Mohon tunggu...
Novia Respati
Novia Respati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Senang menulis dan memasak 😊

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Kunci Jawaban Palsu

2 Januari 2024   10:03 Diperbarui: 19 Januari 2024   16:42 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Akhirnya satu setengah bulan pun berlalu. Tampaknya situasi semakin mendebarkan karena hasil ujian nasional SMA tahun itu akan diumumkan. Daftar nama para siswa-siswi yang lulus tahun itu telah terpampang pada papan pengumuman pagi itu, lengkap dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari tiga mata pelajaran yang telah diujikan.
Syukurlah, semuanya lulus tahun itu. Tapi ternyata, ada cerita tersendiri bagi mereka yang pernah membeli kunci jawaban tempo hari.


"Wah, rata-rata nilai lo 86 ya... Keren Tiara!"


"Hmm. Yoi dong. Lo 75 ya Rin? Mana kunci jawaban yang lo beli? Hahaha. Lo ikutin semua tuh kunci jawaban? 100 dong harusnya nilai lo."


"Ah, apaan! Kunci jawaban ngga jelas. Gue yakin kok, udah bener nyalin kuncinya di notes. Tapi pas gue baca ulang soalnya berkali-kali, baca jawabannya A, B, C, D, pertanyaan sama jawabannya ngaco. Untung gue belajar juga. Dikit-dikit nyangkut lah di otak. Ngga sepenuhnya gue percaya sama kunci jawaban."


"Hahaha. Jadi ngga guna dong tuh kunci jawaban?"


"Yoi. Yang kemarin pada beli kunci jawaban itu, juga ngerasa aneh."


"Tapi, syukurlah kita semua bisa lulus bareng-bareng tahun ini."


"Iya Ra. Walaupun nilai rata-rata gue cuma 75, tapi gue bangga dengan hasil kerja gue sendiri."


Dan hari itu ditutup dengan penuh keceriaan di wajah mereka. Meski di hari yang akan datang, tangis perpisahan akan hadir di tengah mereka semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun