KELOMPOK 1Â
Bunga Syntya Claudya (1405619033)
Nisrina Qatrunnada (1405619021)
Serly Indri Fikriani (1405619013)
Vina Nur Hanifah (1405619025)
Vio Alfian Zein (1405619017)
Â
Awal mula lahirnya pendidikan IPS di Indonesia banyak dipengaruhi oleh pemikiran social studies di Amerika yang dianggap sebagai salah satu Negara yang memiliki pengalaman panjang dan reputasi akademis yang signifikan dalam bidang itu (Huriah Rachmah,2014:43). Sesuai dengan pendapat Rudy Gunawan (2016:20) bahwa bidang studi IPS yang masuk ke Indonesia berasal dari Amerika Serikat, yang di negara asalnya disebut social studies.Â
Jika dikaitkan dengan dinamika situasi dan kondisi atas fenomena sosial yang terjadi di Indonesia, maka urgensi perbaikan kurikulum IPS di Indonesia menjadi hal yang penting. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya perubahan yang terjadi di Indonesia dari masa ke masa, yakni dimulai dari masa pemerintahan orde baru sampai kepada era reformasi. Maka, perkembangan pendidikan IPS di indonesia sangat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman.Â
Perubahan dan perbaikan terhadap kurikulum pendidikan IPS perlu dilakukan agar pendidikan IPS dapat semakin nyata ke dalam permasalahan sosial yang terjadi saat ini dan dapat memberikan sumbangsih serta solusi yang tepat untuk mengatasi dinamika persoalan bangsa Indonesia.Â
Pertumbuhan IPS di Indonesia tidak terlepas dari situasi kacau, termasuk dalam bidang pendidikan sebagai akibat pemberontakan G30S/PKI, yang akhirnya dapat ditumpas oleh Pemerintahan Orde Baru. Perkembangan pendidikan IPS selanjutnya dapat kita ketahui dengan melihat kajian historis perjalanan pendidikan IPS di Indonesia sampai saat ini.