Risma Prilana
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
IAIN TULUNGAGUNG
Jl. Mayor Sujadi No.46, Kudusan, Plosokandang, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66221
Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa itu kurikulum, kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi kurikulum dalam dunia pendidikan, makna model pengembangan kurikulum, serta model-model pengembangan kurikulum. Untuk mewujudkannya tujuan pendidikan nasional, kurikulum diciptakan dengan memperhatikan tahap-tahap perkembangan siswa atau peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan. Di dalam usaha pengembangkan kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan agar kurikulum yang dijalankan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan. Prinsip dasar yang digunakan dalam kegiatan pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu kurikulum.
Â
Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan, Model
Â
- PendahuluanÂ
Pada hakikatnya pengembangan kurikulum itu merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Pengembangan kurikulum dapat diarahkan pada pencapaian nilai umum, konsep, masalah serta keterampilan yang akan menjadi isi kurikulum yang disusun dengan fokus pada nilai-nilai tadi. Adapun selain berpedoman pada landasan-landasan yang ada, pengembangan kurikulum juga berpijak pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1 bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Istilah "Kurikulum" memiliki berbagai tafsiran yang dirumuskan oleh pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu sampai dewasa ini. Tafsiran tersebut berbeda satu dengan yang lainnya, sesuai dengan titik berat inti dan pandangan dari pakar yang mengemukakan. Istilah kurikulum berasal dari bahas latin, yakni "Curriculae", artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari. Pada waktu itu, pengertian kurikulum ialah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh melainkan meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti: bangunan sekolah, alat pelajaran, perlengkapan, perpustakaan, gambar-gambar, halaman sekolah, dan lain sebagainya, yang pada gilirannya menyediakan kemungkinan belajar secara efektif. Semua kesempatan dan kegiatan yang akan datang dan perlu dilakukan oleh siswa direncanakan dalam suatu kurikulum.
- Metodologi PenelitianÂ