TES KEBUGARAN JASMANAI TES LARI 1000 METER SISWA KELAS 5 UPT SATUAN PENDIDIKAN SDN 4 SENTUL KOTA BLITARÂ
Andik Rahmad Saleh1, Andi Prisma Mukti2, Andika Danu Pranowo3, Arik Gustanul4, Diki Candra Yuwono5, Irwan Setiawan6, Roviyan Yusuf Eka Wicaksana7
Mahasiswa PPG Calon Guru Prodi PJOK, PPG Universitas Nusantara PGRI Kediri2,3,4,5,7
Dosen PPG Calon Guru Prodi PJOK, PPG Universitas Nusantara PGRI Kediri6
DPL PPG Calon Guru Prodi PJOK, PPG Universitas Nusantara PGRI Kediri1
email: giersalehandik@gmail.com1, prismamuktisaja@gmail.com2, andikadanup022@gmail.com3, arikgust1818@gmail.com4, dikicandrayuwono@gmail.com5, irwansetiawan@unpkediri.ac.id6, yusufroviyan00@gmail.com7
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kebugaran jasmani siswa melalui tes lari 1000 meter pada siswa kelas 5 di UPT Satuan Pendidikan SDN 4 Sentul Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus yang melibatkan 26 siswa, terdiri dari 14 siswa putra dan 12 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa putra lebih banyak berada dalam kategori "Kurang" dengan rata-rata waktu 6,21 menit, sedangkan siswa putri mendominasi kategori "Sangat Kurang" dengan rata-rata waktu 10,2 menit. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil ini meliputi perbedaan genetik, aktivitas fisik harian, kebiasaan berlatih olahraga, asupan gizi, lingkungan, dan kondisi kesehatan saat tes. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran sekolah dan guru PJOK dalam menyediakan program kebugaran rutin, memberikan pemahaman tentang manfaat kebugaran jasmani, serta melakukan evaluasi berkala untuk meningkatkan kondisi fisik siswa.
Kata Kunci: Kebugaran Jasmani, Tes Lari 1000 Meter, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Jasmani.
Â
PENDAHULUAN