Mohon tunggu...
Novia Respati
Novia Respati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Senang menulis dan memasak 😊

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Kunci Jawaban Palsu

2 Januari 2024   10:03 Diperbarui: 19 Januari 2024   16:42 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Bu Retno langsung mengambil salah satu buku absen yang berada di ujung kanan mejanya dan membuka sebuah buku bersampul batik. Beliau tampak mencari nama kedua siswi itu dalam daftar absensi kelas 2 IPS 2.


"Kenapa pingin sekelas lagi?"


"Kita satu geng Bu." jawab Tiara secepat kilat sebelum gurunya bicara lebih banyak lagi.


"Satu geng? Kok cuma kalian berdua yang minta sekelas. Teman lainnya ngga pingin sekelas juga?"


"Ya... cuma kita Bu. Gengnya isinya cuma saya sama Arini." jawab Tiara datar sementara Arini menggembungkan kedua belah pipinya menahan tawa.


"Yang namanya geng, isinya tiga orang, empat orang, lima orang. Lha kalian, cuma berdua? Hahaha." ucap Bu Retno yang kemudian geleng-geleng kepala. "Okelah, bisa diatur. Nanti Ibu usahakan kalian sekelas. Biar selalu semangat belajar ya, pertahankan prestasinya."


Kedua gadis berseragam putih abu-abu itu langsung pasang tampang sumringah mendengar ucapan bu Retno.


"Makasih banyak ya Bu." ucap Tiara.


"Makasih Bu." Arini menambahkan sementara bu Retno hanya mengangguk sambil tersenyum.


Setelah mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka pun pamit dari ruang BK dan menghabiskan sisa waktu istirahat mereka dengan membeli minuman di kantin.


Tiara berasal dari keluarga sederhana sementara Arini yang berasal dari keluarga yang tergolong berlebih, sering kali menghargai kebaikan yang dilakukan seseorang dengan nilai mata uang. Kalau orangnya tidak mau diberi uang, dia akan menggantinya dengan hadiah. Padahal, tidak semua orang ingin kebaikannya dihargai dengan uang. Masih banyak orang tulus yang berbuat baik tanpa pamrih. Bu Retno contohnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun