Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Kilas Jejak Prestasi Petenis Indonesia di Wimbledon

12 Juli 2023   06:32 Diperbarui: 12 Juli 2023   17:24 1100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lanny Kaligis dan Lita Liem Sugiarto berpose di depan menara Eiffel/ foto dokumentasi Lanny Kaligis 

Statistik Yayuk Basuki di babak utama tunggal putri Wimbledon adalah 22 menang, 9 kalah. Plus hasil sekali menang dan sekali kalah di babak kualifikasi saat melakukan debut di Wimbledon 1990.

 6 dari 9 petenis yang mengalahkan Yayuk Basuki di babak utama Wimbledon adalah pemain legendaris pemegang titel juara grand slam, yaitu Steffi Graff, Martina Navratilova, Conchita Martinez, Monica Seles, Jana Novotna, dan Jennifer Capriati.

Setelah era Yayuk Basuki, ada Wynne Prakusya dan Angelique Widjaja yang berhasil menembus babak utama tunggal putri Wimbledon. Keduanya sukses melaju ke babak 2 Wimbledon 2002. 

Angelique Widjaja/ foto: KOMPAS
Angelique Widjaja/ foto: KOMPAS
Wynne Prakusya di babak pertama Wimbledon 2002 menang mudah 6-0, 6-2, atas petenis Kanada, Jana Nejedly. Wynne kalah 4-6, 6-2, 1-6,

Angelique Widjaja ke babak kedua tunggal putri Wimbledon 2002 setelah menang 6-0, 6-2, atas pemain Israel, Anna Smashnova. Di babak kedua Angelique kalah 6-7 (2-7), 5-7, melawan Meilen Tu.

Setahun berselang Angelique Widjaja kembali masuk babak kedua Wimbledon, setelah menang 7-5, 6-1, atas Evgenia Kulikovskaya. 


Pada babak berikutnya, Angelique kalah 6-7 (3-7), 3-6, melawan unggulan 29, Nadia Petrova.

Di Wimbledon 2004, Angelique Widjaja langsung tersingkir di babak pertama, kalah oleh Mashona Washington. 

Setelah tahun 2004, hingga kini belum ada lagi petenis tunggal putri Indonesia yang main di babak utama Wimbledon.

'Little" Liep Tjiauw Tan, Pionir Indonesia di Grand Slam

Sepanjang sejarah, hanya satu petenis tunggal putra Indonesia yang pernah tampil di babak utama Wimbledon, yaitu Liep Tjiauw Tan.

Liep Tjiauw Tan yang akrab dijuluki dengan nama "Little Tan" karena perawakannya, melakukan debut di Wimbledon pada tahun 1953. Dialah petenis Indonesia pertama yang tampil di ajang grand slam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun