Indonesia memiliki populasi yang cukup besar yaitu sekitar 255 juta jiwa, dan Internet of
Things (IOT) serta sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin banyak digunakan
oleh masyarakat luas, bahkan di daerah pedesaan yang terpencil. Lebih dari 65% masyarakat
Indonesia berusia di bawah 35 tahun, yang merupakan masa kerja aktif sekaligus pasar yang
dinamis dan konsumtif yang dapat dengan cepat mengadopsi teknologi baru, pasar yang dinamis
dengan tingkat adopsi teknologi yang cepat. (Wirianto, 2016) Karena memudahkan siapa saja
untuk meluncurkan bisnis di mana saja, teknologi saat ini menjadi salah satu pendorong utama
perekonomian Indonesia. Selain itu, sektor digital menawarkan sarana untuk memproduksi Siapa
pun kini dapat menjadi pengusaha, termasuk ibu dan anak, berkat pertumbuhan pasar Internet
dan situs jual beli. Siapa pun kini dapat menjadi pengusaha berkat pertumbuhan pasar online dan
situs jual beli, termasuk individu-individu muda yang ingin menawarkan kerajinan tangan, kue