Mohon tunggu...
Dara triandini
Dara triandini Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa universitas teknologi digital yang mempunyai hobi membaca cerita fiksi dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Waktu Tunggu Antrian Pasien terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Pratama Promedika Cimahi

4 Mei 2024   09:47 Diperbarui: 4 Mei 2024   09:59 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: foto klinik pratama promedika yang diambil oleh peneliti

Berikut ini merupakan tinjauan pustaka penelitian ilmiah berjudul "Pengaruh waktu tunggu antrian pasien terhadap kepuasan pasien di klinik pratama promedika" Yang dilakukan oleh Dara Triandini Mahasiswa Digitech University.

Waktu tunggu dalam pelayanan kesehatan

Salah satu indikator penting untuk menentukan kualitas pelayanan di instansi kesehatan adalah waktu. Menurut KEMENKES RI standar waktu tunggu pasien di poli klinik rawat jalan adalah maksimal 60 menit (MenKes Ri,2008). Waktu tunggu pasien dapat beragam secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis layanan yang dibutuhkan, tingkat kegawatan, kebijakan fasilitas kesehatan dan efesiensi sistem layanan. Waktu tunggu pasien merujuk pada interval waktu yang diperlukan oleh seorang pasien sejak tiba hingga menerima pelayanan atau perawata medis. Waktu tunggu yang terlalu lama memakan waktu menunjukan ketidakefektifan pelayanan di suatu klinik.

Faktor Faktor yang mempengaruhi waktu tunggu

Beberapa faktor umum yang mempengaruhi waktu tunggu pasien di klinik menurut Tetty & Bone (2020) meliputi:

1. Kurangnya sarana pendukung dan distribusi berkas rekam medis.

2. Kurang optimalnya jadwal dokter dan petugas dapat memperpanjang waktu tunggu pelayanan kesehatan.

3. Sistem antrian tidak terorganisir, palayanan administrasi yang lambat, serta prosedur pendaftaran yang belum terkomputerisasi

4. Ketersediaan sdm yang kurang memadai, kelengkapan sarana dan prasarana serta penggunaan teknologi yang tidak efektif dapat mempengaruhi lama waktu tunggu pasien.

Antrian dalam pelayanan kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun