Mohon tunggu...
Juanita FauziaZachra
Juanita FauziaZachra Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang guru diSMK PLUS YSB SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT

Hobi saya belajar dengan mengikuti banyak pelatihan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PTK Meningkatkan Minat Belajar

29 November 2022   08:09 Diperbarui: 29 November 2022   08:20 619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan LIVEWORKSHEET dalam pembelajaran pada siswa Smk Plus Ysb Suryalaya tahun pelajaran 2021/2022

Oleh: Juanita Fauzia Zachra

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Keterampilan dasar Tindakan keperawatan adalah suatu disiplin ilmu yang sangat penting bagi dunia Pendidikan juga dunia Kesehatan yang menyangkut kehidupan Kesehatan manusia, mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang pada kehidupan nyata berhubungan dengan status sehat dan sakit manusia.  Begitu penting mata pelajaran tersebut sehingga suatu ketika  membuka pintu kelas, menemukan peserta didik sedang kacau. Ada yang duduk diatas bangku, ada yang menjadi seorang 'musisi' dengan memukul meja, ada yang menjadi pelukis dipapan tulis, ada yang bermain catur, ada yang sedang merayu seorang gadis, dan terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu (Grafura L, 2016).

Masih banyak masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran diantaranya peserta didik masih diluar kelas padahal, bel masuk sudah berbunyi, peserta didik baru kembali dari laboratorium/ moving class/bengkel/lapangan olahraga, peserta didik belum siap saat guru masuk kelas, peserta didik terlambat masuk, peserta didik banyak yang membolos, peserta didik masih dikantin padahal jam pelajaran sudah dimulai, peserta didik yang sering tidak masuk, peserta didik baru melaksanakan ulangan harian pada pelajaran sebelumnya, peserta didik yang tidak tertarik dengan materi gurunya, peserta didik tidak aktif didalam kelas, peserta didik sulit menerima pelajaran dari gurunya, peserta didik sulit menerima penjelasan dari gurunya, peserta didik update status saat pelajaran, peserta didik menggambar saat mata pelajaran gurunya, peserta didik sulit berinteraksi dengan lainnya, peserta didik tidak termotivasi, peserta didik ngobrol dengan temannya saat pelajaran berlangsung, peserta didik tidur saat pelajaran gurunya, peserta didik tidak bekerja dengan baik Bersama kelompoknya, peserta didik tampak mengantuk, peserta didik mengerjakan tugas pelajaran lain, peserta didik tidak memanfaatkan kesempatan untuk bertanya, peserta didik mengeluhkan materi dan cara mengajar gurunya, peserta didik kehilangan konsentrasi (Grafura L, 2016) serta sekelumit permasalahan kelas lainnya.

Percaya atau tidak terdapat fenomena menarik disekolah. Pertama, ada dua pandangan siswa terhadap institusi sekolah, yaitu sekolah menyenangkan karena adanya teman-teman dan sekolah terasa menyebalkan karena harus masuk kelas. Kedua, adanya perbedaan rasa antara guru dan peserta didik. Kedua pihak secara fisik memang selalu berkumpul dan bertemu diruang yang disebut kelas. Namun, sebenarnya mereka tidak berminat dan terpaksa untuk bertemu. Fenomena-fenomena inilah yang terjadi dibanyak sekolah termasuk di tempat saya sebagai guru mengajar di jurusan asisten keperawatan kelas XI jenjang sekolah Smk Plus Ysb Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Untuk mendukung program merdeka belajar yang dicanangkan oleh pemerintah maka pembelajaran harus berubah dari konvensional menjadi pembelajaran yang bermakna, salah satu cara untuk menyajikan pembelajaran yang bermakna maka diperlukan suatu media pembelajaran yang kekinian yang sesuai dengan perkembangan peserta didik pada jamannya, maka pilihan penulis jatuh kepada inovasi pembelajaran menggunakan liveworksheet. Dengan liveworksheet guru dan siswa dapat berinteraksi dengan adanya materi serta lembar kerja peserta didik yang dapat dikerjakan langsung oleh peserta didik, dan nilai otomatis yang akan didapatkan oleh gurunya serta diharapkan dengan penggunaan liveworksheet dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maka judul penelitian tindakan kelas ini adalah Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan LIVEWORKSHEET dalam pembelajaran pada siswa Smk Plus Ysb Suryalaya tahun pelajaran 2021/2022.

  • Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah sebagai berikut:

1. Apakah Minat belajar siswa kelas XI Asisten Keperawatan Pada Mata Pelajaran Keterampilan dasar Tindakan keperawatan dapat ditingkatkan melalui Metode Pembelajaran Pemanfaatan Liveworksheet dalam pembelajaran?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun