LEMBAR PETA AKTIVITAS LOKAKARYA 2
NAMA             : 1. Edy Susilo  Â
LOKAKARYA Â Â Â Â Â Â : 2
TUJUAN AKTIVITAS LOKAKARYA.
- Peserta dapat menjelaskan perkembangan/kemajuan prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain
- Peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di sekolah (Aksi Nyata modul 1.4) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain
- Peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positifÂ
- Peserta dapat menunjukkan kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan Kelas
Â
WAKTU LOKAKARYA.
Â
Setelah pendampingan Individu 2
Â
Â
AKTIVITAS LOKAKARYA
PELAPORAN/PENILAIN
PERAN PENGAJAR PRAKTIK
PERAN CGP
Jawablah pertanyaan pemantik berikut,
- Bahan apa yang digunakan oleh Pengajar Praktik dalam Pendampingan Lokakarya ini?
- anitia Dinas Pendidikan setempat yaitu sarana, prasarana, alat,bahan dan dokumen cetakÂ
- a. Sarana prasaranaÂ
- Ruangan/kelas pertemuan yang cukup nyaman bagi seluruh peserta dengan desain Cabaret StyleÂ
- atau U-Shapes (dengan meja)
- Proyektor
- Layar proyektor
- Papan Pleno
- AudioÂ
- Laptop
- b. Alat/Bahan
- Spidol markerÂ
- spidol warna-Warni
- Post-it (Oranye, biru, kuning, hijau)
- Lakban kertasÂ
- Flipchart/kertas plano
- Lembar Kerja Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin PositifÂ
- Lembar Praktik Keyakinan kelas 1-5Â
- Panduan praktik Keyakinan kelas 1-5Â
- Lembar kasus A,B,C segitiga restitusi (Guru)Â
- Lembar Kasus A,B,C segitiga restitusi (Murid)Â
- Panduan Observasi dan Refleksi Segitiga RestitusiÂ
- Lembar Absens
- Apa yang dilakukan oleh Pengajar Praktik pada pendampingan Lokakarya ini?
PEMBUKAAN & ICEBREAKING (10')
Persiapan:
Pastikan laptop tersambung ke proyektor dan layar
Pastikan slide pemandu dapat ditampilkan di layar
Pelaksanaan:
[Tayangkan slide 2]
Â
Mulai pelatihanÂ
- dengan sapaan hangat dan bersemangat. Ingat bahwa Bapak-Ibu menjadi role-model akan semangat peserta. Berikan ucapan:
- Selamat pagi, Bapak-Ibu! (Apa kabarnya?
- Senang rasanya bisa melihat wajah Bapak-Ibu kembali di Lokakarya kedua!)
Â
- Pengajar Praktik membuka sesi dengan menyampaikan tujuan sesi sebelum  memberikan gambaran mengenai aktivitas pada sesi ini
- Pengajar Praktik membagi Calon Guru Penggerak menjadi 3 kelompok
- Pengajar Praktik mempersilakan Calon Guru Penggerak untuk bergabung dengan kelompoknyaÂ
INSTRUKSI AKTIVITAS DALAM KELOMPOK (10')
- Persiapan:
- Pastikan Calon Guru Penggerak terbagi dalam 3 kelompok (sesuai denganÂ
- jumlah Pengajar Praktik)Â
- Pastikan lokasi aktivitas tiap kelompok berjarak satu dengan lainnya
- Pengajar Praktik menjelaskan instruksi dalam kelompok yang didampinginya.
- Pengajar Praktik memberikan informasi mengenai ketentuan presentasi tiap Calon Guru Penggerak .
PRESENTASI DAN UMPAN BALIK DALAM KELOMPOK ( 105')
Pengajar Praktik menghitung waktu presentasi serta memberikan peringatan waktu 2Â
menit terhadap Calon Guru Penggerak yang sedang presentasi.
- Pengajar Praktik memberikan waktu 1 menit kepada Calon Guru Penggerak yang baru selesai presentasi untuk menyimpulkan masukan dari rekan Calon Guru Penggerak lain
- Pengajar Praktik mengucapkan apresiasi kepada seluruh anggota kelompoknya dan melanjutkan sesi berikutnya tetap dalam kelompok yang sama
- Pengajar Praktik membuka sesi dalam kelompok dengan menjelaskan tujuan sesi PengajarÂ
- Praktik menjelaskan instruksi serta ketentuan pelaksanaan presentasi. SetelahÂ
- penjelasan, pengajar praktik membagikan lembar kerja rencana penyampaianÂ
- penerapan disiplin positif di kelas dan strategi penerapan pada konteks sekolah
PENULISAN RENCANA PENYAMPAIAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF (10')
- Pengajar praktik memberikan kesempatan kepada Calon Guru Penggerak untukÂ
menuliskan rencana yang sudah dibuat.
PEMBERIAN UMPAN BALIK (25')
(Pada proses ini biarkan Calon Guru Penggerak berkeliling dan memberikan masukanÂ
terhadap rencana Calon Guru Penggerak lain. Pengajar praktik dapat memutar musikÂ
selama aktivitas ini).
- Pengajar praktik (dalam kelas pleno)Â
- mengumumkan bahwa Calon Guru Penggerak bisa memperbaharui rencana,Â
- mengonfirmasi masukan ataupun pertanyaan yang diberikan oleh Calon GuruÂ
- Penggerak lain.
Â
Pengajar praktik mengistirahatkan aktivitas lokakarya, dan bertemu kembali setelah 1Â
jam istirahat. (60 MENIT)
Setelah istirahat peserta masuk kembali keruangan
Pengajar Praktik memberikan Lembar kerja Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif (juga tersedia di bagianÂ
Lampiran)
Â
REVIU SINGKAT MATERI KEYAKINAN KELAS DAN SEGITIGA RESTITUSI DURASI: 25 MENIT
PENGAJAR PRAKTIK MENYAMPAIKAN TUJUAN SESI
Â
- Pengajar Praktik memberikan pengantar sesi reviu materi
- Pengajar Praktik menjelaskan aktivitas kuis sebagai media reviu materi dalam modul.
- Pengajar Praktik mengajukan pertanyaan berdasarkan slide dan mengajak Calon GuruÂ
- Penggerak untuk menjawab.
- ([Tayangkan slide 8]
Pertanyaan 1: Keyakinan kelas dan peraturan kelas adalah hal yang sama.Â
Betul atau salah? Silakan angkat tangan Bapak-Ibu! (Gali jawaban beberapa Calon Guru Penggerak )
- [Tayangkan slide 9] Jawabannya adalah Salah. Keyakinan kelas berbeda dengan peraturan kelas.Â
- Namun keyakinan kelas muncul dari peraturan-peraturan kelas. Kita lanjut ke soalÂ
- selanjutnya.
- [Tayangkan slide 10]
- Pertanyaan 2: Keyakinan Kelas berlandaskan nilai-nilai kebajikan atau prinsipÂ
- universal. Betul atau salah? (gali jawaban beberapa Calon Guru Penggerak )
- Dan jawabannya adalah....
- [Tayangkan slide 11]
- Betul. Keyakinan kelas berlandaskan nilai-nilai kebajikan dan universal. Mari kita lanjut ke soal selanjutnya.
- [Tayangkan slide 12]
- Pertanyaan 3: Apa nilai kebajikan atau keyakinan yang ingin diangkat dariÂ
- peraturan-peraturan berikut ini? Menggunakan helm saat mengendarai motor, membuang sampah pada tempatnya, dan dilarang menggunakan kata-kata kasar. Ada yang bisa bantu saya? (gali jawaban beberapa Calon Guru PenggerakÂ
- ). Mari kita lihat jawabannya.Â
- [Tayangkan slide 13]
- Buku Pegangan Lokakarya Kedua | 24
- Menggunakan helm saat mengendarai motor adalah keselamatan. MembuangÂ
- sampah pada tempatnya adalah menjaga kebersihan, dan dilarang menggunakanÂ
- kata-kata kasar adalah selalu bersikap positif dan hormat. Apakah ada yangÂ
- mempunyai jawaban lain? Mari kita diskusikan.Â
- [Tayangkan slide 14]
- Pertanyaan 4: Di layar sudah terlihat langkah-langkah menetapkan keyakinanÂ
- kelas serta pendalamannya. Tugas Bapak-Ibu adalah mengurutkan. Ada yang mauÂ
- mencoba? (tunggu respon dari Calon Guru Penggerak ). Mari kita lihatÂ
- jawabannya.
- Pengajar praktik membacakan urutan langkah-langkah sesuai dengan nomor yangÂ
- tertera pada kotak
- [Tayangkan slide 17]
- Pengajar praktik memberi jawaban dari pertanyaan 5, sambil bertanya jawab apa yang dimaksud dari tiap-tiap kebutuhan.Â
- Nomor 1 adalah kesenangan. Nomor 2 adalah cinta dan kasih sayang. Nomor 3Â
- adalah kebebasan. Nomor 4 adalah penguasaan. Dan nomor 5 adalah bertahan hidup. Ada yang bisa bantu saya apa yang dimaksud dari masing-masingÂ
- kebutuhan ini? (gali jawaban dari Calon Guru Penggerak )
- Pengajar praktik membacakan secara singkat sekilas mengenai tiap-tiap kebutuhan diÂ
- slide pemandu.Â
- [Tayangkan slide 18]
- Ini adalah pertanyaan terakhir. Ada 3 tahapan dalam melakukan restitusi,Â
- yaitu...Silahkan Bapak-Ibu urutkan! (gali jawaban dari Calon Guru Penggerak ).Â
- Sekarang mari kita lihat jawabannya.
- [Tayangkan slide 19]
- Ya betul tatanannya sudah urut dari atas sampai bawah. Pertama adalahÂ
- menstabilkan identitas, lalu validasi tindakan yang salah, dan menanyakanÂ
- keyakinan. Mari kita lihat lagi sekilas mengenai 3 tahapan ini
- [Tayangkan slide 20]
- Pengajar praktik membacakan tiap tahapan, lalu sekilas mengenai tahapan tersebut danÂ
- contoh kata-kata atau respon yang sesuai dengang tahapan tersebut.Â
- [Tayangkan slide 21]
- Pengajar Praktik memberi apresiasi, menutup sesi reviu dan mengajak peserta untuk mulai memasuki sesi praktik pembentukan keyakinan kelas.
- Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak , hebat sekali jawaban-jawaban Bapak-Ibu.Â
- Dari kuis ini banyak sekali hal yang kita bahas terkait keyakinan kelas dan praktik
- segitiga restitusi. Sekarang mari kita tutup kuisnya dan mari kita praktikkan
- [Tayangkan slide 22 ]
- Pengajar Praktik menjelaskan gambaran aktivitas yang akan dilakukan oleh Calon Guru Penggerak
- [Tayangkan slide 23]
- Pengajar Praktik memberikan kesempatan bertanya.
- Apakah ada yang ingin ditanyakan? Jika tidak ada saya akan melanjutkan ke dalam pembagian kelompok
- Pengajar Praktik membagi peserta ke dalam 3 kelompok.
- Pengajar Praktik meminta Calon Guru Penggerak untuk berpindah sesuai dengan kelompok masing-masing
- Â Persiapan:
- Pastikan kelompok sudah terkumpul
- Pastikan pengajar praktik sudah mempunyai kelompok untuk didampingi danÂ
berada dalam kelompok
- Pastikan peralatan kertas plano, lakban kertas dan spidol marker tersediaÂ
untuk setiap kelompok
- Apabila setiap Calon Guru Penggerak sudah menentukan bagiannya mintaÂ
tiap peserta tersebut untuk mempersiapkan diri
- Siapkan lembar panduan praktik keyakinan kelas bagian 1-5 masing-masingÂ
untuk tiap peserta
Pelaksanaan:
- Pengajar praktik memberikan lembar Panduan Praktik Keyakinan Kelas dan menjelaskan isinya secara singka
- Pengajar Praktik menjelaskan peran Calon Guru Penggerak lain untuk berperan sebagai murid dan mengobservasi
- Pengajar Praktik mempersilakan Calon Guru Penggerak untuk membaca lembar secara singkat terlebih dahulu.Â
- Bapak-Ibu sekarang saya akan berikan waktu sekitar 2 menit untuk melihatÂ
- gambaran aktivitas tiap bagiannya.Â
- Pengajar Praktik mengajak berdiskusi untuk memilih bagian mana yang akan dijalankan.\
- Pengajar Praktik memberikan waktu persiapan sekitar 10 menit untuk Calon Guru Penggerak
- Pengajar Praktik memulai sesi dan mengingatkan Calon Guru Penggerak akan tujuan sesi praktik ini dan pengingat waktu.
PRAKTIK & REFLEKSI PEMBUATAN KEYAKINAN KELAS (60') LANJUTAK DI HALAMAN 32 KE 33
- Pengajar Praktik mengajak kelompoknya untuk melakukan refleksi singkat setelah simulasi selesai di bagian kelima Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak , mari kita refleksikan pengalaman kita sejenak. Setiap bagian yang sudah dijalani:Â
- Bagaimana hasil observasi Bapak-Ibu tiap bagian?Â
- Hal baik apa yang sudah dilakukan pada tiap bagiannya?Â
- Hal baru apa yang Bapak-Ibu pelajari dari seluruh proses tadi?
- Pengajar Praktik menutup sesi dan mengajak kelompok untuk masuk ke dalam praktik berikutnya
Â
Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi praktik segitiga restitusi
[Tayangkan Slide 25)
Â
Pengajar Praktik menjelaskan alur aktivitas praktik segitiga restitusi (37)
Â
Apakah ada yang ingin ditanyakan? (jika tidak ada pertanyaan) mari kita bagiÂ
Bapak-Ibu dalam kelompok sesuai nomor
Pengajar praktik menentukan nomor Calon Guru Penggerak dalam kelompoknya untukÂ
memisahkan mereka ke dalam kelompok lebih kecil.
Pengajar praktik mengajak Calon Guru Penggerak untuk mencari nomor kelompoknyaÂ
masing-masing
Pengajar praktik membagikan lembar kasus dan panduan observasi dan refleksi kepadaÂ
Calon Guru Penggerak dalam kelompok. Setelahnya pengajar praktik menjelaskanÂ
sedikit mengenai lembar-lembar tersebut.
PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 1 (15')
Persiapan:Â
Siapkan penghitung waktu (stopwatch) ataupun smartphone yang bisaÂ
menghitung waktu selama 3 putaran
Pelaksanaan:
Pengajar praktik memberikan tambahan instruksi terkait alur dalam kelompok, laluÂ
mempersilahkan kelompok untuk memulai
PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 2 (15'
Â
Setelah 15 menit pengajar praktik memberikan peringatan untuk seluruh kelompokÂ
Calon Guru Penggerak .
PERSIAPAN, PRAKTIK, DAN REFLEKSI PUTARAN 3 (15')
Setelah 15 menit pengajar praktik memberikan peringatan untuk seluruh kelompokÂ
Calon Guru Penggerak
Â
Pengajar praktik menutup sesi dengan mengapresiasi dan mengajak peserta untukÂ
kembali ke dalam kelas besar (Pleno
Â
Â
PENUTUPAN LOKAKARYA DURASI: 20 MENIT
REFLEKSI LOKAKARYA 2 (15')
Persiapan:
- Siapkan post-it berwarna biru-kuning-hijau masing-masing sejumlah peserta
- Tempelkan 3 plano bertuliskan Hal yang sudah baik, Hal yang bisa ditingkatkan,Â
- Hal yang dipelajariÂ
Pelaksanaan:
- Pengajar Praktik menjelaskan bahwa sekarang adalah bagian terakhir dari Lokakarya kedua.
- Bapak-Ibu Calon Guru Penggerak, kita sudah sampai pada penghujung lokakarya kedua ini. Namun masih ada beberapa kegiatan singkat yang perlu dilakukan
PENUTUPAN DAN FOTO BERSAMA (5')
Pengajar Praktik menutup sesi Lokakarya 2 dan mengajak Calon Guru Penggerak untuk berfoto bersama
Â
Â
Â
Â
Â
- Apa yang dilakukan Pengajar Praktik paska aktivitas Lokakarya ini?
- Memberikan penguatan kepada guru penggerak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selanjutnya
- Â
- Penguatan seperti apa yang dilakukan oleh Pengajar Praktik pada CGP termasuk penilaiannya?
- Memotivasi CGP agar menjadi aktor dalam Visi untuk Perubahan Lingkungan Belajar, dengan menggunakan segitiga restitusi
Jawablah pertanyaan pemantik berikut,
- Apa saja bahan yang dipersiapkan oleh CGP pada lokakarya ini?
- Setiap calon guru penggerak membawa dokumen BAGJA yang sudah disusun
- Setiap calon guru penggerak membawa hasil aksi nyata 1.4
- Identifikasi aktivitas yang dilakukan CGP pada Lokakarya ini?
- CGP Mengikuti Ice Breaking
- CGP masuk kekelompok masing masing
- CGP diberikan waktu untuk diskusi di dalam kelompok.
- CGP mempresentasikan hasil diskusi
- Persiapan
- CGP membawa dokumen Segitiga Restitusi yang sudah dibuat
- CGP berdiskusi dalam kelompoknya
- CGP mempresentasikan hasil diskusi
- Sesi selanjutnya
- CGP membuat rencana program secara individu bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
- Calon guru penggerak diberikan waktu untuk kerja individu.
- CGP berpasangan dan presentasi secara bergiliran. CGP yang tidak mendapatkan pasangan dapat berpasangan dengan pengajar praktik.
- CGP diminta untuk menempelkan hasil rencana Gallery Walk memberikan masukan kepada rencana program rekan-rekannya satu ruangan.
- CGP kembali ke tulisannya masing-masing untuk membaca masukan dari CGP lain serta melakukan konfirmasi dan perbaikan rencana programnya.
- CGP Melakukan refleksi atas lokakarya yang sudah dilalui
- Â
- Apakah ada tagihan yang diminta kepada CGP pada aktivitas Lokakarya ini?
- CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus A (Guru) KASUS SEGITIGA RESTITUSI -- A (Guru)
- CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus A (Murid) KASUS SEGITIGA RESTITUSI -- A (Murid)
- CGP Menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus B (Guru)
- CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus B (Murid)
- CGP menyerahkan Lampiran Lembar: Kasus Segitiga Restitusi -- Kasus C (Murid)
- CGP menyerahkan
DISESUAIKAN DENGAN AKTIFITAS PENGAJAR PRAKTIK
Jawablah pertanyaan pemantik berikut, Apa yang menjadi bahan pelaporan /penilaian Pengajar Praktik pada Lokakarya ini?
- Unggahan Dokume Daftar hadir
- Unggahan Foto dokumentasi kegiatan
- Unggahan tagihan CGP,
- Unggah LK,Â
- Catatan hasil Lokakarya ( nem blog spot catatan
- PesertaÂ
- Aktivitas pembelajaran
- Produk yang dihasilkan
- Ketercapaian tujuan belajar
- Kesimpulan dan Refleksi pembelajara)
- Isi keaktifan CGP dalam mengikuti Lokakarya di LMS
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus A (Guru)Â
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus A (Murid)Â
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus B (Guru)Â
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus B (Murid)Â
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus C (Guru)Â
- Lembar Kasus Segitiga Restitusi Kasus C (Murid)Â
Â
Catatan hasil analisis dan identifikasi Lokakarya bersangkutan?
Jawablah pertanyaan pemantik berikut,
- Jelaskan kesesuaian aktivitas pada lokakarya dengan tujuan aktivitas yang akan dicapai oleh CGP saat pelaksanaan Lokakarya ini?Â
- Aktivitas sudah sesuai dengan buku panduan pelaksanaan Lokakarya 5
- Hal apa yang menjadi isu penting pada aktivtas lokakarya ini?Â
- Kolaborasi dalam pengelolaan program Visi untuk Perubahan Lingkungan Belaja
- Stakeholder apa saja yang berhubungan dengan lokakarya ini? Bagaimana bentuk koordinasinya?Â
- CGP,PP, BGP,DINAS PENDIDIKAN,CABANG DINAS PENDIDIKAN
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H