Mohon tunggu...
informasi dan  berita smk
informasi dan berita smk Mohon Tunggu... Buruh - informasi dan berita smk

informasi dan berita smk

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenal Bagian-bagian Kapal Cargo

29 Agustus 2019   10:57 Diperbarui: 29 Agustus 2019   11:00 4045
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dunia ini sangat banyak jenis atau type kapal dan banyak juga terbuat dari berbagai bahan untuk membuat kapal dari kapal yang sederhana yang ada sejak dahulu kala hingga saat ini kapal perang canggih maupun kapal khusus untuk niaga, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagian-bagian kapal niaga yakni kapal kontainer.

Kapal adalah kontainer Terbuat dari baja dan material komposit dan kedua; mereka semua memiliki tiga bagian utama yaitu Navigasi jembatan, lambung dan ruang mesin. Sebuah kapal memiliki bagian yang terlihat dan tidak terlihat tetapi struktural. Sedangkan bagian kapal yang terlihat umum adalah; kemudi, jangkar, busur, lunas, akomodasi, baling-baling, tiang, jembatan, teluk kecil dan pendorong busur.

Di sisi lain bagian kapal yang tidak terlihat tetapi struktural terdiri dari; sekat, rangka, ruang muat, tangki hopper, double bottom, girder, cofferdams, cangkang samping, dll. Memahami konstruksi kapal sulit dan tidak mudah dengan istilah umum seperti depan, kiri, kanan dan belakang; jadi kita akan melihat beberapa istilah bahari umum yang digunakan di kapal. Untuk seseorang yang menghadapi busur (bagian paling depan dari kapal) untuk kapal yang bergerak; sisi ke tangan kirinya disebut port sedangkan di kanannya disebut kanan.

Berikut ini bagian-bagianya:

1. Jangkar

Jangkar adalah potongan logam berat yang melekat pada kabel rantai dan disimpan atau diamankan di pipa selang selama operasi pelayaran / kapal.hal Ini bisa bersifat permanen atau sementara dengan tambahan kelas jangkar laut. Semua kapal yang membawa jangkar adalah jenis sementara; karena mereka tidak selalu terpaku pada posisi yang sama dan seringkali diturunkan pada posisi yang berbeda tergantung kebutuhan. Bersama-sama dengan kabel rantai, perangkat penghubung, mesin kerek dan penghenti rantai disebut jangkar gigi.

Sebuah jangkar terbuat dari lima bagian utama; betis, mahkota, stok, seruling dan cincin tersandung. Shank adalah struktur batang tetap yang dilengkapi oleh seruling oleh pin tersandung yang melewati lubang shank. Bersama; struktur penghubung ini bersama dengan tumpukan (Bilah palang yang membantu memutar jangkar untuk membantu seruling menggali ke dalam tanah) dikenal sebagai jangkar mahkota. Kebetulan pada rasa hormat adalah bagian kunci dari sebuah jangkar yang benar-benar menggali jauh ke dalam tanah untuk menahan kapal di tempatnya.

Fungsi: saat sebagian besar kapal bergerak dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya banyak yang harus menunggu di luar untuk mendapatkan tempat berlabuh. Dengan meningkatnya pengiriman dari waktu ke waktu dan semakin banyak kapal, menjadi semakin lama menunggu untuk berlabuh. Jadi cara untuk mengamankan mereka di tempat melawan kekuatan alam seperti angin dan arus pasang surut; jangkar digunakan di turunka dari kapal. Mereka bertindak sebagaipenahan  yang mengamankan mereka ke tempat tertentu dengan masuk jauh ke dasar laut dan berat rantai bersama dengan kekuatan yang dihasilkan menjaga kapal tetap di tempatnya.

2. Busur

Busur adalah bagian terdepan dari sebuah kapal yang membelah air di sepanjang sisinya saat kapal berlayar. Dua syarat utama untuk busur adalah memiliki; seret minimum yang mungkin atau yang disebut resistensi antara air dan lambung kapal dan harus cukup tinggi untuk menghindari percikan air agar mudah di atasnya. Dalam semua jenis busur yang berbeda yang diuji sejauh ini dalam sejarah hanya segelintir dari mereka yang lulus ujian waktu; busur bulat, busur terbalik dan busur kapak.

Busur bulat adalah busur yang akan kalian lihat di sebagian besar kapal termasuk yang digunakan untuk pengiriman kapal niaga kontainer. Hal ini dapat diidentifikasi dengan mudah dengan bentuk seperti bola yang menonjol di bawah garis air; dan memiliki keuntungan peningkatan efisiensi bahan bakar kapal sebesar 10 hingga 15 persen. Di sisi lain, kapal dengan desain busur terbalik memiliki bagian lambung dan busur; terbalik seperti kapal selam dengan garis air yang diperpanjang. Ini di satu sisi meningkatkan tarikan airnya sementara di sisi lain membatasi daya apung cadangan dan kecepatannya dalam cuaca buruk.

Fungsi: Untuk mengurangi kekuatan negatif serupa pada tubuh kapal; haluan ditempatkan di kapal membantu propulsi mudah.

3. Busur pendorong

Bow thruster adalah sejenis baling-baling yang dipasang di kedua sisi busur kapal. Ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan manuver kapal di perairan yang padat di bawah kecepatan sangat lambat seperti di kanal atau di dekat pelabuhan. Untuk sebagian besar desain, kalian hanya akan menemukan terowongan yang melewati busur dengan impeller. Untuk tampilan yang berbeda ini; busur pendorong juga disebut sebagai pendorong terowongan. Impeller dapat berputar di kedua arah; searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam menghasilkan kemampuan dorong dua arah.

Memiliki busur pendorong sangat mempengaruhi keseluruhan biaya operasional kapal dengan mengurangi sebagian biaya pelabuhan untuk kapal tunda (Kapal kecil yang digunakan oleh otoritas pelabuhan untuk membantu dengan aman merapat kapal) bantuan. Untuk kapal yang memiliki busur pendorong, diperlukan tkalian yang tepat di kedua sisi di atas garis air. Pendorong ini sebagian besar bertenaga listrik menggunakan penggerak utama yang terpasang pada poros impeller menggunakan rakitan gigi bevel. Untuk beberapa kapal mereka juga diberdayakan secara hidrolik di mana opsi listrik tidak mungkin atau tidak layak.

Fungsi: kapal bermanuver menggunakan tenaga penggerak dan variasi sudut kemudi. Kemudi adalah struktur seperti pisau yang terletak di belakang baling-baling yang bergerak secara horizontal melintasi medium untuk mengarahkan sebuah kapal. Sudut kemudi diubah oleh nilai untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan dalam arah kapal. Tetapi bagaimana jika kecepatan kapal terlalu lambat untuk dikendalikan secara efektif oleh sudut kemudi? Di sinilah busur pendorong datang ke gambar membantu kapten untuk mengarahkan kapal bahkan pada kecepatan yang sangat rendah.

4. Akomodasi

Disini adalah tempat di kapal tempat kru tinggal. Bersama-sama dengan kantor, kabin kru, tempat gym, ruang sholat (Beberapa kapal), salon, ruang rekreasi, binatu, dan dapur adalah jantung dari sebuah kapal di samping ruang mesin dan jembatan. Salon di atas kapal adalah area umum atau ruang tinggal bagi awak, penumpangnya, dan otoritas kunjungan mana pun untuk berinteraksi; dan sering termasuk ruang bersama dan ruang makan. Di sisi lain dapur hanyalah istilah bahari untuk dapur; di mana makanan disiapkan.

Menjadi salah satu bagian penting dari kapal; akun akomodasi untuk sistem utama yang ada di kapal termasuk; sistem air tawar, sistem pendingin , sistem pembuangan sampah, instalasi pengolahan limbah dan pendingin udara untuk blok akomodasi. Menurut hukum maritim internasional dan lokal negara bendera, diperlukan akomodasi semua kapal termasuk; kapal penumpang, kapal kargo, kapal penyelamat, kapal tunda dan kapal keruk di atas garis muatan musim panas terletak di belakang atau di tengah kapal struktur kapal.

Fungsi: Suatu akomodasi bertanggung jawab atas ruang hidup kapal. Di bawah konvensi perburuhan maritim (MLC 2006-2007); undang-undang diharuskan untuk menyediakan fasilitas akomodasi yang memadai bagi awak kapal dan petugas beserta fasilitas rekreasi yang tepat. Dalam hal ini dinyatakan memiliki ketentuan yang tepat untuk keselamatan, akomodasi, kesehatan, dan kecelakaan awak kapal. Sekarang diperlukan akomodasi di rumah sakit, ventilasi yang layak, penerangan, ruang kepala, pemanasan dengan ukuran kabin awak yang memadai.

5. Dek kapal

Dek adalah lantai atau penutup untuk struktur lambung sebuah kapal. Sebuah kapal dapat memiliki geladak yang berbeda di bagian atau bagian kapal yang berbeda; yaitu dek atas dan bawah atau dek 1, dek 2 dan dek 3 secara berurutan ke bawah. Apa artinya itu; dek paling atas terkena cuaca disebut dek utama atau dek cuaca. Tingkat dan lantai di bawah dek cuaca disebut dek 1, sedangkan satu di bawah dek 1 disebut dek 2 dan seterusnya. Di sisi lain deck atau lantai yang tidak memanjang dari belakang ke depan umumnya disebut sebagai level.

Berdasarkan posisi dan level dek kapal dapat dibagi menjadi enam jenis utama; dek utama, dek kotoran, dek atas, dek bawah, dek cuaca dan Foredeck. Dek utama di kapal yang membentang sepanjang disebut dek utama. Untuk sebagian besar kapal itu juga dek paling atas dan disebut juga dek atas; tetapi dalam perang kapal itu dek terpisah di bawah dek atas. Dek di bawah geladak atas disebut geladak bawah sedangkan setiap bagian kapal yang terpapar cuaca terbuka disebut geladak.

Fungsi: dek adalah pesawat yang memegang struktur lambung yang menyediakan lantai sel yang berbeda untuk kapal. Pekerjaan lain yang dilakukannya adalah menyediakan ruang dan lantai untuk peralatan dan orang-orang untuk berdiri dan bekerja sambil melindungi mereka dari cuaca luar.

6. Lambung Kapal

Lambung kapal adalah bagian kapal yang memanjang di bawah garis air untuk menutupi dan melindungi air agar tidak masuk. kalian dapat menganggapnya sebagai cangkang yang melindungi harta karun di dalam dari lingkungan luar. Segala sesuatu yang disimpan dan terletak di dalam struktur kapal utama dilindungi dan dilindungi oleh lambung kapal. Ini termasuk bagian-bagian kunci kapal seperti busur, geladak, lunas bawah dan kedua sisi kapal. Mereka terdiri dari serangkaian pelat yang disambungkan bersama-sama yang disebut taruhan bersama dengan anggota struktural lainnya seperti pelapisan.

Pengaku terdiri dari bagian-bagian struktural seperti kerangka memanjang dan melintang, kekakuan sekat, balok utama dan balok. Sedangkan pelapisan kapal terutama terdiri dari platting dek bersama dengan bottom, sekat dan side platting. Lambung kapal dirancang sedemikian rupa untuk menawarkan ketahanan minimum terhadap air, layak dan ekonomis untuk dibangun tanpa kehilangan ruang kargo yang sangat dibutuhkan. Seseorang dapat dengan mudah menghitung dan meningkatkan efisiensi keseluruhan dari perhitungan kapal dan mengurangi resistensi lambung terhadap pergerakan kapal.

Fungsi: Terbuat dari baja, peran utama lambung kapal adalah untuk menjaga integritas kedap air dan mengurangi hambatan air. Maka lambung memainkan peran utama dalam menentukan efisiensi keseluruhan kapal. Kapal lambung dengan demikian dilapisi dengan cat khusus yang tidak hanya mengurangi gesekan gesekan tetapi juga menghindari pertumbuhan laut yang selanjutnya meningkatkan resistensi terhadap gerakan kapal. Dengan demikian lambung kapal dibersihkan dan dicat ulang dengan lapisan khusus selama operasi dok kering.

7. Keel

Lunas adalah bagian dari lambung kapal yang bertanggung jawab untuk memberikan kekuatan pada struktur kapal; menyebarkan stres dan memuat secara merata di sepanjang sisi longitudinalnya. Karena sifatnya ini untuk menahan dan mendukung struktur kapal, sering disebut sebagai tulang punggung kapal. Secara sederhana ini memberikan stabilitas pada kapal dan meningkatkan kecepatan efektifnya. Pengenalan lunas dalam pengiriman mengurangi banyak pekerjaan mengenai menstabilkan struktur kapal.

Ini pertama kali diketahui digunakan oleh viking untuk mengurangi pergerakan lateral kapal mereka pada saat itu. Lunas tidak lain adalah plat tebal yang membujur melintasi kapal dari buritan ke buritan; melewati garis tengah struktur dasar kapal. Ada tiga jenis utama lunas yang digunakan dalam industri kelautan; lunas datar, lunas saluran dan lunas bar. Flat lunas digunakan di semua kapal besar yang beroperasi; bar lunas digunakan ketika kapal harus bekerja di air dangkal sementara lunas saluran lebih disukai untuk kapal lepas pantai dan tanker lambung gkalian.

Fungsi: Menjadi salah satu bagian penting dari kapal; ini membantu menstabilkan dan mendukung struktur kapal. Ini juga memainkan peran penting meningkatkan kecepatan efektif kapal. Dengan perpindahan kapal tergantung pada kedalaman lunas dari garis air; akan membantu untuk mengukur draf dan cadangan daya apung kapal.

8. Freeboard

Freeboard terdiri dari bagian lambung kapal yang terletak di atas garis air. Ini adalah jarak antara geladak atas kapal dan titik garis air. Freeboard kapal tidak diperbaiki tetapi tergantung pada jumlah muatan yang dibawanya. Diperlukan setiap saat untuk mempertahankan freeboard minimum setiap saat untuk menghindari kapal tenggelam. Dengan demikian untuk memastikan keamanan kapal di laut; penkalianan garis beban digunakan untuk memastikan kemungkinan draft maksimum untuk perjalanan yang aman.

Jarak antara geladak atas dan jalur muat menyumbang freeboard minimum sebuah kapal. Di bawah konvensi internasional tentang saluran beban (ICLL 1966); diwajibkan oleh hukum untuk mempertahankan freeboard minimum setiap saat. Ini membatasi jumlah muatan yang dapat dimuat oleh kapal. Secara hukum, kapal diwajibkan untuk memuat hanya sampai tkalian garis pemuatan untuk jenis air yang ditentukan. Oleh karena itu adalah suatu keharusan bagi kapal untuk memiliki tkalian garis muatan yang tepat di tengah kapal di kedua sisi lambung kapal.

Fungsi: Peran freeboard di antara berbagai bagian kapal adalah untuk menjaga stabilitas kapal dan menghindarkannya dari tenggelam. Di bawah ICLL 1996 (Konvensi internasional tentang jalur muatan) setelah penkalianan garis muatan dipasang di lambung kapal; Air Tawar Tropis, Air Tawar, Tropis, Musim Panas, Musim Dingin dan Musim Dingin Atlantik Utara. Jalur pemuatan ini memastikan bahwa kapal memiliki freeboard minimum yang cukup setiap saat untuk pelayaran yang aman.

9. Ruang Mesin

Ruang mesin adalah rumah kekuatan kapal yang terletak di dek paling bawah di belakang kapal. Ini berisi mesin-mesin penting seperti mesin utama, mesin bantu (Alternator), poros, ketel, generator air tawar, kompresor udara, kalor, pemurni, insinerator, pompa, penukar panas, mesin bengkel dll. Jika kalian bertanya kepada pelaut tentang ruang mesin, hal pertama yang mungkin dia katakan; panas, berisik, dan penuh getaran. Suhu rata-rata ruang mesin selalu di atas 45 derajat celcius.

Semua mesin di ruang mesin dipisahkan dengan baik di berbagai tempat di tiga dek berbeda yang disebut utilitas dek, dek cuaca, dan dek mesin. Dengan semua propulsi dan mesin bantu dipasang di tempat itu juga disebut sebagai jantung kapal. Semua mesin dalam mesin dapat dikontrol dari ruang kontrol yang disebut Engine control Room atau ECR. Ini adalah satu-satunya tempat di ruang mesin di mana kalian akan mendapatkan bantuan dari suhu panas dan banyak kebisingan.

Fungsi: Peran utama ruang mesin adalah untuk menahan semua mesin utama dan alat bantu yang diperlukan untuk berbagai operasi di kapal. Pada dek satu biasanya memiliki panel kontrol untuk generator diesel dan pompa, bengkel, ruang penyimpanan, tangki pengendapan, tangki layanan, tangki ekspansi air tawar, platform gas inert, kompresor udara dek, botol udara dll. Pada dek dua mengandung; Pemanas bahan bakar minyak, purifiers, boiler, kompresor udara utama, generator diesel, generator air tawar dll. Sementara deck 3 terutama terdiri dari mesin utama, pendingin pendukung yang berbeda, pemisah air berminyak dll.

10 Saluran (Corong)

Corong adalah tempat gas buangan dilepaskan ke atmosfer. kalian bisa menganggapnya sebagai cerobong asap kapal. Sejak diperkenalkannya kapal mekanik; itu telah menjadi bagian integral dari struktur kapal. Penampang atau lebar corong ini sangat tergantung pada jumlah ruang knalpot yang dihasilkan. Pada hari-hari awal pengiriman, kapal ini digunakan untuk melepaskan semua yang dipancarkan oleh kapal; tetapi saat ini digunakan dalam batas-batas emisi terkontrol dengan pengumpulan pucuk di tempat untuk mengurangi polusi.

Semua pucuk yang dikumpulkan di tangki pengumpulan pucuk kemudian dibuang ke otoritas pelabuhan. Jika tidak mungkin mereka dibuang ke laut melalui eductor yang merekam waktu dan jumlah dalam buku catatan sampah. Jika kalian melihat dari dekat dengan cermat; akan menemukan bahwa corong ini sebenarnya tidak lurus tetapi cenderung miring. Ini dilakukan dengan sengaja untuk membantu aliran gas buang jauh dari jembatan navigasi dan dek kapal.

Fungsi: Menjadi salah satu bagian dari kapal, fungsi corong adalah melepaskan gas buang yang diproduksi di ruang mesin dengan aman ke atmosfer luar. Bersama dengan gerak maju kapal dan kecenderungan corong ke arah buritan; gas buang mudah dipindahkan dari kapal menghindari kemungkinan rintangan untuk navigasi kapal.

11. Jembatan Navigasi

Jika ruang mesin adalah jantung dari kapal; jembatan navigasi adalah otaknya. Ini adalah platform luas di atas akomodasi tempat kapal dikendalikan. Mereka sering kali dibantu dengan lorong sempit tambahan yang disebut sayap jembatan; untuk memungkinkan pkalianngan yang lebih luas dan lebih baik dari luar untuk melakukan manuver kapal dengan aman. Bagian utama jembatan dari mana kapal dikendalikan dan dikemudikan disebut rumah pilot. Menurut aturan dan regulasi maritim itu harus dibangun sedemikian rupa sehingga; itu memberikan pkalianngan yang jelas dari 120 0 port ke 120 0 kanan dari posisi conning.

Ini adalah posisi di jembatan navigasi dari mana petugas jaga memerintahkan, memantau dan melakukan manuver kapal. Dalam kondisi normal, seorang pelaut yang mampu hadir bersama petugas jaga di jembatan navigasi. Di bawah manuver berbahaya atau dekat pelabuhan; Kapten hadir di ruang navigasi dengan membantu petugas tugas, pelaut yang mampu dan seorang pilot (Jika disediakan). Jembatan kapal dilengkapi dengan peralatan termasuk; giroskop, radar, kompas magnetik, pilot otomatis, sonar, indikator sudut kemudi, GPS, kapal tanduk, lampu navigasi, bendera pemberi sinyal dll.

Fungsi: Keluar dari berbagai bagian kapal; fungsi jembatan navigasi adalah menyediakan ruang yang luas bagi petugas untuk mengawasi dan bermanuver dengan aman. Ia juga memiliki peralatan dan kontrol yang diperlukan untuk mengubah kecepatan dan arah kapal sambil memantau kondisi di luar laut dan membangun sarana komunikasi yang tepat.

13. Prakiraan dan Navigasi

Ramalan adalah bagian terpenting dari kapal. Ini menyumbang bagian depan dek atas kapal dan tidak lebih dari 7% dari total panjang dek. Hal ini dapat dengan mudah diidentifikasi pada struktur kapal dengan kenaikan mendadak di dek depan dekat haluan kapal. Pada hari-hari sebelumnya, ramalan sebuah kapal digunakan untuk tujuan khusus mengambil posisi defensif oleh prajurit di kapal militer. Hari-hari ini paling banyak digunakan untuk memegang dan mengamankan bagian-bagian kapal utama.

Ini adalah selang untuk alat jangkar dan ground tackle dengan bagian-bagian termasuk tetapi tidak terbatas pada; mesin kerek, pipa haws, rantai jangkar, blok rantai, rel terbuka, flensa geladak, kotak persneling, motor hidrolik, jangkar, tonggak dan foremast. Ini adalah bagian yang paling sering digunakan untuk operasi penahan dan memeriksa atau memelihara lampu navigasi di masa depan.

Fungsi: Menjadi salah satu bagian struktural utama kapal; peramalan atau bagian terpenting dari dek depan itu memegang semua peralatan yang diperlukan untuk operasi penahan. Di kapal angkatan laut selain memegang alat penahan dan peralatan, peramalan juga memegang posisi senjata defensif strategis.

14. Baling-baling

Ini adalah kipas seperti perangkat mekanis dengan bilah yang dipasang di poros. Berputar dengan poros untuk menghasilkan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk mendorong kapal. Baling-baling kapal menghasilkan gaya dorong ini dengan mengubah energi rotasi bilahnya menjadi energi tekanan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan perbedaan tekanan yang dihasilkan pada sisi pisau dekat dan jauh untuk mendorong air ke samping. Bersama dengan bagian-bagiannya; hub, pisau dan wajahnya menghasilkan dorongan yang diperlukan untuk propulsi menggunakan hukum gerak newton ketiga.

Hukum ketiga Newton tentang gerak menyatakan bahwa; untuk setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan. Baling-baling kapal mendorong air mundur menciptakan gaya resultan dengan kekuatan yang sama besarnya yang membuat kapal bergerak maju. Baling-baling adalah bagian dari sistem penggerak kapal yang meliputi; mesin porosnya (termasuk poros baling-baling & menengah) dan baling-baling. Menjadi salah satu bagian penting dari kapal; baling-baling terbuat dari paduan non korosif seperti aluminium dan perunggu mangan.

Fungsi: Fungsi baling-baling di kapal adalah untuk memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk mendorong kapal. Baling-baling dapat dibagi dalam empat jenis utama berdasarkan jumlah bilahnya; sedangkan dua tipe utama berdasarkan pitch-nya. Berdasarkan pitchnya baling-baling dapat berupa bilah pitch tetap atau baling-baling pitch yang dapat dikontrol. Demikian pula berdasarkan jumlah bilahnya; dapat terdiri dari tiga bilah, empat bilah, lima atau enam jenis bilah.

15. Kemudi

Jika baling-baling adalah bagian-bagian kapal yang mendorong, maka kemudi adalah yang membuatnya dikemudikan. Terletak di belakang baling-baling; itu adalah struktur berongga datar yang bergerak dari port ke kanan memutar porosnya untuk membantu mengarahkan kapal. Kemudi terdiri dari bagian-bagian seperti; batang kemudi, bilah kemudi utama, flap bergerak, sistem engsel, sambungan dan bantalan pembawa kemudi. Kemudi mengarahkan kapal mengikuti newton hukum gerak ketiga mirip dengan baling-baling.

Ini bergerak ke arah yang menghasilkan resistensi terhadap aliran air yang memaksa mereka untuk pindah ke sisi lain. Dalam proses ini ia menghasilkan kekuatan yang sangat dibutuhkan bagi kapal untuk mengubahnya ke sisi berlawanan dari aliran air yang diubah. Berdasarkan konstruksinya, kemudi dapat seimbang, semi seimbang dan tidak seimbang. Rudder yang seimbang adalah kemudi yang memiliki lebih dari 20% bagiannya maju ke poros beloknya. Demikian pula semi seimbang adalah yang memiliki kurang dari 20% bagiannya di luar atau maju ke poros beloknya; sementara tidak ada untuk jenis kemudi yang tidak seimbang.

Fungsi: Kemudi adalah bagian-bagian kapal yang membuatnya menyetir. Pergerakan kemudi dikendalikan oleh sistem perangkat kemudi. Kemudi harus mampu bergerak dari port 35 derajat ke kanan 35 derajat; dengan kemampuan setir untuk bergerak dari 35 derajat di satu sisi ke 30 derajat di sisi lain dalam waktu tidak lebih dari 28 detik.

16. Tiang

Tiang adalah struktur kapal vertikal yang dipasang di atas jembatan dan meneruskan prakiraan ke arah haluan kapal. Ini menyumbang platform dukungan untuk derek kapal dan memegang peralatan yang diperlukan seperti radar, lampu navigasi, dan klakson kapal dalam kasus foremast. Mereka terbuat dari baja tarik tinggi dengan kekakuan tambahan berdasarkan ukuran derek yang dimilikinya. Selain itu tiang utama kapal juga digunakan untuk mengibarkan bendera kapal.

Fungsi: terdiri dari berbagai bagian kapal, tugas utama mast adalah memegang peralatan yang diperlukan seperti penerima radar, lampu navigasi, klakson kapal, bendera, dan derek dalam beberapa kasus.

Nah itulah teman teman informasi mengenai bagian bagian kapal cargo kontainer yang ada, diharapkan untuk para siswa-siswi smk pelayaran khususnya jurusan teknika kapal niaga maupun nautika kapal niaga dapat lebih wawasan pengetahuan tentang kapal kapal yang ada agar mereka siap bersaing dalam dunia kerja.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun