Mohon tunggu...
Rhama David
Rhama David Mohon Tunggu... -

bila kau menungguku untuk menyerah, maka kau akan menunggu untuk selamanya

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

[Cerpen] Terlalu Jauh

31 Maret 2016   16:07 Diperbarui: 31 Maret 2016   16:19 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Kehidupan tidak bisa diulangi"][/caption]

Tangan ini, tangan yang udah bikin hidup gue berantakan. Walaupun hidup gue bergelimpangan harta, tapi harta ini bukan hasil dari keringat gue sendiri.

Gue Hartono, tapi orang-orang lebih sering manggil gue Tono. Sekarang kerjaan gue. Mungkin gabisa dibilang kerjaan, karena nyatanya gue ini seorang pengangguran. Setiap hari gue dirumah, kadang dipasar, yah suka-suka hati gue aja lagi mau kemana. Lebih sering dirumah ngurusin istri yang lagi hamil anak ke-3 sekarang ini. Kedua anak gue sekarang masih mengenyam pedidikan mereka di SMP dan SD unggulan di daerah ini.

Terkadang mungkin gak kepikir di benak gue. Hidup gue yang begini, seburuk ini, gue berpikir bahwa didunia ini hidup gue yang paling hancur. Hidup gue yang paling berantakan.

Sore itu, rutinitas gue buat mantau beberapa pasar di daerah ini. Karena sekarang gue cuma sebagai kepala preman di pasar-pasar itu. Dan salah seorang asisten gue, atau bisa dibilang wakil gue di tiap pasar itu beda beda tapi dominan dipegang sama Rendy, soib SMA gue. Walau memang kedengerannya enak, karena setiap hari cuma nerima setoran uang tanpa kerja. Tapi jauh di dalem hati gue, ada rasa nyesel yang bikin gue gak bisa maaf in hidup gue sendiri.

Semua berawal dihari itu ..

“Ren, ayo dong. Pulang sekolah kita mean lagi.” Kata gue ke Rendy sahabat gue dulu

“Mau maen kemana Ton??”

“Yah kemana aja lah. Biar kita gak keliatan cupu-cupu banget gitu.”

“Gimana kalo ke taman deket SMP gue dulu?” tanya Rendy

“Ngapain ke taman? Kan gak keren.” Jawab gue bingung

“Yaa, disana kan banyak orang nongkrong. Kali aja kita bisa gabung gitu.”

“Hahaa, boleh juga tuh ide lu. Biar kita maen ga beduaan mulu ye kan.” Jawab ku sambil tertawa.

Dan kaya janji yang udah kita buat, kita  pergi ke taman deket rumah si Rendy. Dan tepat kaya yang dia bilang, kalo di taman ini banyak banget orang yang nongkrong. Entah itu anak sekolah, mas-mas sok keren, sampe geng motor ada disana.

“Wah men, taman nya gede banget. Orangnya rame juga.” Kata gue kagum

“Yah kan udah gue bilang. Kalo sepi gue juga males kesini.”

“Terus sekarang kita ngapain Ren?” tanya gue ke Rendy

“Hmmm, .. iya ngapain lagi ya.” Pikir Rendy sambil menyentuh dagu dengan telunjuk

“Nahh,, gua ada ide nih Ton.” Lanjut Rendy

“Ide apaan ?” tanya gue penasaran

“Gimana kalo kita pura-pura pinjem korek buat nyalain rokok. Nah, nanti kita sekalian ngobrol.”

“Iya, ide bagus tuh Ren.” Diam gue sejenak

“Tapi korek buat apaan Ren? Lagian kita juga gak ngrokok kan.” Sambung gue yang bingung

“Yailaah, spik spiik aja. Udah lu beli rokok sono.” Seru Rendy

“Duit nya mana??” kata gue ke Rendy

“Lu ye, gue mulu yang ngeluarin duit. Nih nih ..” kesel Rendy sambil ngeluarin Rp.5000

“Hahaa, kan emang elu boss nya.” Goda gue ke Rendy

Gak lama abis gue cari warung deket taman, dan beli pesenan dari Rendy. Gue pun balik lagi ke taman, buat ngelancarin serangan bareng supaya bisa dapet temen nongkrong yang kalo kata orang ‘Gak Nongkrong Gak Keren’.

“Bang boleh pinjem korek gak bang buat nyalain rokok?” tanya Rendy ke salah satu anak tongkrongan

“Iya pake pake dah.” Jawab orang itu seadanya

Abis itu Rendy langsung batuk-batuk gak berhenti. Dan gue ketawa ngakak liatin dia batuk-batuk sampe sekitar 10 menitan. Tapi yang gue salut, rencana dia sukses. Anak anak tongkrongan itu ngrespon batuk dari Rendy, ada yang ketawa ngakak sama kaya gue dan ada juga beberapa yang nanyain apa dia baik baik aja atau nggak.

Dan itu asal muasal gue yang sekarang ini. Karena semenjak kejadian itu, pergaulan gue dan Rendy bisa dibilang amburadul. Dan gue pribadi pun sangat nikmatin kehidupan gue waktu itu. Hingga hari kelulusan sekolah SMA gue pun hadir. Saat itu kelulusan bukan hal penting buat gue, karena ada satu hal yang buat gue lebih penting dari semua hal itu.

Beberapa minggu sebelum kelulusan, Rendy cerita sama gue. Kalo setelah lulusan nanti dia gak  bisa lagi ketemu apa lagi nongkrong sama gue. Karena orang tua Rendy ternyata udah tau tentang pergaulan gak bener yang belakangan kita jalanin. Dan berita puncaknya, Rendy bakal pindah ke luar negri buat lanjut study. Karena orang tua Rendy tajir, jadi mereka bisa kemana aja yang mereka mau. Beda jauh sama gue yang cuma anak orang yang kurang mampu, bahkan kadang sehari pun harus makan sekali karena duit di tabung buat bayar sekolah.

Hingga hari kelulusan tiba. Itu salah satu hari terburuk di hidup gue. Bukan karena hari ini Rendy bakal ninggalin gue, tapi karena hari ini Rendy pergi tanpa nemuin gue sekedar buat kasih salam terkhir ke dia.

Dan sekarang begini lah kehidupan gue. Terlalu dalam terjerat dalam dunia gelap hingga gue lupa jalan keluar dari sini.

 

“Arip, setoran hari ini gimana. Lancar?” tanya gue ke bawahan

“Santai boss, kaya biasa setoran beres semua.” Sembari tertawa dan nyerahin duit ke gue

“Oke, Rendy kemana. Kok gue gak liat dari gue dateng tadi.” Tanya gue ke Arip

“Itu boss, dia lagi ke pasar bunting. Katanya disana ada masalah tadi.”

“Boss tunggu sini aja tar juga dia balik lagi. Ambilin kopi ama rokok ga ni boss?” tanya Arip

“Ya dah boleh. Kaya biasa kopi item pait ya.”

“Okee boss,”

Rendy yang sekarang jadi assisten gue dan sekaligus dia megang beberapa pasar dibawah gue itu adalah Rendy yang sama, dengan Rendy kampret yang ninggalin gue di hari kelulusan tanpa kabar itu.

Sekarang Rendy dah jadi pengusaha sukses di daerah gue dan sekitarnya itu dengan pengalaman dan gelar dia yang sekarang udah S2 bidang Management Bisnis. Itu juga kata dia.

Waktu dia balik lagi dari luar negri sekitar 3 tahun lalu. Dia langsung dateng kerumah gue, dan tanpa obrolan apapun dia langsung meluk gue. Seakan gue tau penyebab kenapa dia pergi ninggalin gue tanpa sepatah kata.

“Waduh, lama bener lu Ren gue tungguin dari tadi!!” teriak gue saat liat Rendy

“Haha, biasa ada orang rese di pasar. Lu dari tadi Ton?” Cuma Rendy disini yang berani manggil nama gue. Karena rata-rata pada manggil gue boss.

“Ya ga selama itu juga kali, gue nunggu 2 jam disini.” Ucap gue bete

“Oia, gimana itu bisnis lu. Lancar gak?” sambung gue

“Yah, gitu lancar kaya biasa. Kemaren juga 2 perusahaan gue menang tender, yah biarin lah ada manager ini kan. Tar tinggal laporan nya aja ke gue.” Jawab Rendy sambil nyeruput kopi gue

“Tapi gue masih bingung. Lu sesukses itu masa mau jadi preman kampung kaya gue gini sih?”tanya gue

“Yah, kan dah puluhan kali gue bilang. Lebih penting soib daripada duit. Duit abis bisa cari, kalo soib gue yang gila ini ilang. Apa yang bisa gue lakuin?” jelas dan canda Rendy

“Haha, sial banget yeh lu. Gak berubah dari dulu.” Rendy ketawa dan gue ikut ketawa.

 

 

~Imaginate : Rhama David~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun