Mohon tunggu...
Edy Susilo
Edy Susilo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sejak tahun 1993 menjadi Penyusun soal UASBN 2007,2008,2009,Guru dan kepala Sekolah prestasi, Instruktur Nasional Guru Pembelajar,Tim penilai Siswa Prestasi,Kordinator Penulis soal Olimpiade IPA SD Bengkulu Utara,Ketua KKKS dan PGRI Hulu Palik,Advokasi Kurikulum Merdeka Bengkulu Utara,Pengajar Praktik pada Program Guru Penggerak angkatan 7 Fasilitator PGP 16

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lembar Peta Aktivitas Lokakarya 2

8 Februari 2023   21:37 Diperbarui: 8 Februari 2023   21:43 14948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LEMBAR PETA AKTIVITAS LOKAKARYA 2

NAMA                         : 1. Edy Susilo   

LOKAKARYA             : 2

TUJUAN AKTIVITAS LOKAKARYA.

  • Peserta dapat menjelaskan perkembangan/kemajuan prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain
  • Peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di sekolah (Aksi Nyata modul 1.4) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain
  • Peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positif 
  • Peserta dapat menunjukkan kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan Kelas

 

WAKTU LOKAKARYA.

 

Setelah pendampingan Individu 2

 

 

AKTIVITAS LOKAKARYA

PELAPORAN/PENILAIN

PERAN PENGAJAR PRAKTIK

PERAN CGP

Jawablah pertanyaan pemantik berikut,

  • Bahan apa yang digunakan oleh Pengajar Praktik dalam Pendampingan Lokakarya ini?
  • anitia Dinas Pendidikan setempat yaitu sarana, prasarana, alat,bahan dan dokumen cetak 
  • a. Sarana prasarana 
  • Ruangan/kelas pertemuan yang cukup nyaman bagi seluruh peserta dengan desain Cabaret Style 
  • atau U-Shapes (dengan meja)
  • Proyektor
  • Layar proyektor
  • Papan Pleno
  • Audio 
  • Laptop
  • b. Alat/Bahan
  • Spidol marker 
  • spidol warna-Warni
  • Post-it (Oranye, biru, kuning, hijau)
  • Lakban kertas 
  • Flipchart/kertas plano
  • Lembar Kerja Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif 
  • Lembar Praktik Keyakinan kelas 1-5 
  • Panduan praktik Keyakinan kelas 1-5 
  • Lembar kasus A,B,C segitiga restitusi (Guru) 
  • Lembar Kasus A,B,C segitiga restitusi (Murid) 
  • Panduan Observasi dan Refleksi Segitiga Restitusi 
  • Lembar Absens
  • Apa yang dilakukan oleh Pengajar Praktik pada pendampingan Lokakarya ini?

PEMBUKAAN & ICEBREAKING (10')

Persiapan:

Pastikan laptop tersambung ke proyektor dan layar

Pastikan slide pemandu dapat ditampilkan di layar

Pelaksanaan:

[Tayangkan slide 2]

 

Mulai pelatihan 

  • dengan sapaan hangat dan bersemangat. Ingat bahwa Bapak-Ibu menjadi role-model akan semangat peserta. Berikan ucapan:
  • Selamat pagi, Bapak-Ibu! (Apa kabarnya?
  • Senang rasanya bisa melihat wajah Bapak-Ibu kembali di Lokakarya kedua!)

 

  • Pengajar Praktik membuka sesi dengan menyampaikan tujuan sesi sebelum  memberikan gambaran mengenai aktivitas pada sesi ini
  • Pengajar Praktik membagi Calon Guru Penggerak menjadi 3 kelompok
  • Pengajar Praktik mempersilakan Calon Guru Penggerak untuk bergabung dengan kelompoknya 

INSTRUKSI AKTIVITAS DALAM KELOMPOK (10')

  • Persiapan:
  • Pastikan Calon Guru Penggerak terbagi dalam 3 kelompok (sesuai dengan 
  • jumlah Pengajar Praktik) 
  • Pastikan lokasi aktivitas tiap kelompok berjarak satu dengan lainnya
  • Pengajar Praktik menjelaskan instruksi dalam kelompok yang didampinginya.
  • Pengajar Praktik memberikan informasi mengenai ketentuan presentasi tiap Calon Guru Penggerak .

PRESENTASI DAN UMPAN BALIK DALAM KELOMPOK ( 105')

Pengajar Praktik menghitung waktu presentasi serta memberikan peringatan waktu 2 

menit terhadap Calon Guru Penggerak yang sedang presentasi.

  • Pengajar Praktik memberikan waktu 1 menit kepada Calon Guru Penggerak yang baru selesai presentasi untuk menyimpulkan masukan dari rekan Calon Guru Penggerak lain
  • Pengajar Praktik mengucapkan apresiasi kepada seluruh anggota kelompoknya dan melanjutkan sesi berikutnya tetap dalam kelompok yang sama
  • Pengajar Praktik membuka sesi dalam kelompok dengan menjelaskan tujuan sesi Pengajar 
  • Praktik menjelaskan instruksi serta ketentuan pelaksanaan presentasi. Setelah 
  • penjelasan, pengajar praktik membagikan lembar kerja rencana penyampaian 
  • penerapan disiplin positif di kelas dan strategi penerapan pada konteks sekolah

PENULISAN RENCANA PENYAMPAIAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF (10')

  • Pengajar praktik memberikan kesempatan kepada Calon Guru Penggerak untuk 

menuliskan rencana yang sudah dibuat.

PEMBERIAN UMPAN BALIK (25')

(Pada proses ini biarkan Calon Guru Penggerak berkeliling dan memberikan masukan 

terhadap rencana Calon Guru Penggerak lain. Pengajar praktik dapat memutar musik 

selama aktivitas ini).

  • Pengajar praktik (dalam kelas pleno) 
  • mengumumkan bahwa Calon Guru Penggerak bisa memperbaharui rencana, 
  • mengonfirmasi masukan ataupun pertanyaan yang diberikan oleh Calon Guru 
  • Penggerak lain.

 

Pengajar praktik mengistirahatkan aktivitas lokakarya, dan bertemu kembali setelah 1 

jam istirahat. (60 MENIT)

Setelah istirahat peserta masuk kembali keruangan

Pengajar Praktik memberikan Lembar kerja Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif (juga tersedia di bagian 

Lampiran)

 

REVIU SINGKAT MATERI KEYAKINAN KELAS DAN SEGITIGA RESTITUSI DURASI: 25 MENIT

PENGAJAR PRAKTIK MENYAMPAIKAN TUJUAN SESI

 

  • Pengajar Praktik memberikan pengantar sesi reviu materi
  • Pengajar Praktik menjelaskan aktivitas kuis sebagai media reviu materi dalam modul.
  • Pengajar Praktik mengajukan pertanyaan berdasarkan slide dan mengajak Calon Guru 
  • Penggerak untuk menjawab.
  • ([Tayangkan slide 8]

Pertanyaan 1: Keyakinan kelas dan peraturan kelas adalah hal yang sama. 

Betul atau salah? Silakan angkat tangan Bapak-Ibu! (Gali jawaban beberapa Calon Guru Penggerak )

  • [Tayangkan slide 9] Jawabannya adalah Salah. Keyakinan kelas berbeda dengan peraturan kelas. 
  • Namun keyakinan kelas muncul dari peraturan-peraturan kelas. Kita lanjut ke soal 
  • selanjutnya.
  • [Tayangkan slide 10]
  • Pertanyaan 2: Keyakinan Kelas berlandaskan nilai-nilai kebajikan atau prinsip 
  • universal. Betul atau salah? (gali jawaban beberapa Calon Guru Penggerak )
  • Dan jawabannya adalah....
  • [Tayangkan slide 11]
  • Betul. Keyakinan kelas berlandaskan nilai-nilai kebajikan dan universal. Mari kita lanjut ke soal selanjutnya.
  • [Tayangkan slide 12]
  • Pertanyaan 3: Apa nilai kebajikan atau keyakinan yang ingin diangkat dari 
  • peraturan-peraturan berikut ini? Menggunakan helm saat mengendarai motor, membuang sampah pada tempatnya, dan dilarang menggunakan kata-kata kasar. Ada yang bisa bantu saya? (gali jawaban beberapa Calon Guru Penggerak 
  • ). Mari kita lihat jawabannya. 
  • [Tayangkan slide 13]
  • Buku Pegangan Lokakarya Kedua | 24
  • Menggunakan helm saat mengendarai motor adalah keselamatan. Membuang 
  • sampah pada tempatnya adalah menjaga kebersihan, dan dilarang menggunakan 
  • kata-kata kasar adalah selalu bersikap positif dan hormat. Apakah ada yang 
  • mempunyai jawaban lain? Mari kita diskusikan. 
  • [Tayangkan slide 14]
  • Pertanyaan 4: Di layar sudah terlihat langkah-langkah menetapkan keyakinan 
  • kelas serta pendalamannya. Tugas Bapak-Ibu adalah mengurutkan. Ada yang mau 
  • mencoba? (tunggu respon dari Calon Guru Penggerak ). Mari kita lihat 
  • jawabannya.
  • Pengajar praktik membacakan urutan langkah-langkah sesuai dengan nomor yang 
  • tertera pada kotak
  • [Tayangkan slide 17]
  • Pengajar praktik memberi jawaban dari pertanyaan 5, sambil bertanya jawab apa yang dimaksud dari tiap-tiap kebutuhan. 
  • Nomor 1 adalah kesenangan. Nomor 2 adalah cinta dan kasih sayang. Nomor 3 
  • adalah kebebasan. Nomor 4 adalah penguasaan. Dan nomor 5 adalah bertahan hidup. Ada yang bisa bantu saya apa yang dimaksud dari masing-masing 
  • kebutuhan ini? (gali jawaban dari Calon Guru Penggerak )
  • Pengajar praktik membacakan secara singkat sekilas mengenai tiap-tiap kebutuhan di 
  • slide pemandu. 
  • [Tayangkan slide 18]
  • Ini adalah pertanyaan terakhir. Ada 3 tahapan dalam melakukan restitusi, 
  • yaitu...Silahkan Bapak-Ibu urutkan! (gali jawaban dari Calon Guru Penggerak ). 
  • Sekarang mari kita lihat jawabannya.
  • [Tayangkan slide 19]
  • Ya betul tatanannya sudah urut dari atas sampai bawah. Pertama adalah 
  • menstabilkan identitas, lalu validasi tindakan yang salah, dan menanyakan 
  • keyakinan. Mari kita lihat lagi sekilas mengenai 3 tahapan ini
  • [Tayangkan slide 20]
  • Pengajar praktik membacakan tiap tahapan, lalu sekilas mengenai tahapan tersebut dan 
  • contoh kata-kata atau respon yang sesuai dengang tahapan tersebut. 
  • [Tayangkan slide 21]
  • Pengajar Praktik memberi apresiasi, menutup sesi reviu dan mengajak peserta untuk mulai memasuki sesi praktik pembentukan keyakinan kelas.
  • Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak , hebat sekali jawaban-jawaban Bapak-Ibu. 
  • Dari kuis ini banyak sekali hal yang kita bahas terkait keyakinan kelas dan praktik
  • segitiga restitusi. Sekarang mari kita tutup kuisnya dan mari kita praktikkan
  • [Tayangkan slide 22 ]
  • Pengajar Praktik menjelaskan gambaran aktivitas yang akan dilakukan oleh Calon Guru Penggerak
  • [Tayangkan slide 23]
  • Pengajar Praktik memberikan kesempatan bertanya.
  • Apakah ada yang ingin ditanyakan? Jika tidak ada saya akan melanjutkan ke dalam pembagian kelompok
  • Pengajar Praktik membagi peserta ke dalam 3 kelompok.
  • Pengajar Praktik meminta Calon Guru Penggerak untuk berpindah sesuai dengan kelompok masing-masing
  •  Persiapan:

- Pastikan kelompok sudah terkumpul

- Pastikan pengajar praktik sudah mempunyai kelompok untuk didampingi dan 

berada dalam kelompok

- Pastikan peralatan kertas plano, lakban kertas dan spidol marker tersedia 

untuk setiap kelompok

- Apabila setiap Calon Guru Penggerak sudah menentukan bagiannya minta 

tiap peserta tersebut untuk mempersiapkan diri

- Siapkan lembar panduan praktik keyakinan kelas bagian 1-5 masing-masing 

untuk tiap peserta

Pelaksanaan:

  • Pengajar praktik memberikan lembar Panduan Praktik Keyakinan Kelas dan menjelaskan isinya secara singka
  • Pengajar Praktik menjelaskan peran Calon Guru Penggerak lain untuk berperan sebagai murid dan mengobservasi
  • Pengajar Praktik mempersilakan Calon Guru Penggerak untuk membaca lembar secara singkat terlebih dahulu. 
  • Bapak-Ibu sekarang saya akan berikan waktu sekitar 2 menit untuk melihat 
  • gambaran aktivitas tiap bagiannya. 
  • Pengajar Praktik mengajak berdiskusi untuk memilih bagian mana yang akan dijalankan.\
  • Pengajar Praktik memberikan waktu persiapan sekitar 10 menit untuk Calon Guru Penggerak
  • Pengajar Praktik memulai sesi dan mengingatkan Calon Guru Penggerak akan tujuan sesi praktik ini dan pengingat waktu.

PRAKTIK & REFLEKSI PEMBUATAN KEYAKINAN KELAS (60') LANJUTAK DI HALAMAN 32 KE 33

  • Pengajar Praktik mengajak kelompoknya untuk melakukan refleksi singkat setelah simulasi selesai di bagian kelima Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak , mari kita refleksikan pengalaman kita sejenak. Setiap bagian yang sudah dijalani: 
  • Bagaimana hasil observasi Bapak-Ibu tiap bagian? 
  • Hal baik apa yang sudah dilakukan pada tiap bagiannya? 
  • Hal baru apa yang Bapak-Ibu pelajari dari seluruh proses tadi?
  • Pengajar Praktik menutup sesi dan mengajak kelompok untuk masuk ke dalam praktik berikutnya

 

Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi praktik segitiga restitusi

[Tayangkan Slide 25)

 

Pengajar Praktik menjelaskan alur aktivitas praktik segitiga restitusi (37)

 

Apakah ada yang ingin ditanyakan? (jika tidak ada pertanyaan) mari kita bagi 

Bapak-Ibu dalam kelompok sesuai nomor

Pengajar praktik menentukan nomor Calon Guru Penggerak dalam kelompoknya untuk 

memisahkan mereka ke dalam kelompok lebih kecil.

Pengajar praktik mengajak Calon Guru Penggerak untuk mencari nomor kelompoknya 

masing-masing

Pengajar praktik membagikan lembar kasus dan panduan observasi dan refleksi kepada 

Calon Guru Penggerak dalam kelompok. Setelahnya pengajar praktik menjelaskan 

sedikit mengenai lembar-lembar tersebut.

PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 1 (15')

Persiapan: 

Siapkan penghitung waktu (stopwatch) ataupun smartphone yang bisa 

menghitung waktu selama 3 putaran

Pelaksanaan:

Pengajar praktik memberikan tambahan instruksi terkait alur dalam kelompok, lalu 

mempersilahkan kelompok untuk memulai

PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 2 (15'

 

Setelah 15 menit pengajar praktik memberikan peringatan untuk seluruh kelompok 

Calon Guru Penggerak .

PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 3 (15')

Setelah 15 menit pengajar praktik memberikan peringatan untuk seluruh kelompok 

Calon Guru Penggerak

 

Pengajar praktik menutup sesi dengan mengapresiasi dan mengajak peserta untuk 

kembali ke dalam kelas besar (Pleno

 

 

PENUTUPAN LOKAKARYA DURASI: 20 MENIT

REFLEKSI LOKAKARYA 2 (15')

Persiapan:

  • Siapkan post-it berwarna biru-kuning-hijau masing-masing sejumlah peserta
  • Tempelkan 3 plano bertuliskan Hal yang sudah baik, Hal yang bisa ditingkatkan, 
  • Hal yang dipelajari 

Pelaksanaan:

  • Pengajar Praktik menjelaskan bahwa sekarang adalah bagian terakhir dari Lokakarya kedua.
  • Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak, kita sudah sampai pada penghujung lokakarya kedua ini. Namun masih ada beberapa kegiatan singkat yang perlu dilakukan

PENUTUPAN DAN FOTO BERSAMA (5')

Pengajar Praktik menutup sesi Lokakarya 2 dan mengajak Calon Guru Penggerak untuk berfoto bersama

 

 

 

 

 

  • Apa yang dilakukan Pengajar Praktik paska aktivitas Lokakarya ini?
  • Memberikan penguatan kepada guru penggerak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selanjutnya
  •  
  • Penguatan seperti apa yang dilakukan oleh Pengajar Praktik pada CGP termasuk penilaiannya?
  • Memotivasi CGP agar menjadi aktor dalam Visi untuk Perubahan Lingkungan Belajar, dengan menggunakan segitiga restitusi

Jawablah pertanyaan pemantik berikut,

  • Apa saja bahan yang dipersiapkan oleh CGP pada lokakarya ini?
  • Setiap calon guru penggerak membawa dokumen BAGJA yang sudah disusun
  • Setiap calon guru penggerak membawa hasil aksi nyata 1.4
  • Identifikasi aktivitas yang dilakukan CGP pada Lokakarya ini?
  • CGP Mengikuti Ice Breaking
  • CGP masuk kekelompok masing masing
  • CGP diberikan waktu untuk diskusi di dalam kelompok.
  • CGP mempresentasikan hasil diskusi
  • Persiapan
  • CGP membawa dokumen Segitiga Restitusi yang sudah dibuat
  • CGP berdiskusi dalam kelompoknya
  • CGP mempresentasikan hasil diskusi
  • Sesi selanjutnya
  • CGP membuat rencana program secara individu bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
  • Calon guru penggerak diberikan waktu untuk kerja individu.
  • CGP berpasangan dan presentasi secara bergiliran. CGP yang tidak mendapatkan pasangan dapat berpasangan dengan pengajar praktik.
  • CGP diminta untuk menempelkan hasil rencana Gallery Walk memberikan masukan kepada rencana program rekan-rekannya satu ruangan.
  • CGP kembali ke tulisannya masing-masing untuk membaca masukan dari CGP lain serta melakukan konfirmasi dan perbaikan rencana programnya.
  • CGP Melakukan refleksi atas lokakarya yang sudah dilalui
  •  
  • Apakah ada tagihan yang diminta kepada CGP pada aktivitas Lokakarya ini?
  • CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus A (Guru) KASUS SEGITIGA RESTITUSI -- A (Guru)
  • CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus A (Murid) KASUS SEGITIGA RESTITUSI -- A (Murid)
  • CGP Menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus B (Guru)
  • CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus B (Murid)
  • CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus C (Murid)
  • CGP menyerahkan

DISESUAIKAN DENGAN AKTIFITAS PENGAJAR PRAKTIK

Jawablah pertanyaan pemantik berikut, Apa yang menjadi bahan pelaporan /penilaian Pengajar Praktik pada Lokakarya ini?

  • Unggahan Dokume Daftar hadir
  • Unggahan Foto dokumentasi kegiatan
  • Unggahan tagihan CGP,
  • Unggah LK, 
  • Catatan hasil Lokakarya ( nem blog spot catatan
  • Peserta 
  • Aktivitas pembelajaran
  • Produk yang dihasilkan
  • Ketercapaian tujuan belajar
  • Kesimpulan dan Refleksi pembelajara)
  • Isi keaktifan CGP dalam mengikuti Lokakarya di LMS
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus A (Guru) 
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus A (Murid) 
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus B (Guru) 
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus B (Murid) 
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus C (Guru) 
  • Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus C (Murid) 

 

Catatan hasil analisis dan identifikasi Lokakarya bersangkutan?

Jawablah pertanyaan pemantik berikut,

  • Jelaskan kesesuaian aktivitas pada lokakarya dengan tujuan aktivitas yang akan dicapai oleh CGP saat pelaksanaan Lokakarya ini? 
  • Aktivitas sudah sesuai dengan buku panduan pelaksanaan Lokakarya 5
  • Hal apa yang menjadi isu penting pada aktivtas lokakarya ini? 
  • Kolaborasi dalam pengelolaan program Visi untuk Perubahan Lingkungan Belaja
  • Stakeholder apa saja yang berhubungan dengan lokakarya ini? Bagaimana bentuk koordinasinya? 
  • CGP,PP, BGP,DINAS PENDIDIKAN,CABANG DINAS PENDIDIKAN

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun