Mohon tunggu...
Diva Nurhaliza
Diva Nurhaliza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Teknologi Digital

Saya Diva Nurhaliza mahasiswi Universitas Teknologi Digital jurusan S1 Manajemen sumber daya manusia.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Pelatihan kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan

23 Desember 2024   16:23 Diperbarui: 23 Desember 2024   19:14 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
analisis pelatihan kerja di coffeshop sumber: Dokumentasi Rasi Coffe Bandung

1. Manajemen

Manajemen adalah suatu proses mengatur, merencanakan, mengorganisasi atau mengawasi sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.  Manajemen dapat memastikan setiap kegiatan dari suatu organisasi atau individu dapat memastikan berjalan sesuai rencana, menggunakan manajemen dapat mengatur sumber daya dengan optimal.

Manajemen sering diartikan sebagai ilmu dan seni Menurut (Ferry, 2018) manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan. Menurut (Viola et al., 2023), manajemen adalah beragam kegiatan seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik dari segi SDM maupun sumber lainnya.

Dikutip dari (Yuniarni & Santoso, 2024) manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu. Manajemen merupakan ilmu yang terdapat pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian dan permotivasian terhadap orang dan cara kerja untuk mencapai tujuan. Dalam bahasa prancis kuno arti dari manajemen adalah seni dalam mengatur dan melaksanakan, pengertian manajemen adalah sebuah Seni yang mempunyai arti dengan keindahan, dimana suatu keindahan di dalam manajemen yaitu terstruktur, dan teratur.

2. Manajemen sumber daya manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia selanjutnya adalah bagian dari manajemen umum yang membidangi masalah sumber daya manusia yang menjadi hal penting komponen manajemen yang paling krusial. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat di hilangkan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Sumber daya manusia juga merupakan salah satu kunci utama yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, sumber daya manusia merupakan manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Menurut (Hatidah Hatidah & Agung Indriansyah, 2022) mendefinisikan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah pengembangan, pemeliharaan dan hal penting yang menjadi komponen manajemen yang paling krusial mengingat manusia sebagai gelola secara keseluruhan proses manajemen. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Sumber daya manusia juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, sumber daya manusia merupakan manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu. Peran SDM dalam pelaksanaan tujuan organisasi pengelolaan sumber daya manusia menjadi bagian penting dalam mendukung keberhasilan jangka panjang perusahaan.

3.  Fungsi perencanaan sumber daya manusia

  • Perencanaan, Menurutnya perencanaan adalah kegiatan memperkirakan tentang keadaan tenaga kerja, agar sesuai dengan kebutuhan organisasi secara efektif dan efisien.
  • Pengorganisasian, Dalam hal ini pengorganisasian dikatakan sebagai kegiatan untuk mengatur karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bentuk bagan organisasi.
  • Pengarahan, Dikatakan bahwa pengarahan merupakan kegiatan memberi petunjuk kepada karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan organisasi.
  • Pengendalian, Merupakan kegiatan mengendalikan semua karyawan agar menaati peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana, Apabila terdapat penyimpangan diadakan perbaikan dan penyempurnaan rencana.
  • Pengadaan, Merupakan proses mendapatkan karyawan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Pelatihan kerja 

Pelatihan kerja adalah proses memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada karyawan agar mereka dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan meningkatkan kompetensi karyawan, menambah pemahaman tentang tugas mereka, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di pekerjaan sehari-hari. Upaya pelatihan ini juga merupakan upaya lain untuk mengukur seberapa jauh karyawan telah belajar dan menerapkan standar kerja perusahaan. Sumber daya manusia yang terlatih sangat berpengaruh terhadap kinerja dan tanggung jawab terhadap perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun