Mohon tunggu...
Alfi Nur Hidayat
Alfi Nur Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang suka jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Jurnal Internasional tentang Kreativitas

23 Juni 2024   16:38 Diperbarui: 23 Juni 2024   20:32 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Judul: Creativity in Education: Teaching for Creativity Development

Jurnal Psychology

Volume & Halaman 2019, halaman 140-147

Penulis: Danielle E. Kaplan

Reviewer: Alfi Nur Hidayat (K5121086)

Tujuan Penelitian 

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik saat ini dan kerangka teoritis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas di lingkungan pendidikan, khususnya dalam pelatihan guru dan pendidik.

Hipotesis Penelitian 

Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa dengan mengintegrasikan teori kreativitas ke dalam desain instruksional, pendidik dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.

Kerangka Penelitian 

Kerangka penelitian ini didasarkan pada integrasi teori kreativitas ke dalam desain instruksional, dengan fokus pada pengembangan kreativitas siswa melalui pembelajaran dan desain proyek.

Metodologi Penelitian 

1. Desain Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi pengaruh integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional terhadap keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.

2. Partisipan: Sebanyak 21 dari 60 mahasiswa yang mengikuti kursus pemikiran kritis dalam mengajar dan belajar secara online di sebuah sekolah pendidikan di California menjadi subjek penelitian. Partisipan terdiri dari guru dan calon guru dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

3. Instrumen dan Prosedur: Data dikumpulkan melalui analisis desain pelajaran dan proyek yang mengintegrasikan teori kreativitas. Partisipan diminta untuk menyertakan karya mereka dalam penelitian ini.

4. Analisis Data: Desain pelajaran dan proyek dievaluasi untuk memahami sejauh mana teori kreativitas diterapkan dan dipahami oleh pendidik. Data kualitatif dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan temuan utama terkait dengan integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional.

Subjek Penelitian 

Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti kursus pemikiran kritis dalam mengajar dan belajar secara online di sebuah sekolah pendidikan di California. Sebanyak 21 dari 60 mahasiswa menjadi sukarelawan untuk menyertakan karya mereka dalam penelitian ini.

Hasil Penelitian 

1. Integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional meningkatkan kemampuan pendidik dalam merancang pembelajaran yang mempromosikan kreativitas siswa.

2. Partisipan yang terlibat dalam kursus online mengalami peningkatan pemahaman tentang teori kreativitas dan kemampuan menerapkannya dalam desain pembelajaran.

3. Desain pelajaran yang memanfaatkan teori kreativitas menunjukkan tingkat keterlibatan siswa yang lebih tinggi dan hasil pembelajaran yang lebih baik.

4. Terdapat indikasi bahwa krisis pemikiran kreatif di kalangan pendidik, sehingga penting untuk mengembangkan kreativitas dalam pendidikan.

5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik perlu dilatih dalam menerapkan teori kreativitas untuk membentuk perkembangan siswa, terutama dalam pengembangan kreativitas.

6. Integrasi teori kreativitas dalam desain pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran secara keseluruhan.

Kesimpulan 

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran teori kreativitas dalam pendidikan dan menekankan perlunya pendidikan yang mendorong kreativitas sebagai bagian integral dari proses pembelajaran. Integrasi teori kreativitas dalam desain instruksional dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang merangsang kreativitas siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan dengan cara yang inovatif dan kreatif dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Kelebihan  

Memiliki pembahasan yang lengkap dan mudah dimengerti.

Metode penelitian dituliskan dengan lengkap dan jelas.

Memberikan wawasan praktis tentang penerapan teori kreativitas dalam desain instruksional.

Kekurangan

Salah satu kekurangan dari penelitian ini mungkin terletak pada ukuran sampel yang relatif kecil dan fokus pada satu lokasi pendidikan tertentu

Link Jurnal

https://doi.org/10.4236/psych.2019.102012 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun