Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Kopi Taman Sari Pengubah Nasib, Jatuh Bangun Romansa Cinta Tjiptadinata-Roselina

31 Oktober 2024   12:50 Diperbarui: 1 November 2024   02:21 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi Tjiptadinata Effendi 

Sewaktu usaha perdagangan Tjiptadinata semakin maju, Roselina berhenti mengajar untuk membantu suami di perusahaan milik sendiri bernama  CV Tunas Sari. Menjabat sebagai komisaris merangkap bendahara perusahaan

CV Tunas Sari berkantor di jalan Niaga depan Polsek Pondok. Sekaligus di sana menyewa sebuah gudang untuk penampungan barang-barang yang akan dijual belikan.

Awal mula terbentuknya CV Tunas Sari ketika suatu waktu Tjiptadinata berbicara kepada Samsuar. Apakah Samsuar mau membantu Tjiptadinata yang ingin mendirikan perusahaan sendiri, tapi mereka tetap bisa bekerja sama.

Jawaban Samsuar diluar dugaan," Ya ,memang sudah waktunya untuk bisa ekspor sendiri. Kamu jadi eksportir! Pengalamanmu sudah cukup." 

Seperti mimpi, kehidupan rumah tangga Tjiptadinata berubah dengan sangat cepat. Beberapa tahun lalu masih menjadi buruh pabrik karet di Patumbak, kini menjadi seorang direktur perusahaan ekspor.

Perusahaan CV Tunas Sari milik Tjiptadinata mengekspor kopi, pinang, kulit manis, gambir, cardamon, damar batu, cengkeh , dan pala. Pelanggan dari berbagai negara, ada di Singapore, India, benua Eropa dan Amerika.

Pasokan kopi datang dari pedagang asal Pagar Alam dan Curup yang mengantar dengan truk ke Kampung Nias.

Pada bulan Desember 1973, anak kedua Tjiptadinata dan Roselina lahir diberi nama Irwan. Pada tahun 1976, lahirlah putri Roselina dan Tjiptadinata yang diberi nama Irvianty. 

Setelah sukses menjadi eksportir, impian Tjiptadinata dan Roselina untuk mengunjungi 5 benua di dunia akhirnya terpenuhi. 

Setelah putra-putrinya berkeluarga, Tjiptadinata dan Roselina memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia perdagangan.

Keduanya sejak tahun 2006 menikmati hidup bersama anak cucu di Mount Saint Thomas dan di Perth, Australia. Setiap setahun sekali pulang ke Indonesia untuk berjumpa anak dan cucu yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun