Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya untuk mengkaji metode dan pengaruh pembelajaran pemecahan masalah pada siswa sekolah dasar. Keberhasilan pembelajaran pemecahan masalah pada siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh banyak faktor.Â
Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi proses pemecahan masalah adalah keterampilan metakognitif dan untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran pemecahan masalah adalah metode pembelajaran konstektual.Â
Pembelajaran dengan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah baik matematis maupun masalah lainnya. Guru dan siswa harus saling bekerja sama untuk tercapainya keberhasilan pembelajaran pemecahan masalah.
                      Â
Kata kunci: pembelajaran, pemecahan masalah, sekolah dasar, matematika.
Abstract
This research was motivated by previous research to examine the methods and effects of problem solving learning on elementary school students. The success of learning problem solving in elementary school students is influenced by many factors. One of the factors that greatly influence the problem solving process is metacognitive skills and for that we need the right learning method.Â
One of the problem solving learning methods is the contextual learning method. Learning with problem solving methods can improve students' ability to solve problems both mathematically and other problems. Teachers and students must work together to achieve the success of problem solving learning.
Keywords: learning, problem solving, elementary school, mathematics.
Pendahuluan