Dalam perjalanan saya sebagai calon guru penggerak angkatan 9, ujian akhir modul 2.3 coaching dan supervisi akademik menjadi momen penting dalam mengukur pemahaman serta penerapan konsep-konsep kunci. Bagi saya, pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam soal post test tersebut menjadi tantangan yang membutuhkan pemikiran mendalam dan refleksi menyeluruh. Apakah Anda ingin mengetahui jawaban yang benar dan mendalami pemahaman mengenai coaching serta supervisi akademik? Mari kita telaah bersama-sama soal dan jawaban post-test modul ini guna menggali wawasan baru dan memperkaya perjalanan pembelajaran kita.
1. Fajar adalah seorang murid SMP yang sedang mengalami kesulitan belajar. Dia menceritakan bahwa semakin hari pembelajaran semakin susah, semakin banyak dan di rumah dia tidak bisa konsentrasi dan nyaman belajar. Orang tuanya di rumah memiliki usaha kecil yang bergerak dibidang pembuatan kopi bubuk. Suara bising yang dikeluarkan mesin penggiling kopi sangat mengganggu proses belajar Fajar di rumah.
Diantara pertanyaan berikut yang merupakan pertanyaan coaching yang mampu menggali potensi coachee adalah....
a. Bagaimana kamu menyikapi suasana bising yang ditimbulkan oleh suara mesin itu?
b. Apakah suara mesin penggiling kopi itu mengganggu belajarmu?
c. Apa hal-hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa konsentrasi belajar?
d. Mengapa kamu tidak belajar di tempat lain saja yang membuat kamu nyaman?
e. Apakah ada tempat lain yang membuat kamu nyaman belajar?
Jawaban Saya:
Pertanyaan coaching yang dapat menggali potensi coachee adalah sebagaimana contoh berikut:
"Bagaimana kamu menyikapi suasana bising yang ditimbulkan oleh suara mesin itu?"