Mohon tunggu...
DrsAli Rosyidi
DrsAli Rosyidi Mohon Tunggu... Guru - guru

Hobi Membaca, olah raga. semangat terus , hingga sukses menjemut

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Peningkatan Prestasi BelajarPAI (Fiqih) dengan Diterapkan Metode Demonstrasi pada Peserta Didik

8 Januari 2023   21:06 Diperbarui: 8 Januari 2023   21:14 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Upaya Peningkatan  Prestasi  Belajar  PAI ( fiqih  ) De ngan di  Terapkan Metode Demonstrasi Pada Peserta  Didik Kelas X Tkj  di  SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo

Tahun  Ajaran  2020/ 2021

DI Susun Oleh :

Drs. Ali Rosyidi

 

SMK MUHAMMADIYAH 2 SUKOHARJO 2020

ABSTRAK

Drs.Ali Rosyidi, 2020 Upaya peningkatan prestasi belajar PAI ( Fiqih ) dengan diterapkan metodse demontarsi pada peserta didik Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo tahun ajaran 2020 / 2021,  dalam penelitian Tindakan Kelas.

Permasalahan umum siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam terutama Bab fiqih , khususnya kaifiyah berwudhu ( tata cara berwudhu ). Sebab Wudhu merupakan salah satu syarat sholatnya itu diterima. kalau wudhunya sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW , insya Allah sholat diterima.. Banyak siswa yang belum sempurna dalam wudhunya atau belum sesuai dengan yang diajarkan oleh Rosulullah SAW , sebab kalau wudhunya tidak sesuai dengan yang dicontohkan Rosulullah SAW maka sholatnya tidak syah.

Dalam penelitian ini guru melaksanakan penelitian berdasarkan permasalahan yang dirsakan oleh guru,  berdasarkanhasil refleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelasnya sendiri. Maka  langkah awal adalah mengidentifikasi masalah dan menganalisis masalah yang kiranya biasa diteliti,   karena tidak  semua masalah bisa diatasi melalui peneltian tindakan kelas. Metode ini dilakukan dalam 3 siklus melalui  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklusnya.

Melalui permasalahan yang diidentifikasi dan dianalisis , guru mencari referensi- referensi terkait masalah  tersebut agar mendapatkan pemecahan masalah yang terbaik. Maka guru menambah wawasan dari   berbagai sumber seperti buku, artikel yang relevan, serta melaksanakan bimbingan atau menerima   masukan dari berbagai ahli atau rekan guru lainnhya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil prestasi belajar siswa dengan metode demontrasi. Peningkatan   tersebut dapat dilihat melalui 3 siklus yang dilakukan oleh peneliti.Pada siklis 1 prestasi siswa yang tuntas hanya   33,33%. ( 16 siswa ), pada siklus 2, ketuntasan siswa mengalami peningkatan 42 % ( 10 siswa ), sedangkan pada siklus 3 ,ketentasan siswa  mengalamai peningkatan yang signifikan 75,56% ( 18 siswa dari 24 siswa ).

kata kunci : prestasi belajar, metode demontrasi, cara wudhu


A.    Latar Belakang Masalah

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan                       siswa   dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar menganjar merupakan pemegang                peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai              sentral pembelajaran

                     Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar                 mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik sehingga           bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran                 tersebut.

                      Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan                        proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta                      keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru              sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang                 tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

                       Dalam mencapai Tujuan Pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fiqih terutama masalah wudhu masih banyak                       mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai praktek mata pelajaran fiqih ( BAB wudhu ) dibandingkan                        dengan nilai beberapa mata pelajaran lainnya, bertitik tolak dari hal tersebut di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-               tindakan yang harus dilalukan agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep pelajaran PAI ( fiih ) tidak mengalami kesulitan,                 sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata pelajaran PAI dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat               memuaskan semua pihak. Oleh sebab itu penggunaan metode pembelajaran dirasa sangat penting untuk membantu siswa.

                       Metode pembelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan                          metode yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan                    menyampaikan materi pelajaran.

                        Sedangkan penggunaan metode demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar                          mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru dengan demikian siswa                    akan  terlibat secara fisik, emosional dan intelektual. Berdasarkan uraian dari latar belakang tersebut di atas maka dalam                            penelitian ini memilih judul" Upaya Peningkatan Prsstasi Belajar PAI  (Fiqih ) dengan Di terapkan metode demonstrasi pada peserta didik kelas X tkj di Smk Muhammadiyah 2 Sukoharjo  tahun 2020/ 2021".              

  B.  Metode Penelitian

           1.     Setting Penelitian

                   a.  Tempat Penelitian

                                      Penelitian tindakan ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo, dengan alamat Desa Ngambil Ambil Rt.01                               Rw.03 kalurahan Nguter , Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

                  b .  Subyek Penelitian

                                    Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan ) SMK Muhammadiyah 2                                 Sukoharjo dengan jumlah 24 orang., laki-laki 15 dan perempuan 9.

           2.    Teknik Pengumpulan Data

                   Berdasarkan jenis data penelitian di atas maka teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua metode, yaitu :

                   a.   Dokumentasi

                   b    Dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data dari seluruh dokumen yang ada selama kegiatan penelitian yaitu                                   berupa foto kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

                  c.    Metode Demontrasi , yakni metode ini digunakan untuk    mendapatkan data hasil praktek belajar siswa

                  d.    Metode observasi, yakni metode ini digunakan utuk mendapatkandata tentang situasi dan praktik metode pendekatan                                 berbasis aktivitas.

                  e.   Observasi merupakan teknik mengumpulkan data dengan cara mengamati setiap kejadian yang sedang berlangsung dan                             mencatatnya dengan alat observasi tentang hal-hal yang akan diamati atau diteliti.

        3.    Prosedur Penelitian

                                Untuk mengetahui sejauh mana prestasi belajar Siswa pada pembelajaran PAI (Fiqih ) melalui metode demonstrasi,                             penulis melaksanakan penelitin di kelas X TKJ dengan langkah-langkah sebagai berikut:

                                Prosedur penelitian tindakan ini diawali dengan siklus I yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan                       refleksi. Kemudian penelitian akan dilanjutkan pada siklus II sebagai perbaikan pada pembelajaran siklus I jika target                                   keberhasilan belum tercapai. Dilanjutkan dengan siklus III untuk mengoptimalkan target keberhasilan. Adapun prosedur                           penelitian ini pada tiap-tiap siklus adalah sebagai berikut:

                     1)   Perencanaan ( planing )

                                          Prosedur penelitian tindakan ini diawali dengan siklus I yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan                              dan  refleksi. Kemudian penelitian akan dilanjutkan pada siklus II sebagai perbaikan pada pembelajaran siklus I jika                                        target keberhasilan belum tercapai. Dilanjutkan dengan siklus III untuk mengoptimalkan target keberhasilan.                                                   Adapun prosedur penelitian ini pada tiap-tiap siklus adalah sebagai berikut:

                                    1.    Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) dengan menggunakan model PBL yang dikemas dalam                                                           metode diskusi yang lebih intens.

                                   2.    Mempersiapkan alat evaluasi (tes) yaitu berupa tes yang dilakukan pada setiap akhir tindakan tiap siklus sesuai                                                 dengan ruang lingkup permasalahan dalam pembelajaran siklus I.

                                   3.    Membuat lembar observasi guru dan lembar observasi siswa yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru                                                                    Pada kegiatan ini penulis dibantu dengan guru PAI lainnya mencari data pada siswayang dijadikan                                                          sampel  penelitian, berkaitan dengan metode demonstrasi . Misalnya dalam pelaksanaan kaifiyah ( tata ) wudlu                                                Pencarian data dilakukan mempraktekkan tata cara wudhu dan sholat . Sedangkan asepek atau kreteria yang                                                      dinilai untuk wudhu terdiri niat, gerakan wudhu dan doa sesudah wudhu.   

                       2.     Pelaksanaan (Acting )

                                 a)  Pelaksanaan    Demonstrasi    Mulai    demonstrasi    dengan    kegiatan- kegiatan yang  merangsang siswa untuk                                                 berpikir.

                                  b)  Yakinkan bahwa semua    siswa    mengikuti    jalannya      demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh                                                     siswa.

                                  c)  memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjutsesuai dengan apa yang dilihat                                           dari proses demonstrasi itu.

                        3.   Pengamatan (observasi )

                              Pelaksanaan Metode Demonstrasi, siswa memperagakan gerakan wudhu, guru sekaligus sebagai peneliti mengamati                                     praktek cara rukun- rukunnya gerakan wudhu.

                        4   Refleksi (Reflecting)

                                             Kegiatan evaluasi dan refleksi dilakukan pada sampel penelitian, setelah selesai melaksanakan metode                                                 demonstrasi. Evaluasi dilakukan kepada siswa yang melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam melaksanakan                                           metode dengan cara memberi motivasi tentang pentingnya pelajaran Praktek Rukun-rukun nya wudhu, dengan                                               harapan mereka akan mengerjakan atau mengamalkan pelajarannya dengan baik dan benar sesuai yang dicontohkan                                   Rosulullah SAW.

                     4.   Indikator Keberhasilan Tindakan

                                            Keberhasilan tindakan yang dilakukan dalam proses pembelajaran diindikasikan dengan ketuntasan hasil                                             belajar  siswa pada materi kaifiyah wudhu, bila perolehan nilai sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75

                     5      Sumber Data

                                             Sumber data dari penelitian ini berasal dari peserta didik sebagai informan utama dan guru pengampu mata                                        pelajaran serta guru sejawat sebagai informan tambahan.

        C.       Hasil Peneltian Dan Pembahasan

                    Siklus I

                     1.   Perencanaan Tindakan

                            Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan adalah sebagai berikut :

                             a.   membuat RPP

                             b.    Membuat Lembar Kerja peserta didik ( LKPD )

                             c.   Membuat soal-soal evaluasi pembelajaran

                   2.    Pelaksanaan Tindakan

                                          Siklus 1 dilakukan pada hari Senin 16 November 2020 dengan alokasi waktu 2x 40 menit sesuai dengan RPP yang                                telah dirancang . Siklus 1 dilakukan dalam satu pertemuan . materi yang diajarkan pada tahap ini tentang                                                              mengindentifikasi dan mempraktekkan pelaksanaan thaharah berwudhu ) paada siswa kelas X TKJ SMK                                                                Muhammadiyah 2 Sukoharjo.

                              Kegiatan Pendahuluan

                                             Pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam pembuka " Assalaamu'laikum   warakhmatullahi                                                         wabarokaatuh".Guru mengkondisikan kelas dan meminta salah satu siswa untuk berdoa bersama . Setelah itu guru                                         mengecek kesiapan diri siswa dengan mengecek preseensi kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian seragam siswa.                                               Pada Kegiatan ini guru menayangkan vidio tata cara gerakan berwudhu seperti yang dicontohkan Rosulullah                                       SAW. Siswa mengamati tayangan vidio pembelajaran yang disampaikn guru. Guru memperagakan gerakan rukun-                                          rukunnya wudhu

                                             Setelah menjelaskan hal diatas, siswa dibagi menjadi 3 kelompok diskusi, untuk mendiskusikan makna                                                   gerakan-gerakan wudhu, hikmahnya wudhu, serta dalil tentang perintah untuk berwudhu.

                                              Dalam proses diskusi ini, guru memberikan bimbingan terhadap siswa sekaligus mengadakan penyeledikan ,                                     informasi yang terkait dengan materi. Guru memberkan kesempatan bertanya bagi yang kurang memahami atau                                             materi yang sulit dipahami. Selain itu, guru mengizinkan menggunakan jaringan internet untuk browsing untuk                                             mencari informasi- informasi tambahan yang terkait dengan materi.Guru juga berkeliling pada tiap-tiap kelompok                                       memastikan bahwa diskusi berjalan dengan baik

                                               Setelah selesai berdiskusi, guru meminta dari perwakilan masing masing kelompok diskusi untuk                                                          mempresentasikan hasil diskusinya. Setelah selesaiitu, guru membrikan evaluasi pembelajaran secara individu serta                                     mengumpulkan hasil evaluasi yang telah dikerjakan.

                    C.    Kegiatan Penutup

                                                Dalam kegiatan akhir pembelajaran , guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi disertai                                  dengan penguatan materi tata cara berwudhu seperti yang dicontohkan Rosulullah SAW

                                                Selanjutnya guru memberikan penugasan yang dikerjakan di rumah yang sifatnnya individu. Guru menutup                                 kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa.

                Siklus II

                  1.    Perencanaan ( planing )

                         Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan adalah sebagai berikut :

                         a.     Membuat RPP

                         b.     Membuat Lembar Kerja peserta didik ( LKPD )

                        c.      Membuat soal-soal evaluasi pembelajaran

                        2.    Pelaksanaan Tindakan

                                Siklus II dilakukan pada hari Kamis 10 Desember 2020 dengan alokasi waktu 2x 40 menit sesuai dengan RPP yang                                            telah dirancang . Siklus II dilakukan dalam satu pertemuan . materi yang diajarkan pada tahap ini tentang                                                           mengindentifikasi dan mempraktekkan pelaksanaan thaharah berwudhu ) paada siswa kelas X TKJ SMK                                                                Muhammadiyah 2 Sukoharjo.

                                a.    Kegiatan Pendahuluan

                                                   Pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam pembuka " Assalaamu'laikum warakhmatullahi                                                           wabarokaatuh"  .Guru mengkondisikan kelas dan meminta salah satu siswa untuk berdoa bersama . Setelah itu guru                                      mengecek kesiapan diri siswa dengan mengecek presensi kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian seragam siswa.                                    Setelah itu Guru menyampaikan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran .

                              b.   Kegiatan Inti

                                                 Pada Kegiatan ini guru menayangkan vidio tata cara gerakan berwudhu    seperti    yang    dicontohkan                                                         Rosulullah     SAW.    Siswa mengamati tayangan vidio pembelajaran yang disampaikn guru. Guru memperagakan                                             gerakan tata cara berwudhu serta doa setelah berwudhu. Setelah   menjelaskan    hal   diatas,    siswa    dibagi                                                       menjadi    3 kelompok diskusi, untuk mendiskusikan makna gerakan-gerakan wudhu, hikmahnya    wudhu,   serta                                           dalil  tentang   perintah untuk berwudhu. Kemudian  masing-masing kelompok menyampaikan  hasil diskusi                                                    kemudian mempresentasikan didepan kelas.

                             c.   Kegiatan penutup

                                                   Dalam kegiatan akhir pembelajaran , guru bersama --sama dengan sisswa menyimpulkan hasil diskusi                                                     disertai  dengan penguatan materi tentang tata cara berwudhu .

                                                   Selanjutnya guru menmberikan penugasankepada siswa yang sifatnya individu. Selajutnnya diujung akhir                                             pembelajaran siswa dan guru berdoa .Salah satu siswa mempimpin doa penutup majelis. Guru menutup kegiatan                                             pembelajaran dengan membaca salam.

           2..      Pelaksanaan (Acting )

                        a.     Pelaksanaan Demonstrasi Mulai demonstrasi dengan kegiatan- kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir.

                        b.     Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.

                        c.    memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjutsesuai dengan apa yang dilihat dari                                   proses demonstrasi itu.

          3.       Pengamatan (observasi )

                     Pelaksanaan Metode Demonstrasi, siswa memperagakan gerakan wudhu,guru sekaligus sebagai peneliti mengamati                                     praktek cara gerakan wudhu.

           4 .    Refleksi (Reflecting)

                                Kegiatan evaluasi dan refleksi dilakukan pada sampel penelitian, setelah selesai melaksanakan metode demonstrasi.                           Evaluasi dilakukan kepada siswa yang melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam melaksanakan metode dengan cara                             memberi motivasi tentang pentingnya pelajaran Praktek wudhu, dengan harapan mereka akan mengerjakan atau                                           mengamalkan pelajarannya dengan baik dan benar sesuai yang dicontohkan Rosulullah SAW.

   Siklus III :

          1.     Perencanaan ( planing )

                 Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan adalah sebagai berikut :

                  a.     Membuat menyiapkan RPP

                  b.    Membuat Lembar Kerja peserta didik ( LKPD )

                 c.      Membuat soal-soal evaluasi pembelajaran

         2      Pelaksanaan Tindakan

                              Siklus III dilakukan pada hari Senin 4 Januari 2021 dengan alokasi waktu 2x 40 menit sesuai dengan RPP yang telah                             dirancang . Siklus 1II dilakukan dalam satu pertemuan . materi yang diajarkan pada tahap ini tentang mengindentifikasi dan                      mempraktekkan pelaksanaan thaharah berwudhu ) paada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo.

                    a.     Kegiatan Pendahuluan

                                           Pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam pembuka " Assalaamu'laikum warakhmatullahi                                                           wabarokaatuh". Guru mengkondisikan kelas dan meminta salah satu siswa untuk berdoa bersama . Setelah itu guru                                      mengecek kesiapan diri siswa dengan mengecek preseensi kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian seragam siswa.                                 Setelah itu Guru menyampaikan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran .

                  b.    Kegiatan Inti

                                            Pada Kegiatan ini guru menayangkan vidio tata cara gerakan berwudhu seperti yang dicontohkan Rosulullah                                    SAW. Siswa mengamati tayangan vidio pembelajaran yang disampaikn guru. Guru memperagakan gerakan sunah-sunah                            wudhu serta doa setelah berwudhu.

                                            Setelah menjelaskan hal diatas, siswa dibagi menjadi 3 kelompok diskusi, untuk mendiskusikan makna                                               gerakan-gerakan wudhu, hikmahnya wudhu, serta dalil tentang perintah untuk berwudhu. Kemudian hasil diskusi                                        dipresentasikan didepan kelas.

                c.    Kegiatan penutup

                                           Dalam kegiatan akhir pembelajaran , guru bersama --sama dengan sisswa menyimpulkan hasil diskusi disertai                               dengan penguatan materi tentang tata cara berwudhu .

                                          Selanjutnya guru memberikan penugasan kepada siswa yang sifatnya individu. Selajutnnya diujung akhir                                           pembelajaran siswa dan guru berdoa .Salah satu siswa mempimpin doa penutup majelis. Guru menutup kegiatan                                              pembelajaran dengan membaca salam.

         3.     Pelaksanaan (Acting )

                   a.     Pelaksanaan Demonstrasi Mulai demonstrasi dengan

                   b.    kegiatan-kegiatan yang  merangsang siswa untuk berpikir.

                   c.    Yakinkan bahwa semua iswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.

                   d.    memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari                                proses demonstrasi itu.

        4 .    Pengamatan (observasi )

               Pelaksanaan Metode Demonstrasi, siswa memperagakan gerakan wudhu Guru sekaligus sebagai peneliti mengamati                                      praktek cara gerakan wudhu .

         5    Refleksi (Reflecting)

               Kegiatan evaluasi dan refleksi dilakukan pada sampel penelitian, setelah selesai melaksanakan metode demonstrasi. Evaluasi                  dilakukan kepada siswa yang melakukan kesalahan atau pelanggaran dalam melaksanakan metode dengan cara memberi                           motivasi tentang pentingnya pelajaran Praktek wudhu, dengan harapan mereka akan mengerjakan atau mengamalkan                                pelajarannya dengan baik dan benar sesuai yang dicontohkan Rosulullah SAW.

      D.     Kesimpulan

                             Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan                     model pembelajaran demontrasi ,pada implementasi pembelajaran kaifiyah wudhu. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat                   peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan model demontrasi.

                            Hal tersebut dapay dilihat dari hasil yang diperoleh berdasarkan tindakan yang telah diberikan kepada peserta didik                        kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo. Dapat disimpulkan bahwa hasil siswa pada siklus I hingga siklus III mengalami                  peningkatan . Untuk Siklus I ( yang belum tuntas 16 dan tuntas 8 dari 24 siswa ) , siklus II ( yang Belum tuntas 14 dan tuntas                       sebanyak 10 ) , siklus III ( yang belum tuntas 6 dan tuntas 18 dari 24 siswa ).

                            Peningkatan hasil belajar mulai dari siklus 1 hingga siklus III disebakan oleh beberapa faktor yaitu pertama : siswa yang                  sudah mulai terbiasa menerapkan model pembelajaran demonstrasi hal ini disebabkan karena penerapan model ini dilakukan                  secara berulang-ulang . Kedua , penerapan model pembelajaran demonstrasi ini lebih bervariasi dan lebih mengaktifkan siswa .                Ketiga , siswa suadah terbiasa melaksanakan implementasi pembelajaran wudhu dengan model pembelajaran demonstrasi

                            Manfaat penggunaan model pembelajaran demonstrasi ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa                    dalam proses implementasi pembelajaran wudhu selama ini dilakukan oleh siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun