Mohon tunggu...
Engla Disa Ramadani
Engla Disa Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1

Halo, Nama saya Engla Disa Ramadani, panggil saja Engla. Terima Kasih.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Adaptasi Pembelajaran di Era Digital bagi Orang Dewasa

17 Desember 2022   21:58 Diperbarui: 17 Desember 2022   22:01 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Engla Disa Ramadani 

engladisaramadani17@gmail.com

 

Abstrak 

Pendidikan sepanjang hayat adalah pendidikan yang didapatkan mulai dari baru lahir sampai meninggal. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Orang dewasa yang memiliki motivasi dari dirinya sendiri untuk berubah. Apalagi di era digital saat ini semuanya serba cepat. Orang dewasa yang masih gagap teknologi dan masih belum bisa memfilter berita hoax. Sering ditemukan orang dewasa yang membagikan berita yang tidak pasti kebenarannya. Maka pentingnya mengatur strategi, prinsip, mengetahui karateristik orang dewasa, model pembelajaran di era digital, dan inovasi belajar di era digital. 

Kata Kunci: Pendidikan, Orang dewasa, Era Digital

 

Belajar pada hakikatnya dirasakan oleh semua orang, mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa. Bagian terpenting dalam pembelajaran untuk orang dewasa ialah konsep pendidikannya atau disebut (andragogi). Dengan menggunakan konsep ini, jadi kegiatan atau usaha pembelajaran orang dewasa dalam lingkungan pembangunan atau realisasi pencapaian cita-cita pendidikan sepanjang hayat bisa dimiliki dengan dukungan konsep spekulasi atau memakai teknologi yang bisa dikomitmenkan (Yusri, 2013). Pada saat sekarang ini manusia tidak terlepas dari penggunaan internet. Menggunakan internet sudah sebuah kebutuhan dalam setiap kegiatan yang bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Namun, banyaknya beredar infomasi tidak benar atau seringkali disebut hoax mengharuskan orang dewasa agar dapat membedakan informasi mana yang benar dan mana yang hoax. Orang dewasa kehidupannya telah dipengaruhi oleh teknologi, sehingga 'gagap teknologi' akan membuat tertinggal dalam mendaptkan informasi, dan bakal ketinggalan untuk menuju ke arah yang lebih maju (Wahono et al., 2020). 

Di era digital teknologi bertambah canggih dan berkembang semakin laju, sehingga menuntut orang dewasa juga dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini. Maka dari itu, orang dewasa membutuhkan pembelajaran terkait perkembangan teknologi saat ini agar tidak tertinggal dan dapat menyesuaikan diri. Sehingga pentingnya mengetahui strategi pendidikan bagi  orang dewasa, prinsip pembelajaran orang dewasa, karakteristik orang dewasa, dan inovasi pembelajaran di era digital yang dapat digunakan orang dewasa dalam pembelajaran. 

A. Strategi Pembelajarani Warga Belajar (Orang Dewasa) 

Berdasarkan pendapat William F. Glueck dan Lawarence Jauch, yang diartikan dengan strategi ialah sebuah kiat yang dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran. Sementara itu, pendapat Djamarah strategi ialah suatui garis-garis besar haluan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Dengan strategi yang akan dilakukan menjadi lebih terstruktrur. Dick and Carey menyebutkan bahwa sebuah kiat terdapat satu unsur pembelajaran terdapat tiga tahap, yaitu: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun