Mohon tunggu...
Anggraini Fadillah
Anggraini Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - student at riau islamic university | content writer | host podcast

hi, i am anggraini fadillah. thank you for agreeing to read the article here ✨

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi: Sekadar Gelar

9 Juni 2024   10:50 Diperbarui: 9 Juni 2024   12:42 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ini hidupmu bukan hidup orang lain

***

Jangan lupakan bahwa jam terbang adalah sebuah bentuk anugerah

Tidak semua orang mendapatkan keduanya

Bahkan bisa dilakukan secara bersamaan

Yakni menjadi manusia kaya tujuh turunan ditambah kualitas otak di atas rata-rata

***

Puisi ini menggambarkan dua aspek yang selama ini selalu berseliweran terkait dengan orang-orang yang memilih untuk memiliki pendidikan yang tinggi dengan orang-orang yang mencukupkan atau merasa bahwa pendidikan itu tidaklah begitu penting. Namun, pernahkah kita berpikir bahwa dua aspek ini adalah hal yang berbeda?

Tentulah, jalur tempuhnya pasti berbeda. Untuk mendapatkan otak yang pintar dan kualitas yang bagus, tentu harus dibentuk dari pendidikan yang tidak hanya cukup sampai kita menamatkan SMA atau SMK akan tetapi mesti dilanjutkan lagi dengan kita menambah perguruan tinggi sebagai jenjang selanjutnya untuk menambahkan keluasan wawasan dan pengetahuan kita.

Lain cerita, apabila kita ingin menjadi seseorang yang kaya raya dan bulat, mentok sampai di sana. Itu jalurnya adalah dengan kita memfokuskan apa yang menjadi minat kita untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha bahkan sampai punya cabang di mana-mana maka tentu uang akan berakumulasi di sana karena kita telah memfokuskan usaha kita sampai mencapai di luar dari target yang selama ini tidak kita bayangkan. Tentu, kita menjadi seseorang yang kaya raya dengan harta yang terus meningkat.

Jadi, sedikit mengandung kesalahan persepsi apabila pendidikan itu disangkutpautkan dengan output bahwa seseorang nantinya akan mendapatkan profesi yang bagus setelah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi. Bukan berarti bahwa tidak boleh berharap terhadap pendidikan yang ada di perguruan tinggi untuk mendapatkan profesi yang diidam-idamkan atau dicita-citakan setelahnya akan tetapi kembali lagi pada diri sendiri bahwa profesi bagus itu bahkan untuk sekarang ini sangatlah susah didapat apabila diri kita tidak punya kualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun