Mohon tunggu...
Rolli Mariana Siahaan
Rolli Mariana Siahaan Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya sebagai konten creator dan seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaplikasian Model PJBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis proc edure Textserta mampu menulis proceure text di Aplikasi Canva

11 Januari 2024   23:39 Diperbarui: 6 Maret 2024   15:19 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam

Pembelajaran

 

Lokasi

SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai

 Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran menggunakan PJBL , peserta didik mampu membuat  procedure text  manual dengan menggunakan aplikasi canva dengan kreatif.

Penulis

Rolli Mariana Siahaan , S.Pd

Tanggal

21 Desember 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang terlibat aktif dalam  pembelajaran

Media pembelajaran yang kurang menarik yang menyebabkan kurangnya efektivitas proses pembelajaran.

Model pembelajaran yang digunakan kurang tepat

Kosa kata yang di miliki peserta didik masih sedikit

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Minimnya pengetahuan untuk merancang pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran

Penguasaan    guru    akan     model  pembelajaran inovatif yang masih terbatas

Sulitnya    mencari    topik    yang   dekat  dengan kehidupan siswa

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

1. Merancang Modul Ajar  dengan menerapkan model pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) dalam proses pembelajaran mulai dari merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan unsur HOTS, LKPD yang menarik, menyiapkan materi pembelajaran yang lengkap, mencari dan menyiapkan video pemantik yang akan digunakan pada kegiatan orientasi siswa pada masalah, menyiapkan ice breaking, menyiapkan materi ajar di power point,

menyipkan text bahan ajar di LKPD, soal evaluasi, rubrik  penilaian  diskusi  kelompok,  menyiapkan kisi-kisi evaluasi pembelajaran, instrumen penilaian

Memanfaatkan media pembelajaran power point, penggunaan laptop dan LCD proyektor dalam pembelajaran.

Menyiapkan HP dan tripod yang digunakan untuk merekam pembelajaran serta teman sejawat/ orang yang bisa membantu merekam

pembelajaran.

Pada awal kegiatan pendahuluan berlangsung kurang lancar saat apersepsi ketika menanyakan ulang terkait pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dimana siswa agak lama untuk merespon jadi guru perlu untuk membantu siswa untuk bersama-sama kembali mengingat poin-poin penting yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan akhirnya siswa mulai untuk merespon. Kemudian pada kegiatan pendahuluan guru juga menjelaskan mengenai garis besar cakupan materi, tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dan teknik penilaian. Pada kegiatan pendahuluan juga dilakukan ice breaking "I Love You" agar siswa lebih rileks untuk menerima pelajaran, hasilnya terlihat memang suasana kelas dan siswa menjadi lebih hangat.

Selanjutnya pada kegiatan inti berlangsung dengan baik. Kegiatan inti terdiri dari Orientasi peserta didik pada masalah, Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

1. Orientasi peserta didik pada masalah

Fase  ini   dimulai   dengan   membagi   peserta   didik

terlebih dahulu  di  dalam  beberapa  kelompok  lalu

guru    menayangkan    video   pemantik    yang   telah

disiapkan     sebelumnya.    Terlihat    seluruh     siswa

memperhatikan tayangan dengan baik. Setelah video

selesai ditayangkan  peserta  didik  dapat  menjawab

beberapa pertanyaan lisan  dan tertulis melalui

 isi video yang telah siswa amati.

Pada fase ini kegitan pembelajaran berjalan dengan baik, tetapi dalam hal menemukan jawaban LKPD masih banyak siswa yang belum memahami pertanyaan yang dibagikan .

sudah disiapkan dapat dipahami dan digunakan siswa dengan baik untuk memandu siswa saat menganalisis dan secara umum siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, siswa juga menerima setiap masukan/saran dari saya saat diskusi berlangsung.

 

Kesimpulan

 

Pengaplikasian model pembelajaran Problem Based Learning      (PJBL)           serta   memanfaatkan    media pembelajaran power point, penggunaan laptop dan LCD  proyektor   dalam  pembelajaran  untuk meningkatkan    kemampuan  peserta           didik   dalam menganalisis fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan informasi rinci Procedure text  dan siswa mampu menulis procedure text di aplikasi canva   sesuai dengan konteks penggunaannya terbilang efektif. Hal ini terlihat dari aktivitas diskusi kelompok dan presentasi kelompok yang diikuti oleh siswa  dengan baik, dapat dilihat pada nilai kelompok berikut ini. https://docs.google.com/document/d/1PiMi4ljIwatl4DvwrZumGRAHke0JwyJt/edit?usp=sharing&ouid=107998850227520403473&rtpof=true&sd=true

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun