Artikel Penelitian
MINI RISET
“PENERAPAN PENDIDIKAN FORMAL, INFORMAL DAN NON FORMALÂ
Oleh:
H. Zainal Abidin, S. Ag, MM ,Erpa Lestari,Riri Agustia,Mutia Damayanti, Icah Cahaya Sabila,NurliyahÂ
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Daar Al-Uluum Asahan-Kisaran, Jalan Mahoni (Sibogat) Kisaran Sumatera Utara
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan pendidikan formal
di SD IT Qur’an Kisaran, pendidikan informal di Pengajian Al-Fath Desa Mekar
Sari dan pendidikan non formal di Rumah Tahfidz YAUMI Desa Sei Alim
Hassak. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan observasi serta wawancara langsung dengan
narasumber. Pendidikan adalah usaha manusia dalam meningkatkan pengetahuan
tentang alam sekitarnya. Pendidikan diawali dengan proses belajar untuk
mengetahui suatu hal kemudian mengolah informasi tersebut untuk diaplikasikan
dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mini riset ini juga dibahas mengenai sejarah
dari penddikan FIN yang tertera, kelebihan-kelebihan, hambatan-hambatan yang
terjadi, kegiatan atau program yang diselenggarakan serta prestasi yang dicapai
dalam pendidikan FIN ini. Persamaan hambatan-hambatan yang terjadi di ketiga
ruang lingkup pendidikan ini yaitu kurangnya dukungan orangtua, kurangnya
kesadaran masyarakat dalam mempelajari Al-Qur’an dan kurangnya motivasi
anak untuk belajar Al-Qur’an yang bisa saja dipengaruhi oleh lingkungan, baik
lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial.
Kata Kunci: Pendidikan, Formal, Informal, Non formal.
Abstract: This study aims to discuss the application of formal education at SD ITQ ur'an Kisaran, informal education at Al-Fath Study in Mekar Sari Village andn on-formal education at Tahfidz YAUMI House, Sei Alim Hassak Village. The type of research used in this research is qualitative research with observation anddirect interviews with informants. Education is a human effort to increasek nowledge about the natural surroundings. Education begins with the process ofl earning to know something and then processing that information to be applied in every day life. This mini-research also discusses the history of the listed FIN education, the strengths, the obstacles that occurred, the activities or programs that were held and the achievements achieved in this FIN education. The commonalities of the obstacles that occur in these three educational spheres are the lack of parental support, the lack of public awareness in learning the Qur'an and the lack of children's motivation to learn the Qur'an which can be influenced by the environment, both the family environment and the environment social.Â
Keywords: Education, Formal, Informal, Non-formal.
1. Pendahuluan
Pendidikan adalah usaha manusia dalam meningkatkan pengetahuan tentangalam sekitarnya. Pendidikan diawali dengan proses belajar untuk mengetahuisuatu hal kemudian mengolah informasi tersebut untuk diaplikasikan dalamkehidupan sehari-hari.
Peranan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan prestasi pendidikan. Hal ini dikarenakan setiap individu yang terlibat dalam proses pendidikan saling berinteraksi menjadi satu kesatuan dengan lingkungannya.