Mohon tunggu...
Risma Prilana
Risma Prilana Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Kurikulum

10 November 2019   19:53 Diperbarui: 10 November 2019   20:38 3081
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Risma Prilana

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

IAIN TULUNGAGUNG

Jl. Mayor Sujadi No.46, Kudusan, Plosokandang, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66221

Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apa itu kurikulum, kedudukan kurikulum dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi kurikulum dalam dunia pendidikan, makna model pengembangan kurikulum, serta model-model pengembangan kurikulum. Untuk mewujudkannya tujuan pendidikan nasional, kurikulum diciptakan dengan memperhatikan tahap-tahap perkembangan siswa atau peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan. Di dalam usaha pengembangkan kurikulum ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan agar kurikulum yang dijalankan benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan. Prinsip dasar yang digunakan dalam kegiatan pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu kurikulum.

 

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan, Model

 

  • Pendahuluan 

Pada hakikatnya pengembangan kurikulum itu merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Pengembangan kurikulum dapat diarahkan pada pencapaian nilai umum, konsep, masalah serta keterampilan yang akan menjadi isi kurikulum yang disusun dengan fokus pada nilai-nilai tadi. Adapun selain berpedoman pada landasan-landasan yang ada, pengembangan kurikulum juga berpijak pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1 bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Istilah "Kurikulum" memiliki berbagai tafsiran yang dirumuskan oleh pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu sampai dewasa ini. Tafsiran tersebut berbeda satu dengan yang lainnya, sesuai dengan titik berat inti dan pandangan dari pakar yang mengemukakan. Istilah kurikulum berasal dari bahas latin, yakni "Curriculae", artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari. Pada waktu itu, pengertian kurikulum ialah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh melainkan meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti: bangunan sekolah, alat pelajaran, perlengkapan, perpustakaan, gambar-gambar, halaman sekolah, dan lain sebagainya, yang pada gilirannya menyediakan kemungkinan belajar secara efektif. Semua kesempatan dan kegiatan yang akan datang dan perlu dilakukan oleh siswa direncanakan dalam suatu kurikulum.

  • Metodologi Penelitian 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun