Mohon tunggu...
Muhammad Luthfi Nasrullah
Muhammad Luthfi Nasrullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Hobi saya menggambar. Kebiasaan saya disaat waktu luang, terkadang suka sekali dengan mengulik beberapa aplikasi atau web yang berhubungan dengan desain. Tidak hanya itu, saya juga sedang belajar menggunakan AI untuk desain yang lebih sempurna.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelayanan Prima

21 Oktober 2023   07:55 Diperbarui: 21 Oktober 2023   08:30 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS HARIAN 

UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL

TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Nama                           : Muhammad Luthfi Narulloh

Npm                            : 10120326

Kelas                           : C7.20

Nama Mata Kuliah     : Pelayanan Prima

Konsep Pelayanan Prima

Pelayanan prima adalah pelayanan baik yang memuaskan pelanggan, masyarakat atau pemangku kepentingan lainnya; upaya untuk memuaskan kebutuhan atau permintaan; Mempersiapkan dan mengurus apa yang dibutuhkan sebaik mungkin agar pelanggan mendapatkan sesuatu yang melebihi ekspektasinya. Keunggulan layanan adalah suatu konsep yang mengacu pada pelayanan terbaik dan berkualitas tertinggi yang diberikan oleh suatu bisnis atau organisasi kepada konsumen guna menciptakan kepuasan pelanggan. Keunggulan pelayanan harus menjadi landasan awal yang diadopsi oleh dunia usaha dan organisasi karena keunggulan pelayanan memegang peranan penting dalam membangun reputasi, mempertahankan pelanggan lama dan menciptakan pelanggan baru.

Pelayanan prima pada dasarnya tergantung pada upaya Perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Hal ini dapat mendatangkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Karena pada dasarnya jika pelanggan merasa harapannya  terpenuhi maka akan tercipta kepuasan pelanggan dan jika pelanggan merasa puas maka berarti pelayanan perusahaan dapat ditingkatkan. Dengan cara ini, pelanggan akan cenderung mengunjungi perusahaan/organisasi berulang kali dan memberikan rekomendasi (umpan balik) positif kepada teman, kolega, orang tua, atau kerabatnya. Hal ini memungkinkan bisnis atau organisasi mereka untuk menarik lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Definisi keunggulan layanan diadopsi oleh banyak pengusaha di berbagai bidang dan sektor tempat mereka beroperasi.

1. Pelayanan prima membuat pelanggan merasa penting.

2. Pelayanan prima adalah melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan tepat waktu.

3. Pelayanan prima adalah pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

4. Pelayanan prima adalah pelayanan yang memberikan rasa kepuasan kepada pelanggan.

Perusahaan atau intansi yang harus menerapkan pelayanan prima : 

  • Hotel

Hotel menyediakan pelayanan utama seperti akomodasi, tentunya memberikan pelayanan yang sempurna agar setiap pengunjungnya merasa nyaman. Apa saja contoh layanan yang disebutkan? 

Beberapa penerapan pelayanan prima pada hotel adalah:

  • Menyambut dan menyapa tamu  dengan ramah
  • Memberikan informasi detail mengenai ketersediaan kamar dan fasilitasnya, termasuk keuntungan yang dapat diterima tamu
  • Menjaga kerahasiaan tamu yang menginap di hotel
  • Dengan hati-hati mengantarkan barang bawaan ke tamu yang tiba di hotel
  • Memberikan pelayanan tata graha
  • Membantu memenuhi kebutuhan tamu yang menginap di hotel
  • Bank 

Bank tidak hanya menyediakan berbagai layanan keuangan tetapi juga harus terus memberikan layanan prima dalam operasionalnya. Keunggulan pelayanan penting bagi bank karena mereka berhubungan langsung dengan nasabah atau klien setiap hari.

Apa yang dimaksud dengan pelayanan yang baik di bank? Beberapa penerapan pelayanan prima perbankan adalah :

  • Satpam atau satpam menyambut dan membukakan pintu bagi nasabah.
  • Layanan pelanggan mendengarkan keluhan dan menawarkan solusi kepada pelanggan. Pelayanan Nasabah
  • Bank menyediakan produk dan jasa perbankan berdasarkan kebutuhan nasabah.
  • Tergantung pada kebutuhan nasabah, pegawai bank menyambut nasabah dengan ramah dan memberikan bantuan keuangan yang mereka butuhkan.
  • Supermarket 

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai pelayanan prima pada convenience store, antara lain:

  • Menyapa setiap pelanggan yang masuk ke dalam convenience store dengan ramah
  • Membantu pelanggan yang kesulitan mencari barang
  • Menyediakan kereta bagi pelanggan untuk mengangkut barangnya
  • Memberikan informasi rinci mengenai beberapa produk jika diperlukan.
  • Menawarkan saran produk kepada pelanggan yang masih ragu untuk memilih produk ini atau tidak.
  • Memberikan pelayanan yang ramah pada saat pelanggan melakukan transaksi pembayaran.
  • Ucapkan terima kasih kepada pelanggan karena telah siap membeli saat checkout. Penggalangan dana. kasir toko serba ada
  • Menjaga kebersihan dan ketertiban display produk dan lingkungan toko serba ada.
  • Restoran

Restoran atau tempat makan tidak hanya menyediakan menu-menu lezat kepada pelanggannya. Namun pelayanan yang diberikan kepada pelanggan yang memesan makanan juga perlu diperhatikan dengan matang agar mereka merasa nyaman saat bersantap.

Di bawah ini  beberapa tindakan atau penerapan pelayanan prima yang dapat dilakukan oleh seluruh staf restoran, antara lain:

  • Pelayan dapat datang dan membawakan menu makanan dan minuman kepada pelanggan pelanggan restoran
  • Bersabar dan tersenyum ketika pelanggan memilih menu
  • Memberikan nasehat kepada pelanggan tentang hidangan lezat terpopuler
  • Mencatat setiap detail tentang hidangan yang diinginkan pelanggan dan Konfirmasi instan yang ramah
  • Koki memasak hidangan dengan cepat, menyajikan dengan rapi dan menambah nilai estetika pada hidangan
  • Menyediakan hidangan yang rapi, bersih, nyaman dan mudah digunakan, membantu pelanggan restoran merasa lebih nyaman saat menikmati makanannya
  • Asuransi 

Penerapan pelayanan prima pada industri asuransi merupakan suatu hal yang baik karena dapat membangun kepercayaan nasabah dan membangun hubungan yang kuat dengan nasabah.

  • Perpustakaan 

Pelayanan perpustakaan yang prima  membantu menjaga hubungan baik dan menghindari keluhan pelanggan, sehingga membangun reputasi  baik bagi perpustakaan.

  • Perusahaan Konstruksi 
  • Rumah Sakit 
  • Klinik 
  • Puskesmas 
  • Kantor Pengacara 
  • Universitas/Sekolah 
  • Travel 
  • Pelayanan Transportasi 
  • Service Center 
  • Lembaga/Institusi Pemerintah

Pelayanan Terbagi Menjadi Tiga :

  • Core Service ; Pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan, yang merupakan produk utamanya. Contoh kamar hotel
  • Facilitating Service ; Fasilitas pelayanan tambahan kepada pelanggan. Contoh Resepsionis Hotel
  • Supporting Service ; Pelayanan tambahan (pendukung) untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak "pesaingnya". Contoh restoran hotel.

Tujuan pelayanan prima :

  • Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan
  • Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli
  • Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan
  • Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu di kemudian hari terhadap produsen.
  • Untuk menciptakan kepuasan pelanggan
  • Untuk mempertahankan pelanggan.

Perbedaan Tujuan Pelayanan 

  • Pelayanan prima pada sektor publik didasarkan pada "pelayanan adalah pemberdayaan". Dalam hal memberdayakan masyarakat ini, pelayanan yang diberikan tidaklah bertujuan selain mencari untung, juga menjadikan masyarakat justru terbebani atau terperdayakan dengan pelayanan dari pemerintahan yang diterimanya. Pelayanan prima sektor publik tidaklah mencari untung, tetapi memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara sangat baik atau terbaik.
  • Pada sektor bisnis atau swasta, tentunya pelayanan selalu bertujuan atau berorientasi profit atau keuntungan perusahaan.

Manfaat Pelayanan Prima :

Manfaat Pelayanan Prima untuk Sektor Bisnis/Swasta :

  • Memenangkan persaingan
  • Memberikan keuntungan
  • Mempertahankan pelanggan
  • Mengundang pelanggan baru
  • Citra perusahaan/institusi menjadi baik

Manfaat Pelayanan Prima Sektor Publik :

Mendapatkan atau Mempertahankan Kepercayaan Masyarakat. Sampai saat ini adalah buruknya kepercayaan masyarakat terhadap aparatur pemerintah terutama di sektor pelayanan publik. Sehingga munculnya sikap, anggapan dan penilaian terhadap pemerintahan. Misalnya kesan bahwa birokrasi adalah prosedur yang berbelitbelit dan mempersulit urusan. Adanya Nepotisme, Kolusi dan Korupsi dalam pelayanan sektor publik.

Prinsip pada Sektor Bisnis/Swasta :

  • Kemampuan

Pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak untuk menunjang program layanan prima, yang meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni.

  • Sikap

Perilaku atau sikap yang ditunjukkan dalam berhubungan dengan pelanggan.

  • Penampilan

Penampilan seseorang, baik fisik maupun non-materi, mempunyai kemampuan untuk mencerminkan kepercayaan diri dan gengsi orang lain.

  • Perhatian

Memberikan perhatian penuh kepada pelanggan, baik dari segi kebutuhan pelanggan maupun pemahaman terhadap saran dan kritik.

  • Tindakan

Berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan.

  • Tangung Jawab

Suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan ketidakpuasan pelanggan.

Prinsip/Kriteria Pelayanan Prima Sektor Publik :

  • Kesederhanaan
  • Reliabilitas
  • Tanggung Jawab
  • Kecakapan
  • Pendekatan kepada Pelanggan dan Kemudahan Kontak Pelanggan dengan Petugas
  • Keramahan
  • Keterbukaan
  • Komunikasi
  • Kredibilitas
  • Kejelasan dan Kepastian
  • Keamanan
  • Mengerti
  • Kenyataan
  • Efisien
  • Ekonomis

Pada hakikatnya keunggulan pelayanan bergantung pada upaya perusahaan dalam melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya, agar mampu menghadirkan kepuasan pelanggan serta memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Pelayanan Prima merupakan pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun