Mohon tunggu...
Erwin Ivan Vinanda
Erwin Ivan Vinanda Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Jawa di SMA Negeri 2 Bae Kudus

saya seorang guru dengan 1 orang istri dan dianugrahi 3 orang anak yang luar biasa. Hoby olahraga, traveling dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Pawarta Mapel Bahasa Jawa SMA/SMK/MA Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL)

31 Agustus 2022   09:25 Diperbarui: 31 Agustus 2022   09:26 2041
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                       Satuan Pendidikan       :     SMA Negeri 2 Bae Kudus

                                       Mata Pelajaran             :     Bahasa Jawa

                                       Kelas/Semester            :     XI /Ganjil

                                       Materi Pokok               :     Pawarta

                                       Alokasi Waktu           :           2 x 45 menit (1x pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

  3.3 Menganalisis isi teks berita

3.3.1 Menganalisis dan mengelompokan unsur-unsur  berita (C4)

3.3.2 Menelaah isi teks wacana berita dengan ragam   krama (C4)

4.4 Merencanakan  dan menyimpulkan teks berita

4.4.1 menyajikan teks berita dengan ragam krama (C6)

4.4.2 Mengkritisi hasil presentasi kelompok lain (C5)

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Peserta didik (A) mampu menganalisis unsur-unsur berita (B) dengan benar (D) melalui model diskusi kelompok (C).

2. Peserta didik (A) mampu menyajikan isi teks wacana berita menggunakan ragam krama (B)  dengan benar (D) melalui presentasi di depan kelas (C).

3. Peserta didik (A) mampu mengkritisi hasil presentasi kelompok lain (B) dengan baik dan sopan (D) melalui sesi tanya jawab kelompok (C).

D. MATERI PEMBELAJARAN

Faktual                  :   Pawarta merupakan sarana informasi bagi masyarakat

Konseptual           :   Unsur-unsur pawarta 5W+1H

Prosedural             :   Tata cara menuliskan pawarta

Metakognitif         :   Mengetahui unsur-unsur 5W+1H dalam pawarta

E. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan                    :   Scientific berbasis TPACK dan HOTS

Model pembelajaran      :   Problem Based Learning (PBL)

Metode pembelajaran    :   Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan.

F. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

* Media : Tayangan PPT Materi Pawarta

* LKPD

* HP android

* Platform : Video pawarta dari youtube

        Pawarta 1; https://www.youtube.com/watch?v=s0yTpgrOeL0

        Pawarta 2;  https://www.youtube.com/watch?v=1KU3GWmotlM

G. Sumber Belajar :

1. Priyantoro dan Sawukir. 2018. Marsudi Basa lan Sastra Jawa kanggo SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Erlangga

2. e Modul Pembelajaran. 2019. MGMP SMA Kabupaten Kudus

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Kegiatan Inti

Penutup 

. 1. Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam.

2. Guru meminta salah satu peserta didik memimpin berdoa (religious/PPK).

3. Guru memeriksa kehadiran siswa dan mengingatkan pentingnya  kebersihan kelas (disiplin/PPK, Integrasi ICT).

4. Guru memberi motivasi siswa terkait materi pembelajaran dengan penerapannya di masyarakat.

5. Guru mengingatkan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

6. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan yel-yel penyemangat belajar dikaitkan materi pelajaran minggu lalu.

7. Peserta didik menyimak penjelasan tujuan pembelajaran dan materi yang akan disampaikan serta memberikan analogi atau metafora (Communication, Abad 21).

8. Guru menyampaikan langkah pembelajaran dan teknik assesmen.

1. Tahap 1 Orientasi terhadap masalah

   1. Peserta didik menyimak video pawarta yang bersumber dari youtube dengan link sebagai berikut https://www.youtube.com/watch?v=04tKteXjM8U       (Literasi, TPACK).

   2. Peserta didik menganalisis informasi yang terdapat dalam video pawarta (Critical thingking, Abad 21) (Ingin tahu, PPK).

Peserta didik menyimak media PPT guru materi pawarta. (Literasi, Abad 21).

2. Tahap 2 Mengorganisasikan peserta didik

   1. Peserta didik dibagi perkelompok berdasarkan absen,

       absen ganjil mengerjakan pawarta1, link Youtube               https://www.youtube.com/watch?v=s0yTpgrOeL0 

       absen genap mengerjakan pawarta 2, link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=1KU3GWmotlM 

 (Collaboration, Abad 21)

    2. Peserta didik dibagikan LKPD untuk menganalisis        unsur-unsur teks pawarta sesuai dengan pembagian kelompok melalui platform dari tugas di PJJ https://pjjsma2baekudus.mediadidik.com/u/tasks/5410 (Integrasi ICT).

   3. Peserta didik menyimak penjelasan mengenai langkah-langkah pengerjaan LKPD.

3. Tahap 3 Membimbing peserta didik

   1. Peserta didik dibimbing menganalisis unsur-unsur pawarta lewat diskusi kelompok (percayadiri/PPK).

   2. Peserta didik dibimbing untuk menuliskan isi teks pawarta dengan ragam karma melalui diskusi kelompok dan tanya jawab dengan guru. (Collaboration, Abad 21)

4. Tahap 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

   1. Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok mengenai analisis unsur-unsur instrinsik pawarta didepan kelas (Communication, Abad 21).

   2. Peserta didik  memberikan tanggapan (pertanyaan, kritikan, saran) dalam kegiatan presentasi kelompok lain (Communication, Abad 21).

   3. Guru melakukan pengamatan keaktifan peserta didik sesuai jurnal penilaian sikap.

5. Tahap 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

   1. Guru memberikan penguatan hasil analisis dan presentasi peserta didik (Collaboration, Abad 21).

   2. Guru memberikan apresiasi siswa yang berani menampilkan hasil analisis (Communication, Abad 21).

   3. Peserta didik diberi penugasan untuk membuat teks pawarta dilingkungan sekitar dengan penerapan protokol kesehatan (Creativity, HOTs).

1. Guru beserta peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan (Collaboration, Abad 21).

2. Guru memberikan penguatan bagi peserta didik yang belum aktif dalam pembelajaran.

3. Guru mengingatkan  sekali lagi penugasan membuat teks berita di lingkungan sekitar tentang penerapan protokol kesehatan.

4. Guru menginformasikan aktifitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya (Communication, Abad 21).

5. Pembelajaran ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa (Religius, PPK).

5 menit

I. PENILAIAN PEMBELAJARAN

No

Jenis Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu Pelaksanaan

1.

Penilaian sikap

Pengamatan

Jurnal penilaian sikap

Saat pembelajaran berlangsung

2.

Penilaian Pengetahuan

Uraian

LKPD (terlampir)

Saat pembelajaran berlangsung

3.

Penilaian Keterampilan

Uraian

LKPD (terlampir)

Setelah pembelajaran berlangsung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun