Mohon tunggu...
Yuniarto Hendy
Yuniarto Hendy Mohon Tunggu... Jurnalis - Dosen Bahasa Indonesia di Beijing

Youtube: Hendy Yuniarto

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Penjaga Penginapan

19 April 2020   20:31 Diperbarui: 19 April 2020   20:50 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Tapi mengapa masih banyak orang yang sepertiku?"

"Karena mungkin ia tak pernah berpikir dalam-dalam atau merasa tersesat"

"Kau harus tersesat untuk menjauhkan egomu ?" tanyaku terheran.

"Kau cukup berpikir dengan jernih untuk melihat kesederhanaan di sekitarmu"

"Terima kasih telah menunjukkan jalannya."

"Aku tak menunjukkan apa-apa. Kau sendiri yang datang ke sini dan ingin naik ke gunung itu." 

"Baiklah. Sekali lagi ku harus berterima kasih padamu. Kau akan menyalakan perapian untukku kan ?" tanyaku bercanda.

"Tentu. Juga akan kusiapkan kopi jika kau mau."

Kami pun masuk ke dalam penginapan, menghangatkan badan di depan perapian sambil mengobrol. Aku sangat mengagumi si penjaga penginapan dengan kesederhanaannya namun setia terhadap profesi yang ia kerjakan. Setiap hari ia mengurus penginapan dan melayani setiap pengunjungnya. Ia juga menemani setiap orang yang ingin mendaki gunung, bahkan sampai puncaknya. Terkadang ia pun juga mengikuti perlombaan sepeda sebagaimana hobinya sejak kecil. Kami bercerita banyak hingga hari ketiga menjelang cepat.

Sudah waktunya aku berpamitan padanya. Aku naik bus menuju kota melewati jalan yang sama. Sepanjang 6 jam perjalanan aku kembali muntah mabuk karena kondisi jalan yang rusak. Dalam perjalanan juga kembali kuingat tentang pengalaman mendaki gunung bersama seorang penjaga penginapan hingga akhirnya kumendapat pelajaran berharga. Gunugn yang kudaki memang tidak terlalu dikenal, bahkan untuk kebanyakan orang lokal sekalipun.

Nama gunung  tersebuat adalah gunung Siguniang yang berlokasi di provinsi Sichuan, Tiongkok selatan. Gunung ini dalam bahasa Inggris bernama four girls mountain atau four sisters mountain yang diterjemahkan langsung dari bahasa Mandarinnya. Angka empat pada nama tersebut mengacu pada empat puncak yang terdiri dari puncak Yaomei, puncak Sanguniang, puncak Erguniang, dan puncak Daguniang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun