ABSTRAK
Meyga Anisa Hidayati, S.Pd, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Brainwritimg .
Menulis  merupakan suatu  keterampilan  berbahasa  yang  dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan oranglain.  Dalam kegiatan ini seorang penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa dan kosakata. Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis melainkan harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur.
Brainwriting adalah sebuah teknik pembelajaran yang cara penyampaiannya melalui sebuah tulisan atau tertulis. Brain berarti otak, write berarti menulis. Jadi, brainwriting adalah menulis segala sesuatu yang terlintas di otak. Teknik brainwriting merupakan teknik untuk mencurahkan gagasan tentang suatu pokok permasalahan atau tentang suatu hal secara tertulis yang dikembangkan oleh Ilmuwan di Batelle Institute di Frankfurt, Jerman (Michalko, 2004). Teknik tersebut merupakan teknik curah-gagasan yang dilakukan secara tertulis.
Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu & pemilihan kata-kata kias atau imajinatif. Sedangkan, Sayuti (1985:12) menyatakan bahwa puisi adalah hasil kretifitas manuis yang diwujudkan lewat susunan kata yang mempunyai makna.
Teknik brainwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Penggunaan teknik brainwriting juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menulis puisi. Teknik brainwriting dapat lebih mempermudah siswa dalam menuangkan ide, gagasan sehingga siswa mampu mencapai hasil yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tulisan siswa mengenai menulis puisi.
 KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya pada kami, sehingga pada kesempatan kali ini penulis berhasil menyelesaikan makalah mengenai "Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Brainwritimg" .
Dengan pengembangan keterampilan menulis puisi akan melatih keterampilan dan kreativitas siswa dalam mengekspresikan ide-ide dan kecerdasan dalam mengolah kata-kata. Pembelajaran menulis puisi yang dilaksanakan di sekolah tidak dimaksudkan untuk mencetak sastrawan, namun pembelajaran menulis puisi ini dimaksudkan untuk melatih siswa supaya terbiasa mengembangkan kemampuan mereka untuk menulis kreatif dalam hal ini menulis puisi. Oleh karena itu kami menggunakan teknik brainwriting untuk memotivasi siswa memunculkan banyak ide dalam menulis puisi.
Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Jika dalam penulisannya kami terdapat kata-kata yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya.
Kradenan, Â 25 Mei 2021