Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, Lahir: Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam. S1-FKIP UMSB. Hobi: Menulis, membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi, cerpen, puisi, dan Topik Pilihan Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

(Cerpen)"Bun, Aku Makan dengan Rendang,Ya!"

2 Oktober 2024   09:40 Diperbarui: 3 Oktober 2024   20:34 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rendang Padang: foto dokpri

"Tentu bisa, Bun. Bahkan bisa lebih enak! Ini rendang resep keluarga kita, Bun. Rendang asli Koto Gadang yang pedas dan kaya rempah." Rara memperagakan buku resep ibuku.

"Coba kita cek bahan yang ada Bunda. Sudah sesuaikah dengan "Rendang Tanda Sayang Ibu dan Anak?" Ia memperagakan buku itu. 

Kami pun mulai mengecek bahan-bahan:
- 1 kg daging sapi pilihan
- 1 liter santan kental dari 2 butir kelapa
- 5 lembar daun jeruk
- 3 lembar daun salam
- 2 batang serai, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- Garam secukupnya
- Gula merah secukupnya

Untuk bumbu halus:
- 15 siung bawang merah (lebih banyak dari biasanya untuk rasa khas Koto Gadang)

"Bawang merahnya mana, Bunda?" Tanya Rara mengagetkanku.

"Perasaan ada di kantong daging, Dek!" Teriakku dari westafel karena aku sedang mencuci daging di kran air yang mengalir.

"Gagal dong pake bawang merah, Bun. Bunda lupa beli mungkin!" Teriak Rara lagi.

"Tapi gak ada bawang merah, bisa ganti bawang putih, Bun. Atau Adek beli di warung aja, Bun?"

"Ya, beli di warung aja dek." Jawabku singkat. Rara pun bergegas ke warung. 

Usai mencuci daging, aku segera menggonseng kelapa parut. Wangi gonsengan kelapa mengusik penciuman suamiku yang baru datang.

"Wangi Bunda! Bikin apa nih?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun