Judul: Creativity in Education: Teaching for Creativity Development
Jurnal Psychology
Volume & Halaman 2019, halaman 140-147
Penulis: Danielle E. Kaplan
Reviewer:Â Alfi Nur Hidayat (K5121086)
Tujuan PenelitianÂ
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik saat ini dan kerangka teoritis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas di lingkungan pendidikan, khususnya dalam pelatihan guru dan pendidik.
Hipotesis PenelitianÂ
Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa dengan mengintegrasikan teori kreativitas ke dalam desain instruksional, pendidik dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.
Kerangka PenelitianÂ
Kerangka penelitian ini didasarkan pada integrasi teori kreativitas ke dalam desain instruksional, dengan fokus pada pengembangan kreativitas siswa melalui pembelajaran dan desain proyek.
Metodologi PenelitianÂ
1. Desain Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi pengaruh integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional terhadap keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.
2. Partisipan: Sebanyak 21 dari 60 mahasiswa yang mengikuti kursus pemikiran kritis dalam mengajar dan belajar secara online di sebuah sekolah pendidikan di California menjadi subjek penelitian. Partisipan terdiri dari guru dan calon guru dengan latar belakang pendidikan yang beragam.
3. Instrumen dan Prosedur: Data dikumpulkan melalui analisis desain pelajaran dan proyek yang mengintegrasikan teori kreativitas. Partisipan diminta untuk menyertakan karya mereka dalam penelitian ini.
4. Analisis Data: Desain pelajaran dan proyek dievaluasi untuk memahami sejauh mana teori kreativitas diterapkan dan dipahami oleh pendidik. Data kualitatif dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan temuan utama terkait dengan integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional.
Subjek PenelitianÂ
Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti kursus pemikiran kritis dalam mengajar dan belajar secara online di sebuah sekolah pendidikan di California. Sebanyak 21 dari 60 mahasiswa menjadi sukarelawan untuk menyertakan karya mereka dalam penelitian ini.
Hasil PenelitianÂ
1. Integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional meningkatkan kemampuan pendidik dalam merancang pembelajaran yang mempromosikan kreativitas siswa.
2. Partisipan yang terlibat dalam kursus online mengalami peningkatan pemahaman tentang teori kreativitas dan kemampuan menerapkannya dalam desain pembelajaran.
3. Desain pelajaran yang memanfaatkan teori kreativitas menunjukkan tingkat keterlibatan siswa yang lebih tinggi dan hasil pembelajaran yang lebih baik.
4. Terdapat indikasi bahwa krisis pemikiran kreatif di kalangan pendidik, sehingga penting untuk mengembangkan kreativitas dalam pendidikan.
5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik perlu dilatih dalam menerapkan teori kreativitas untuk membentuk perkembangan siswa, terutama dalam pengembangan kreativitas.
6. Integrasi teori kreativitas dalam desain pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran secara keseluruhan.
KesimpulanÂ
Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran teori kreativitas dalam pendidikan dan menekankan perlunya pendidikan yang mendorong kreativitas sebagai bagian integral dari proses pembelajaran. Integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang merangsang kreativitas siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan dengan cara yang inovatif dan kreatif dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.
Kelebihan Â
Memiliki pembahasan yang lengkap dan mudah dimengerti.
Metode penelitian dituliskan dengan lengkap dan jelas.
Memberikan wawasan praktis tentang penerapan teori kreativitas dalam desain instruksional.
Kekurangan
Salah satu kekurangan dari penelitian ini mungkin terletak pada ukuran sampel yang relatif kecil dan fokus pada satu lokasi pendidikan tertentu
Link Jurnal
https://doi.org/10.4236/psych.2019.102012Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI