Perkembangan PendidikanDiJiansudan
KuncisuksesPendidikandiCina
    PerkembanganpendidikandiCinaterutamapendidikanvocationaltelahdimulai sejakzaman
dinastiChingdanterusberkembangsampaisekarangini.NegaraCinamerupakannegarayangtidak
menutupdiridaripengaruhnegaralainkarenaperkembanganpendidikandiCinasejakzaman
pemerintahandinastiChingtelah mengadopsidarinegaraPerancis.Selainitu
pengembangan pendidikandiCinajugadilakukandenganbelajardinegara-negaraEropadengan
penekananpadapelajaranvokasi.
ProvinsiJiangsuterkenalsebagaikotayangsangat menekankanpadalearningeducationdantes
atauujianuntukmasuksekolahdiperguruantinggi,berbedadengankota-kotadiCinalainnya.
TerkaitdenganperkembanganpendidikandikotaJiangsu,pemerintahmenekankanadanya :
1.Patriotisme/nasionalisme, baikdarisiswa,guru,kepalasekolah,dansemuayangterkait
2.Pemberiankesempatankepada commonpeopleataukalanganmasyarakatbiasauntukdapat
mengenyampendidikan
3.Motivasidankreativitasdalammengahdapieraglobalismeyangmenuntut adanyaperubahan.
Negara Cinatidakmaluuntukmeniruperkembanganpendidikandinegara-negaralain,bahkanCina
selainmengadopsipendidikan diPerancis,selainitujugamengadopsipendidikandiJepang,
Jerman,Rusia,danAmerikaSerikat.Terkaittantanganadanyaonlinemarket,Cinaberusaha
untuk segeramengupgradekemampuanuntukkemajuanpendidikan.Terdapattigasemangat
dalamsistempendidikandiCinayaitu:
1.Untukperkembangansosial
2.Untukperkembangankebutuhansiswa
3.Untukkeberagamandalammasyarakat
BerkaitandenganperkembanganpendidikandiCinaUmumnyadandiJiangsukhususnyaditekankan
bahwapendidikanmempunyaiduafungsiyaitumenyiapkandanmenghidupkan.Pemikiran
pendidikandiCinalebihluasartinyapendidikanjanganhanyasekedarbelajardanberkutatpadaapa
yangdipelajariitusaja,tetapiharusbisalebihbanyaklagiyangdapatdikerjakan.Dalamreformasi
pendidikandanpembelajaran, guruterutamaguruvokasi,dahulu dipegangoleh empu(kaumelit).
Dalamperkembangannyaterdapatpergeserankarenasebelumnyaemputidakmempunyailatar
belakangkemampuanmengajardankemampuanakademis sehinggamenjaditantanganbagiguru-
gurulama.Guruwajibmelakukanpembaharuandenganmenguasaiteoridangayamengajar
sehinggamampumenghidupkankelasdansiswanya.
PendidikandiCinamengalamiperkembanganyangpesatsehinggamampusejajardengannegara
majulainnyasepertiJepangdandiEropaBaratdidorongolehbeberapafaktorsebagaiberikut:
1.Benar-benarbelajardarikerjasamayangdilakukansejaktahun1920dengancaraimitasi(meniru)
, mengembangkanlebihbaikdanterusdikembangkan.
2.Menggunakanstandarinternasional,sepertimenggunakanstandarWashingtondandan standar
Sedney.
  Melihatperkembanganpendidikandan pembelajarandiCinasangatmenarikuntukdapatkita
adopsi.Adopsipendidikandinegarayangtelahmenjadikanpendidikansebagaifaktorutamadalam
perubahan negara bukan suatu hal yang memalukan.Kita sebagai guru pembelajar sekaligus sebagaiagen perubahan pendidikan diIndonesia dapat mengamati sistem pendidikan yang telahberkembang di Cina,selanjut kankitatiru(imitasi)yang tentu saja di sesuaikan dengan karakter danbudaya masyarakat Indonesia.Dilanjutkan dengan memodifikasi,artinya guru dituntut perannyadalam meningkatkan kreativitas untuk selalu memodifikasi dan mengembangkan pendidikandan pembelajaran yang telah dipelajari dinegera lain,seperti pendidikandiCina.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H