Mohon tunggu...
fauziah utami
fauziah utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Teknologi Digital

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peluang Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

16 Mei 2024   10:03 Diperbarui: 16 Mei 2024   10:07 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Strategi promosi menjadi sebuah hal wajib yang dilakukan oleh segenap pelaku usaha karena salah satu cara untuk bisa memperkenalkan produknya agar dikenal oleh masyarakat luas. Dengan melakukan strategi promosi yang baik dan berhasil dampak  yang dapat dilihat adalah dengan meningkatnya penjualan yang hasil akhirnya adalah mendapatkan omzet sebanyakbanyaknya. Tentu setiap pelaku usaha memiliki cara uniknya masing-masing untuk melakukan strategi promosi demi memperkenalkan produknya demi keberlangsungan usaha.

1. Promosi

A. Definisi Promosi

Promosi adalah  bagian kecil dari proses pemasaran yang berisi tentang  upaya untuk menwarkan dan menarik calon pelanggan dengan tujuan untuk menarik calon pelanggan untuk membeli atau menggunkannya. Diharapkan strategi ini dapat meningkatkan penjualan.

Menurut Ibrahim (2021) promosi adalah suatu aktivitas dua cara yang dilakukan oleh perorangan atau sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memperkenalkan atau barang atau jasa atau merek sebuah perusahaan kepada masyarakat luas dan sekaligus mengajak masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa atau merek tersebut. Promosi juga merupakan kegiatan pemasaran yang berisi informasi tentang sebuah produk dan mendorong pembeli untuk menggunakan produk tersebut yang di lakukan oleh pemasar. Cara dalam melakukan promosi pun banyak bentuknya dan makin  berkembang dari waktu ke waktu.

B. Peran Promosi

Berikut ini adalah beberapa peran pemasaran yang dapat diketahui, sebagai berikut menurut Sayyid (2020)

  • Perusahaan mendapatkan infomasi lengkap tentang konsumen, pesaing atau kompetitor, dan saluran distribusi yang dibutuhkan berkaitan dengan pengambilan keputusan dalam menentukan sebuah keputusan untuk menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan. 
  • Strategi penjualan yang diinginkan menyesuaikan produk dengan
  • kebutuhan pelanggan, bisa melalu media sosial, promosi, personal selling, atau iklan.
  • Perusahaan dapat menjamin distribusi sehingga dapat memudakan pelanggan untuk mendapatkan dan mengakses produk yang diinginkan.
  • Perusahaan mampu menjamin kehigienisan dan keamanan produk sehingga dapat dipasarkan dengan tepat waktu.
  • Perusahaan mampu menjaga kualitas pengendalian produk baik secara kualitas maupun kuantitas melalui berbagai variabel sebagai standar pengelompokan.
  • Perusahaan dapat menjamin jumlah produk yang ada dipasaran sehingga sesuai dengan permintaan dan untuk mengimbangi perilkau konsumen yang memiliki kecenderungan panic buying di kondisi tertentu.
  • Perusahaan mampu memberikan kemudahan dalam transaksi baik di tingkat distributor maupun konsumen.
  • Perusahaan mampu menghadapi situasi dan resiko  terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada masa yang akan datang.

C. Bauran Promosi

Berikut ini adalah Nursaimatussaddiya dan Cia C.C (2022) antara lain:

Periklanan (Advertising): salah satu cara pemasaran yang sekarang banyak dipakai oleh semua perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya. Peranan dari periklanan dalam pemasaran jasa adalah untuk menumbuhkan kesadaran (awerness) pelanggan terhadap keberadaan layanan yang ditawarkan, lalu untuk menambah pengetahuan pelanggan  terhadap layanan yang ditawakan, untuk  menawarkan calon pelanggan untuk menggunakan layanan tersebut, dan yang terakhir adalah untuk membedakan dengan kompetitor.

Penjualan personal (personal selling): merupakan persentasi pribadi yang dilakukan oleh pemasar sebagai staf penjualan bertujuan untuk mensukseskan penjualan juga untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun