A. Apa yang dimaksud pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
* Menurut Tomlinson (2001 : 45), pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk meyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap murid.
* Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid .
Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan :
1. Tujuan pembelajaran didefinisikan secara jelas
2. Merespon kebutuhan belajar murid
3. Lingkungan belajar yang "mengundang" murid untuk belajar
4. Manajemen kelas yang efektif
5. Penilaian berkelanjutan
Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas
* Menentukan tujuan pembelajaran yang memuat ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree)
* Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid dengan melihat 3 aspek yaitu kesiapan belajar murid, minat murid, dan profil belajar murid
* Menyiapkan RPP yang memuat 3 strategi diferensiasi (diferensiasi konten, proses, produk) dengan matang
* Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas
* Melakukan penilaian yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan belajar dan tujuan pembelajaran
* Melakukan refleksi untuk perbaikan proses pembelajaran berdiferensiasi di masa yang akan datang
B. Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?
Pembelajaran berdiferensiasi dikatakan dapat memenuhi kebutuhan belajar murid apabila guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar dengan memperhatikan 3 aspek berikut :
1. Kesiapan Belajar Murid
Guru bisa melakukan tes atau melihat hasil yang diperoleh murid pada jenjang sebelumnya untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang akan diajarkan, sehingga konten yang disiapkan benar-benar sesuai dan bisa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan murid
2. Minat Belajar Murid
Guru bisa menyusun rancangan pembelajaran ataupun produk hasil belajar yang diinginkan, dikerjakan sesuai dengan minat murid pada hal terentu dengan tujuan murid bisa mengembangkan kreativitasnya serta membangkitkan minat lain terhadap hal yang baru
3. Profil Belajar Murid
Guru bisa menyesuaikan media pembelajaran yang berbasis pada gaya belajar murid yang beragam seperti visual, auditori/ audio, kinestetik. Bisa juga dengan memperhatikan kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap murid
Pembelajaran berdiferensiasi dikatakan dapat membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal dengan memperhatikan 3 strategi diferensiasi yaitu :
a. Konten
Guru bisa menyiapkan konten dengan bentuk yang beragam sesuai dengan pemetaan kebutuhan belajar murid baik dari aspek kesiapan belajar murid, minat belajar murid, dan profil belajar murid
b. Proses
Guru merancang pembelajaran dengan beragam jenis kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid , sehingga proses pembelajaran tersebut lebih bermakna bagi murid
c. Produk
Guru bisa menyesuaikan tagihan tugas/ hasil proses belajar murid dengan bentuk yang beragam disesuaikan dengan proses belajar yang telah dilalui murid baik secara individu maupun kelompok
C. Jelaskan bagaimana kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak?
KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 DENGAN MODUL 1.1, 1.2, 1.3, DAN Â 1.4
Modul 1.1 FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA
Mendidik dan menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya
Kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi adalah :
agar murid memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya, maka pendidik harus mampu merancang proses pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid
Modul 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Salah satu nilai guru penggerak adalah "Berpihak Pada Murid" dan salah satu peran guru penggerak adalah "Mewujudkan Kepemimpinan Murid"
Kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi adalahÂ
untuk menunjukkan nilai keberpihakan pada murid, maka guru harus merancang pembelajaran yang dipetakan berdasarkan kebutuhan belajar murid dengan melihat 3 aspek yaitu kesiapan belajar murid, minat belajar murid, dan profil belajar murid, sehingga peran guru penggerak untuk mewujudkan kepemimpinan murid dapat tercapai
Modul 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Tahapan BAGJA dalam modul 1.3 dapat diadopsi untuk merancang prakarsa perubahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang lebih berpihak pada murid
Kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi adalah
dengan visi yang kuat , seorang guru dapat menciptakan perubahan nyata di dalam proses pembelajaran di kelas dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan identifikasi kebutuhan belajar murid
Modul 1.4 BUDAYA POSITIF
Untuk menciptakan disiplin positif dalam belajar, guru perlu mengambil langkah. Untuk mewujudkan hal tersebut dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang berangkat dari kebutuhan belajar setiap murid
Kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi adalah
penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas akan memberikan dampak positifbagi perkembangan belajar murid di sekolah yang akan membawa perubahan budaya positif antara guru dengan murid, dan juga antara murid dengan murid
KESIMPULAN
Pembelajaran berdiferensiasi memang erat kaitannya dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara, di mana pendidikan haruslah berpihak kepada murid sesuai dengan nilai guru penggerak, serta menjadi wujud nyata dari peran seorang guru yang memiliki visi yang kuat dalam menciptakan disiplin positif yang didasarkan pada kebutuhan belajar murid di sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H