Mohon tunggu...
Erni Sarif
Erni Sarif Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Menulis dari Hati akan menghasilkan karya yang Luar Biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2019 Lengkap

24 Oktober 2019   16:20 Diperbarui: 24 Oktober 2019   16:35 3623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                 : SMPN 07 Satu Atap Satui
Mata pelajaran      : Matematika
Kelas/Semester      :VII/ GANJIL
Alokasi Waktu       : 2 JP (80 menit)

Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)Indikator  dan Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan  dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.3.2.4 Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan4.2.4.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan Biasa.

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan IV
1.Diberikan dua bilangan pecahan biasa , peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan bilangan pecahan biasa  dengan benar.
2.Diberikan dua bilangan pecahan biasa , peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan bilangan pecahan  biasa dengan benar.
3.Diberikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan pecahan biasa , Peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.
4.Diberikan masalah kontekstual  yang berkaitan dengan pengurangan bilangan pecahan biasa , Peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.

Fokus Karakter
Disiplin
Peduli

Materi Pembelajaran

Fakta Untuk materi Penjumlahan dan Pengurangan bilangan pecahan  lambang-lambang yang digunakan adalah :
Simbol a dan  c digunakan untuk pembilang
Simbol b digunakan untuk penyebut

Konsep
Pengertian Bilangan Bilangan pecahan
Bilangan bilangan pecahan  adalah bilangan yang dapat dinyatakan dengan a/b dengan a dan b bilangan bulat dan b 0 , a : pembilang dan b : penyebut.
Pengertian Penjumlahan Bilangan pecahan biasa
Penjumlahan bilangan pecahan biasa merupakan operasi dasar aritmatika yang menjumlahkan dua buah bilangan bilangan pecahan biasa  menjadi sebuah bilangan bilangan pecahan biasa
Pengertian Pengurangan Bilangan pecahan biasa
Pengurangan Bilangan pecahan biasa  merupakan operasi dasar aritmatika yang mengurangkan dua buah bilangan bilangan pecahan biasa menjadi sebuah bilangan bilangan pecahan biasa.

 Prinsip
Misalnya a/b+  c/b = (a+c)/b , untuk a, b, dan c bilangan bulat dan b 0
Untuk sebarang a/b  dan  c/b dengan b 0, berlaku a/b-  c/b  = (a-c)/b

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun