna dikenal sebagai sosok yang memiliki keberanian luar biasa dan rasa nasionalisme yang tinggi. Dalam Serat Tripama, ia digambarkan sebagai tokoh yang berani memberikan nasihat kepada kakaknya, Rahwana, untuk mengembalikan Dewi Sinta kepada Sri Rama. Kumbakarna menilai bahwa perbuatan Rahwana menculik Dewi Sinta adalah salah, dan ia berusaha membujuknya untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan damai. Namun, karena nasihatnya tidak diterima, Kumbakarna merasa terpanggil untuk berperang demi membela negara Ngalengka, meskipun ia tahu bahwa perang ini tidak adil dan salah.

Dalam peperangan, Kumbakarna menunjukkan sikap kesatria yang mulia. Meskipun berhadapan dengan Sri Rama, ia tetap menghormati lawannya sebagai sesama prajurit yang terhormat. Kumbakarna berjuang dengan gagah berani, namun pada akhirnya, ia gugur di tangan Sri Rama. Namun, meskipun ia merupakan musuh dalam perang, kematiannya dihormati oleh kedua belah pihak. Sebagai tanda penghormatan atas keberaniannya, dilakukan gencatan senjata setelah Kumbakarna jatuh. Ini menunjukkan bahwa meskipun ia berada di pihak yang salah, semangat patriotisme dan kesatriaannya patut dihargai.

Nilai-nilai yang diajarkan oleh Kumbakarna sangat relevan sebagai teladan dalam kehidupan. Ia mengajarkan pentingnya patriotisme, pengorbanan untuk tanah air, dan tanggung jawab terhadap negara. Meskipun ia terjebak dalam peperangan yang tidak adil, ia tetap mengutamakan kehormatan, menghormati lawannya, dan berjuang demi kebaikan negaranya. Kumbakarna menjadi simbol kesatria sejati yang siap berkorban demi menjaga martabat bangsa, menjadikannya sebagai teladan dalam membela tanah air, sekaligus sebagai contoh bagaimana mengedepankan nilai-nilai kesetiaan, keberanian, dan tanggung jawab meski dalam situasi yang sulit.

Basukarna 

Tokoh ketiga dalam Serat Tripama karya Mangkunegara IV adalah Basukarna, yang juga dikenal sebagai Adipati Karna, Suryaputera, atau Suryatmaja. Ia lahir sebagai Suryaputera, anak dari Dewi Kunthi Talibrata dari Mandura dan Batara Surya. Lahir melalui mantra aji pameling yang diberikan oleh Resi Druwasa, Suryaputera terlahir di luar ikatan resmi dan dibuang ke sungai. Ia kemudian ditemukan oleh Adirata, kusir kuda dari Astina, dan dibesarkan dengan nama Basukarna.

Basukarna tumbuh menjadi pemuda yang gagah, tampan, dan memiliki keahlian memanah setara Arjuna. Walaupun berasal dari kasta rendah, ia memperoleh keterampilan luar biasa dengan mencuri ilmu dari Guru Durna. Namun, karena dianggap sombong, ia diusir dari Astina. Duryudana, raja Kurawa, mengangkatnya menjadi raja di Awangga, dan Basukarna menambah loyalitas dengan bersumpah setia kepada Duryudana.

Pada Perang Bharatayuda, Basukarna mengetahui bahwa Pandawa adalah saudara seibunya, namun ia memilih untuk berperang di pihak Kurawa karena rasa terima kasihnya pada Duryudana yang telah membantunya. Dalam perang, ia memiliki dua senjata pamungkas dari Dewa Indra, yaitu Kotang Antakusuma yang membuatnya kebal terhadap senjata, dan Kunta Baskara, panah yang dapat menghancurkan.

Adipati Karna menunjukkan karakter tanggung jawab, kesetiaan, dan pengorbanan yang luar biasa terhadap Duryudana dan negara Astina. Ia rela bertempur melawan saudara sendiri demi membalas budi dan membela tanah air yang telah membesarkannya. Keteladanan yang dapat diambil dari sikapnya adalah pentingnya tanggung jawab terhadap negara dan kesetiaan terhadap janji.

Korupsi dalam Konteks Indonesia

Korupsi di Indonesia telah menjadi permasalahan sistemik yang melibatkan berbagai sektor, baik pemerintah maupun swasta. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada tingkatan tertentu, tetapi telah merambah ke hampir seluruh lapisan birokrasi dan sektor usaha, menciptakan budaya yang merusak integritas publik. Banyaknya kasus korupsi yang melibatkan pejabat publik menunjukkan bahwa sistem pengawasan dan akuntabilitas yang ada masih lemah, sementara lemahnya pengendalian diri dan etika dalam kepemimpinan menyebabkan pemimpin tergoda untuk memanfaatkan kekuasaan demi keuntungan pribadi. Hal ini menciptakan siklus yang sulit dihentikan, di mana korupsi menggerogoti kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan merusak stabilitas sosial-ekonomi negara. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pendekatan yang tidak hanya berfokus pada aspek hukum dan peraturan, tetapi juga pada pembangunan karakter pemimpin yang kuat, jujur, dan memiliki integritas tinggi. Pendekatan tersebut harus melibatkan pendidikan moral dan etika yang mendalam, serta pembenahan sistem internal yang mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam setiap lini pemerintahan. Selain itu, penguatan kesadaran publik tentang pentingnya kepemimpinan yang bersih dari korupsi juga menjadi kunci dalam menciptakan perubahan yang berkelanjutan, di mana masyarakat secara aktif terlibat dalam mengawasi jalannya pemerintahan.

Penerapan Prinsip Kebatinan Mangkunegara IV dalam Pencegahan Korupsi

  • Kesederhanaan dalam Kepemimpinan

Kesederhanaan merupakan salah satu prinsip utama dalam ajaran Mangkunegara IV yang memiliki dampak besar dalam mencegah korupsi. Dalam konteks kepemimpinan, prinsip ini mengajarkan bahwa pemimpin harus hidup dengan cara yang sederhana dan tidak berlebihan, baik dalam hal gaya hidup maupun penggunaan sumber daya negara. Kesederhanaan ini menciptakan iklim di mana pemimpin lebih fokus pada tanggung jawabnya untuk melayani rakyat, bukan pada pencarian kekayaan pribadi. Ketika seorang pemimpin menjauhi gaya hidup mewah dan tidak terikat pada materi, maka ia akan lebih mudah menghindari godaan untuk mengumpulkan harta melalui cara-cara yang tidak sah. Kesederhanaan juga memungkinkan pemimpin untuk memprioritaskan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, menciptakan lingkungan yang lebih adil dan transparan. Dengan demikian, pemimpin yang mengamalkan kesederhanaan tidak hanya menjadi contoh yang baik bagi bawahannya, tetapi juga menjaga integritas dan memperkuat kredibilitas pemerintahan.

  • Kejujuran dan Integritas

Kejujuran adalah dasar dari setiap tindakan pemimpin yang bertanggung jawab, dan menjadi kunci utama dalam mencegah praktik korupsi. Pemimpin yang jujur tidak akan tergoda untuk menerima suap, gratifikasi, atau melakukan tindakan yang merugikan negara. Ajaran Mangkunegara IV menekankan bahwa seorang pemimpin harus memiliki integritas yang kuat, yang tercermin dalam keputusan-keputusan yang diambilnya. Integritas ini tidak hanya berarti berpegang teguh pada kebenaran, tetapi juga berani bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral, meskipun itu berisiko atau tidak populer. Dalam konteks ini, kejujuran menjadi landasan bagi pemimpin untuk menjaga transparansi dalam setiap kebijakan yang diterapkan, sehingga publik dapat memercayai bahwa keputusan yang diambil adalah demi kepentingan bersama, bukan untuk keuntungan pribadi. Oleh karena itu, kejujuran dan integritas menjadi pilar penting dalam membangun kepemimpinan yang bebas dari korupsi.

  • Kepedulian Sosial

Prinsip kepedulian sosial mengajarkan bahwa pemimpin tidak hanya berfokus pada kekuasaan dan kepentingan pribadi, tetapi juga pada kesejahteraan rakyat yang dipimpinnya. Dengan mengutamakan kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat, seorang pemimpin akan lebih tergerak untuk memperjuangkan hak-hak rakyat, mengurangi ketimpangan sosial, dan memastikan distribusi sumber daya yang adil. Ajaran Mangkunegara IV mengajarkan bahwa pemimpin harus memiliki empati terhadap penderitaan rakyat, sehingga ia selalu memikirkan cara untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi yang ada. Kepedulian sosial ini mendorong pemimpin untuk mengambil keputusan yang mengutamakan kesejahteraan rakyat, bukan keuntungan kelompok atau golongan tertentu. Dalam konteks pencegahan korupsi, pemimpin yang peduli pada kondisi sosial akan menghindari praktik yang merugikan masyarakat, seperti penyalahgunaan anggaran atau pemfokusan kebijakan yang hanya menguntungkan segelintir orang.

  • Pengendalian Diri dan Etika

Salah satu akar dari praktik korupsi adalah ketidakmampuan untuk mengendalikan diri, terutama dalam menghadapi godaan kekuasaan dan harta. Ajaran Mangkunegara IV mengenai pengendalian diri menekankan pentingnya menjaga ketenangan batin dan menghindari tindakan yang didorong oleh nafsu pribadi. Pengendalian diri ini menjadi landasan penting bagi pemimpin untuk tetap berada pada jalur yang benar, meskipun menghadapi tekanan atau godaan dari luar. Selain itu, pengendalian diri juga berkaitan dengan penerapan norma-norma etika yang berlaku dalam masyarakat. Seorang pemimpin yang mampu mengendalikan dirinya tidak akan terjerumus dalam perilaku yang merugikan negara atau masyarakat, seperti korupsi. Ajaran Mangkunegara IV mengingatkan bahwa pemimpin harus bertindak dengan etika yang tinggi dan selalu berpikir jernih sebelum membuat keputusan. Dengan menginternalisasi nilai-nilai etika dan pengendalian diri, pemimpin akan semakin menjaga jarak dari praktik-praktik yang merusak kepercayaan publik dan membahayakan integritas pemerintahan.

Dampak Positif Penerapan Ajaran Kebatinan dalam Pencegahan Korupsi

  • Meningkatkan Kepercayaan Publik

Penerapan ajaran kebatinan dalam kepemimpinan, yang menekankan pada nilai-nilai integritas, dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kepercayaan publik. Ketika pemimpin benar-benar mengamalkan prinsip-prinsip kebatinan seperti kesederhanaan, kejujuran, dan kepedulian terhadap rakyat, masyarakat akan melihat bahwa pemimpin tersebut bertindak bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan bersama. Hal ini akan mengurangi rasa curiga dan ketidakpercayaan yang seringkali timbul akibat praktek-praktek korupsi yang merusak. Kepercayaan publik sangat penting dalam menjaga stabilitas politik dan sosial, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai proses pemerintahan. Ketika rakyat merasa bahwa pemimpin mereka jujur dan memiliki niat baik, mereka lebih cenderung untuk mendukung kebijakan yang diambil dan berperan dalam menjaga transparansi serta akuntabilitas dalam pemerintahannya. Oleh karena itu, dengan mengamalkan ajaran kebatinan yang berfokus pada integritas, pemimpin dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyat, serta menciptakan iklim sosial yang lebih stabil dan harmonis.

  • Membangun Karakter Pemimpin yang Berintegritas

Ajaran kebatinan, khususnya yang diajarkan oleh Mangkunegara IV, berfokus pada pembentukan karakter pemimpin yang kuat, tidak hanya dari segi intelektual dan teknis, tetapi juga moral dan spiritual. Pemimpin yang mengamalkan ajaran ini akan memiliki kompas moral yang jelas dan tidak mudah tergoda oleh kekuasaan atau godaan materi, seperti yang sering menjadi penyebab utama praktik korupsi. Karakter yang berintegritas ini mengajarkan pemimpin untuk selalu bertindak dengan niat baik, tidak hanya mempertimbangkan keuntungan pribadi, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan rakyat. Ketika seorang pemimpin mampu menjaga integritasnya, ia tidak akan melakukan praktik yang merugikan negara atau rakyat demi kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Sebaliknya, pemimpin dengan karakter berintegritas akan selalu berusaha menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya, menjunjung tinggi etika, dan berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan yang merusak moral bangsa. Dengan demikian, ajaran kebatinan berperan penting dalam membentuk karakter pemimpin yang tidak hanya bijaksana, tetapi juga dapat dipercaya dan diandalkan dalam memimpin negara.

  • Menumbuhkan Lingkungan yang Bebas Korupsi

Salah satu dampak paling signifikan dari penerapan ajaran kebatinan dalam kepemimpinan adalah terciptanya lingkungan yang bebas dari korupsi. Ketika semakin banyak pemimpin yang menerapkan nilai-nilai kebatinan dalam kehidupan mereka, baik dalam aspek pribadi maupun profesional, maka akan tercipta sistem pemerintahan dan organisasi yang lebih bersih dan transparan. Ajaran Mangkunegara IV yang mengajarkan pengendalian diri, kejujuran, dan kepedulian sosial secara langsung dapat menurunkan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan kekuasaan dan korupsi. Selain itu, lingkungan yang bebas korupsi tidak hanya menguntungkan pemimpin dan rakyat, tetapi juga memperkuat lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka secara efektif dan efisien. Ketika korupsi dapat ditekan, maka sumber daya negara akan lebih banyak dialokasikan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat, daripada untuk kepentingan pribadi oknum-oknum tertentu. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang lebih adil, transparan, dan produktif. Lebih jauh lagi, ketika prinsip-prinsip kebatinan diterapkan oleh lebih banyak individu dalam pemerintahan, hal ini akan menciptakan budaya organisasi yang menghargai integritas, etika, dan tanggung jawab, yang pada akhirnya memperkuat fondasi demokrasi dan memajukan negara menuju masa depan yang lebih baik.

Dengan penerapan ajaran kebatinan yang berfokus pada nilai-nilai luhur tersebut, tidak hanya pemimpin yang akan mendapatkan manfaat, tetapi masyarakat juga akan merasakan dampak positif berupa pemerintahan yang lebih bersih, adil, dan transparan. Dalam jangka panjang, hal ini akan memperkuat kepercayaan publik, membangun karakter pemimpin yang berintegritas, dan menumbuhkan lingkungan bebas korupsi, yang akan membawa Indonesia menuju kemajuan yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Simpulan

Ajaran kebatinan Mangkunegara IV memiliki pengaruh yang signifikan dalam upaya mencegah korupsi, terutama melalui penerapan nilai-nilai luhur yang relevan dengan integritas kepemimpinan. Nilai kesederhanaan, misalnya, mengajarkan pemimpin untuk menjalani kehidupan yang tidak berlebihan dan menghindari godaan kekayaan yang diperoleh secara tidak sah. Kesederhanaan ini memungkinkan seorang pemimpin untuk lebih fokus pada tanggung jawab dan pelayanannya terhadap rakyat daripada mengejar kepentingan pribadi.

Selain itu, kejujuran yang diajarkan Mangkunegara IV menjadi pilar utama dalam membangun kepemimpinan yang transparan dan akuntabel. Pemimpin yang jujur akan menolak segala bentuk suap, gratifikasi, atau tindakan lain yang dapat merugikan negara. Nilai kejujuran ini juga menjadi dasar untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan.

pengendalian diri adalah aspek penting lain dari ajaran ini, yang bertujuan untuk menekan dorongan manusiawi terhadap kekuasaan dan harta. Dengan kemampuan mengendalikan diri, seorang pemimpin dapat menjaga perilakunya agar tetap sesuai dengan norma moral dan etika. Hal ini mengurangi potensi terjadinya penyalahgunaan wewenang dalam menjalankan tugasnya.

Tidak kalah penting, nilai kepedulian sosial dalam ajaran Mangkunegara IV menanamkan rasa empati terhadap kebutuhan dan penderitaan rakyat. Pemimpin yang peduli akan selalu mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan berkomitmen untuk menciptakan kebijakan yang berpihak pada kepentingan umum. Kepedulian sosial ini mendorong pemimpin untuk bersikap adil, transparan, dan bertanggung jawab dalam setiap keputusan.

Penerapan nilai-nilai ini dalam pemerintahan tidak hanya membentuk karakter pemimpin yang berintegritas tinggi, tetapi juga menciptakan sistem tata kelola yang bersih dan efisien. Sistem pemerintahan yang transparan dan bebas dari korupsi akan memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi negara, sehingga mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dengan kepercayaan yang meningkat, pemerintahan dapat menjalankan program pembangunan yang lebih berkelanjutan dan berdampak positif bagi kesejahteraan rakyat secara keseluruhan.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, S. (2007). Filsafat Kepemimpinan Jawa: Telaah Kearifan Lokal. Yogyakarta: Kanisius.

Kartodirdjo, S. (1984). Pengantar Sejarah Indonesia Baru. Jakarta: Gramedia.

Mulder, N. (1998). Mysticism in Java: Ideology in Indonesia. Amsterdam: The Pepin Press.

Santoso, S. (1991). Kebudayaan dan Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soemardjan, S. (1989). Kepemimpinan Tradisional di Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Moedjanto, G. (1986). The Concept of Power in Javanese Culture. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutrisno, M. (2006). Kepemimpinan Jawa dalam Perspektif Filosofis. Jakarta: Gramedia.

Zoetmulder, P. J. (1995). Kalangwan: Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan.

Koentjaraningrat. (1985). Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Magnis-Suseno, F. (1984). Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia.

Nugroho, D. (2020). Kebatinan Mangkunegara IV: Nilai-Nilai Spiritual dalam Kepemimpinan. Yogyakarta: Penerbit Aksara.

Suharto, B. (2018). Korupsi dan Pencegahannya di Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Syamsul, M. (2017). Etika Kepemimpinan dalam Perspektif Kebatinan Jawa. Surakarta: Penerbit Javanica.

Suprapto, Y. (2024). Pembelajaran Karakter Kepemimpinan melalui Serat Tripama dan Serat Astabrata serta Kesesuaiannya dengan Pancasila. Universitas Peradaban.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun