Mohon tunggu...
Alfi Basiroh
Alfi Basiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Orang sukses ga santai.Orang santai ga sukses.... Mahasiswi S1 Reguler - Dosen Prof.Dr.Apollo M.Si.Ak - Alfi Basiroh - NIM 43220010121 - Universitas Mercu Buana

Nama : Alfi Basiroh - NIM : 43220010121 - Mata Kuliah : Teori Akuntansi - Dosen Pembimbing : Apollo, Prof, Dr, M.Si.Ak - UNIVERSITAS MERCU BUANA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuis 13_Kuliah 13_Penelitian Akuntansi sebagai Seni (Hermeneutika, Semiotika)

6 Juni 2022   19:19 Diperbarui: 6 Juni 2022   19:24 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LATAR BELAKANG

Sederhananya, pertukaran komunikator dan komunikan merupakan sebuah pesan dalam proses komunikasi. Pesan memainkan peran penting dalam proses komunikasi. Jika tidak ada pesan yang dikirim, proses komunikasi tidak akan terwujud. Jika tidak ada pesan, prinsip " We can't not communicate " tidak berlaku. Pesan-pesan dari proses komunikasi diekspresikan dalam bentuk linguistik dan non-verbal. Di sisi lain, ketika membahas pesan, Kita akan melihat dua hal yang terkait dengan pesan: simbol dan konten (makna) pesan. Simbol menunjukkan bagaimana pesan dibentuk menjadi simbol yang bermakna, dan isi (makna) mengacu pada apa yang ada di balik simbol. Pembahasan tanda atau "simbol" dibahas dalam semiotika, tetapi pembahasan isi makna suatu pesan dilakukan oleh hermeneutika karena berkaitan dengan penafsiran.

Akuntansi dapat diartikan sebagai metode pencatatan, klasifikasi, dan peringkasan, yang pada akhirnya memberikan informasi tentang keseluruhan kegiatan keuangan perusahaan (Ismail, 2010). Tujuan akuntansi dalam laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang berguna kepada pihak-pihak tertentu yang menjadi dasar keputusan bisnis..

Akuntansi biasa diartikan sebagai bahasa bisnis. Ini mengacu pada kegiatan bisnis di dunia individu dan perusahaan besar, menggunakan akuntansi hampir secara eksklusif untuk membuat perhitungan dan keputusan yang terkait dengan bisnis yang mereka lakukan.

Akuntansi juga dapat diartikan sebagai seni sebagai catatan transaksi keuangan. Ini termasuk kegiatan atau proses untuk mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasikan, memproses, dan menyajikan data terkait keuangan atau transaksi agar mudah digunakan dalam pengambilan keputusan yang tepat.

IDENTIFIKASI MASALAH

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan hubungan antara Pengarang (Author) dan Pembaca (Reader). Artinya, menghindari kesewenang-wenangan dan pemaksaan dalam memahami laporan keuangan perusahaan. Pasalnya, kompleksitas permasalahan yang dihadapi masyarakat yang menentukan makna laporan keuangan, sehingga pemahaman teks tidak dapat ditentukan oleh pengarang (Author), dalam hal ini penulis laporan keuangan. Bukan karena pembaca (Reader) yang menggunakan laporan keuangan secara sepihak.

Memahami teks harus menjadi produk dari interaksi yang hidup antara Pengarang (Author), Teks (Text), dan Pembaca (Reader). Dengan demikian, studi hermeneutika akuntansi dapat mengembalikan peran yang seimbang di antara teks, penulis, dan pembaca.

Dekonstruksi teori akuntansi terkait dengan pengembangan ilmu hermeneutika. Metode hermeneutika hanya dapat dilakukan dengan menggali isi makna literalnya. Bukan hanya teks, ia berusaha mengeksplorasi makna dengan melihat cakrawala yang mengelilingi teks, cakrawala penulis, cakrawala pembaca, dan cakrawala teks itu sendiri. Dengan kata lain, hermeneutika memperhatikan tiga metode interpretasi: Komponen utama aktivitas interpretatif: teks, konteks, dan kontekstualisasi.

RUMUSAN MASALAH

Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, saya merasa menarik untuk membahas apa itu akuntansi sebagai seni. Ini merumuskan pertanyaan penelitian tentang bagaimana akuntansi sebagai seni dapat dikaji dengan metode penelitian hermeneutika dan semiotik.

TINJAUAN PUSTAKA DAN PENELITIAN TERDAHULU

I. Akuntansi Sebagai Seni

Seni adalah keterampilan yang membutuhkan emosi, intuisi, pengalaman, bakat, dan refleksi yang membentuk kebijaksanaan secara keseluruhan. Akuntansi sebagai seni adalah seni mencatat transaksi keuangan. Artinya, dalam akuntansi, seni ini dapat eksis dalam bentuk keahlian dan pengalaman (di tingkat perusahaan atau negara) dalam memilih perlakuan atau kebijakan terbaik untuk mencapai tujuan akuntansi) Faktor Nilai ( Mempertimbangkan moral, ekonomi, sosial).

Akuntansi itu merupakan seni pada bidang pengetahuan, keterampilan, keahlian dan kerajinan yang mengandalkan penguasaan pengetahuan dan praktik. Akuntansi juga merupakan teknik untuk mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas transaksi dan peristiwa yang bersifat finansial dan menafsirkan hasilnya dengan cara tertentu, dalam hal unit mata uang.

Seni transaksi keuangan dapat diartikan sebagai siklus akuntansi keuangan, tetapi mengapa ditafsirkan sebagai seni mencatat transaksi keuangan? Karena siklus akuntansi dapat diartikan sebagai bagian dari metode perakitan dan pencatatan setiap transaksi keuangan yang terdapat dalam pembukuan. Ini karena siklus akuntansi memiliki fase untuk mencatat transaksi dalam jurnal, dan siklus akuntansi berisi lebih banyak fase.

II. Hermeneutik

Kata "hermeneutika" berasal dari hermeneutika Yunani dan berarti "menafsirkan". Kata benda hermeneia berarti "interpretasi" dan kata hermeneutes berarti penafsir. Kata Yunani yang terkait dengan kata "hermenetika" dikaitkan dengan nama dewa Hennes. Dengan kata lain, itu adalah utusan yang ditugaskan untuk mengirim pesan Jupiter kepada umat manusia. Tugas Hennes adalah menerjemahkan pesan-pesan ini dari dewa gunung Olympus ke dalam bahasa yang bisa dipahami orang.

Berawal dari mitologi Yunani, kata "hermeneutika" diartikan sebagai "proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi pemahaman." Secara khusus, bahasa adalah perantara yang sempurna dalam proses ini, sehingga proses ini mencakup bahasa (Palmer, 2003: 15). Menurut Palmer (2003: 15-36), mediasi dan proses mengkomunikasikan pesan "yang harus dipahami" yang terkait dengan Tuhan Hennes terkandung dalam tiga makna dasar Hermene Wayne dan Hermenia. Ketiga bentuk tersebut menggunakan kata kerja hermeneuin sebagai berikut:

1. Hermeneuein sebagai "mengekspresikan", "menegaskan", atau "mengatakan". Ini terkait dengan fitur "Notifikasi" Hennes.

2. Ermene Wayne sebagai "menjelaskan", interpretasi sebagai penjelasan menekankan aspek pemahaman wacana. Interpretasi berfokus pada penjelasan daripada dimensi interpretasi ekspresif. Hal terpenting dalam kata-kata adalah tidak mengatakan sesuatu, menjelaskan sesuatu, merasionalisasinya, atau mengklarifikasinya. Anda dapat mengungkapkan situasinya tanpa penjelasan. Ekspresi adalah interpretasi, dan penjelasan juga merupakan bentuk interpretasi.

3. Herme-neuein sebagai "menerjemahkan". Dalam dimensi ini "menafsirkan" berarti "menerjemahkan" yang merupakan bentuk khusus dari proses interpretatif dasar "membawa sesuatu untuk dipahami". Dalam konteks ini, seseorang membawa apa yang asing, jauh, dan tidak dapat dipahami ke dalam mediasi bahasanya sendiri, seperti Dewa Hennes, penerjemah menjadi media antara satu dunia dan dunia lain. "Terjemahan" membuat kita sadar akan cara kata-kata itu benar-benar membentuk pandangan dunia, bahkan persepsi kita; bahwa bahasa adalah perbendaharaan nyata dari pengalaman budaya, kita ada di dalam dan melalui media ini, kita dapat melihat melalui visinya.

III. Semiotika

Menurut etimologi, semiotika berasal dari bahasa Latin semeion, yang berarti tanda. Atau bahasa Yunani semeiotikos, yang berarti penerjemah tanda. Perkembangan semiotika dapat ditelusuri kembali ke Plato. Semiotika modern berasal dari bidang linguistik. Salah satu selebritinya adalah Ferdinand de Saussure, seorang ahli bahasa Swiss (ahli bahasa). Inti dari pemikiran Dososhur adalah perbedaan antara signifiant dan signifiant. Esai ini terutama didasarkan pada bab "Strukturalisme" dari buku Keith Barten "Filsafat Barat Abad ke-20".

Menurut Van Zoest (1993), ada 3 ciri gejala dan gejala, yaitu: pertama, sinyal perlu diamati dalam upaya untuk ditampilkan sebagai sinyal; kedua, sinyal perlu memperhitungkan hal lain atau menjadi representatif; dan ketiga, gejala dan gejala bersifat interpretatif. Jadi, ada 3 faktor yang menentukan sinyal, sinyal yang dapat ditangkap oleh indera, satu-satunya yang ditunjuk jauh, dan ini ada di dalam pikiran penerima. Dalam istilah yang mudah, ketiga hal tsb dapat didefinisikan sebagai segitiga tanda:

IV. Seni Memahami

Saya menerjemahkan istilah "seni memahami" dari istilah Jerman yang berasal dari Schleiermacher, "teori seni pemahaman". Apa arti "pemahaman" di sini, dan mengapa pemahaman dianggap "seni"? Istilah pemahaman mengacu pada proses memperoleh makna linguistik dalam hermeneutika. Secara lebih umum, tujuan pemahaman adalah struktur simbol atau teks. Dalam kehidupan kita sehari-hari kita berbicara dengan orang lain. Pemahaman adalah proses memahami maksud dan makna dari kata-kata yang diucapkan oleh pembicara. Objek pemahaman tidak lain adalah bahasa, tetapi bahasa tidak dapat dipisahkan dari pikiran pembicara. Perlu dicatat bahwa beberapa orang menggunakan kata-kata yang sama tetapi tidak berpikiran sama.

Oleh karena itu, perlu dibedakan antara "memahami apa yang dikatakan dalam konteks suatu bahasa dengan potensinya" dan "memahami sebagai fakta dalam pikiran pembicara".  2 Dua hal yang bertentangan satu sama lain. Kemudian, dalam percakapan, sering dapat dikatakan bahwa ada kesenjangan antara teks yang diucapkan dan pemikiran pembicara, antara teks dan maknanya, antara kata dan maknanya, dan antara tanda dan referensinya. Tanpa celah seperti itu, pasti tidak ada kesalahpahaman, tetapi ada saling pengertian. Sebaliknya, ia menyatakan bahwa proses pemahaman didorong oleh kebutuhan untuk mengisi kesenjangan. Apakah kita benar-benar dapat mengisi celah ini adalah pertanyaan lain yang belum kita diskusikan.

Hermeneutika dapat disebut "seni" karena dua alasan. Pemahaman membutuhkan upaya "canggih" dan tidak sukarela dengan sendirinya, karena seseorang memulai dengan situasi tanpa pemahaman umum atau kesalahpahaman umum. Kedua, praktik mengatasi kesalahpahaman umum adalah mengikuti aturan tertentu (Einfhrung, 91-92). Kata "seni" dipahami di sini sebagai "keahlian" yang ditemukan pada seniman yang menciptakan seni visual.

Schleiermacher membatasi karya hermeneutika pada seni pemahaman. Ini diperlukan karena ada hal-hal lain yang sering disamakan dengannya: seni berbicara dan seni menulis. Dua yang terakhir adalah "ekspresi tentang apa yang dikatakan" (The Hermeneutics Reader, 74), dan hermeneutika berfokus pada kesenjangan antara apa yang dikatakan dan apa yang diyakini. Saya cocok. Seni berbicara dan menulis berkaitan dengan bagian luar pemikiran, ekspresi linguistiknya. Dalam berbicara, ada gerakan dari dalam ke luar, yaitu untuk berekspresi, tetapi dalam pemahaman, ada gerakan dari luar, yaitu gerakan dari ekspresi dalam bahasa ke pemikiran. Ide di balik kalimat itu diperlukan ungkapan. "Hermeneutika" ditulis oleh Schleiermacher. " Dalam pengertian ini, hermeneutika harus dipahami sebagai seni mendengarkan daripada berbicara, dan seni membaca daripada menulis.

DESAIN DAN METODE PENELITIAN

1. Akuntansi sebagai seni model Hermeneutika

Berdasarkan fakta ini, peneliti akuntansi tidak boleh menjadi positivis dan menggunakan metode penelitian yang berakar pada sosiologi atau antropologi. Peneliti awal mulai memperkenalkan studi akuntansi menggunakan metode etnografi berdasarkan perspektif interaksi simbolik yang berakar pada filsafat interpretatif (Triyuwono, 2000). Dengan menerapkan metode ini, peneliti akuntansi diharapkan memiliki pemahaman yang jelas tentang realitas antara akuntansi, lingkungan, dan budaya organisasi.

Sangat penting untuk mengamati perkembangan ini dalam konteks riset akuntansi Indonesia. Di Indonesia, Indonesia menunjukkan adat istiadat, suku, budaya dan agama yang berbeda, secara mendalam mengungkap realitas dan fenomena yang sedang terjadi. Tulisan ini berupaya memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci mengenai metodologi hermeneutika dalam paradigma interpretasi studi akuntansi.

Hermeneutika terperinci dapat memberikan kerangka metodologis untuk memandu pelaksanaan analisis budaya dalam konteks pemahaman. Selain itu, dalam analisis ideologis yang dipaparkan oleh Thompson, Thompson juga memperhatikan bentuk tanda yang berkaitan dengan konteks historis dan sosial. 

Oleh karena itu, analisis ideologi yang sistematis dapat digambarkan sebagai bentuk khusus hermeneutika yang dalam. Tetapi kami memperhatikan hubungan antara makna dan kekuasaan. Bayangkan sesuatu yang lain yang secara pribadi penting dalam cara simbol digunakan untuk membangun dan mempertahankan hubungan dalam analisis dominasi. Ini menimbulkan pertanyaan baru tentang penggunaan dan interpretasi bentuk simbolik, hubungan antara introspeksi dan kritik.

Sebagai metode interpretasi, "hermeneutika" tidak hanya mengacu pada teks dalam ruang tertutup, tetapi interpretasi teks dilakukan melalui pembukaan ke teks di sekitarnya. Dalam penelitian akuntansi, kemampuan peneliti untuk menafsirkan makna di balik angka akuntansi dalam laporan keuangan adalah kunci bagaimana hermeneutika memahami realitas. Konsisten dengan pemahaman ini, Faiz (2003: 11) menyebutnya "pertimbangkan cakrawala yang mengelilingi teks: cakrawala teks, cakrawala penulis, dan cakrawala pembaca." Berdasarkan ketiga perspektif tersebut, diharapkan upaya pemahaman dan penafsiran akan menjadi kegiatan untuk merekonstruksi dan mereproduksi makna kalimat.

Artinya, itu tidak hanya tergantung pada bagaimana penulis membuat teks, konten apa yang dimasukkan penulis dan ingin dimasukkan dalam teks yang mereka buat, tetapi juga pada keadaan dan kondisi di mana teks dibaca.

Aristoteles pernah menggambarkan peri De Interpretatione dalam bukunya: dia tidak memiliki bahasa yang sama dengan orang lain. Dia seperti satu orang tidak berbagi bahasa yang dia tulis dengan orang lain. (Sumaryono, 1999: 24) Sejarah adalah istilah "hermeneutika". "Istilah ini dipahami dalam dua cara: hermeneutika sebagai seperangkat prinsip metodologis interpretasi dan hermeneutika sebagai penggalian filosofis dari sifat dan kondisi pemahaman yang tak terhindarkan (Palmer, 2003: 8).

2. Akuntansi sebagai seni model Semiotika

Semiotika adalah bidang penelitian yang membahas teori umum tanda dan tanda di bidang linguistik (fonetik, tata bahasa, morfologi, dan linguistik yang berhubungan dengan makna kata dan ekspresi). Simbol atau simbol Bahasa dan Tata Bahasa membentuk ekspresi bahasa yang merupakan media komunikasi.

Gallhofer dan Haslam (1991) berpendapat bahwa "akuntansi dan seni umumnya memiliki banyak kesamaan" (hlm.489). Karena mereka menggunakan bahasa kode, mereka memiliki bentuk ekspresi dan berinteraksi dengan konteks sosial. Mereka juga menemukan dalam studi teori kritis Frankfurt School, terutama "aura" artistik atau mistisisme dan kredibilitas yang diidentifikasi dalam Benjamin (1999), dalam kredibilitas dan netralitas yang diberikan kepada akuntansi.

Gallhofer dan Haslam (1996) kembali ke teori seni dan berpendapat bahwa lebih banyak perhatian harus diberikan pada "konten, konteks, dan bentuk". 

Dengan kata lain, cara penyajian informasi secara visual sama pentingnya dengan isinya. Teks yang diterbitkan sendiri dari karyanya menggunakan lukisan dan pendekatan untuk melukis yang terinspirasi oleh gerakan seni radikal "Dada" pada awal abad ke-20. Baru-baru ini, Brown (2010) telah menyarankan bahwa studi multidimensi dan interdisipliner tentang budaya visual mungkin menarik bagi seni sehari-hari dan seni "tinggi" dan mungkin berguna dari perspektif praktik akuntansi. tambah. 

Secara historis, posisi ganda akuntansi sebagai seni, sains, dan disiplin penelitian telah secara luas dibagi menjadi pendekatan yang terinspirasi secara artistik dan pendekatan yang lebih diposisikan secara akademis di bidang ekonomi dan psikologi. sawah. Sosiologi mengambil posisi netral.

Terinspirasi oleh humaniora awal, ia mempelajari estetika dan akuntansi (Cooper et al.). Pada tahun 1994), pekerjaan ekonomi awal berfokus pada dampak skema (seperti Smith dan Taffler 1984) dan grafik keuangan (seperti Beattie dan Jones 1992) pada pengambilan keputusan. Dalam edisi khusus organisasi dan masyarakat akuntansi tahun 1996 yang inovatif, laporan tahunan perusahaan (Graves et al. 1996, McKinstry 1996, Preston et al. 1996) mencakup tiga foto dan desain asli. Makalah interpretasi disertakan. Sejak itu, kemajuan yang signifikan telah dibuat dalam penelitian akuntansi visual interpretatif, termasuk karya yang diterbitkan dalam edisi khusus Journal of Accounting, Auditing &Accountability (2009).

Dalam konteks yang lebih luas dari identitas profesional akuntan, baik bentuk visual (arsitektur, periklanan, fotografi pers, brosur rekrutmen film dan video) secara terbuka mengomentari karakter dan etika khas akuntan (film, dll.).

Teori Akuntansi Semantik 

Teori akuntansi semantik ini menggaris bawahi pembahasan masalah memasukkan dunia nyata atau realitas ke dalam simbol-simbol bahasa akuntansi (unsur-unsur laporan keuangan) sehingga kegiatan dapat dibayangkan. 

Oleh karena itu, teori ini menjelaskan banyak tentang mendefinisikan makna suatu elemen, mengidentifikasi atribut atau properti suatu elemen sebagai bahan definisi, dan menentukan jumlah elemen sebagai salah satu atribut. Teori ini menjawab apakah unsur-unsur laporan keuangan bersifat representatif dan tidak boleh disalahpahami oleh pengguna laporan keuangan. Dan itu berfokus terutama pada definisi gelar, identifikasi fitur, dan faktor evaluasi.

Teori Akuntansi Sintatik 

Teori akuntansi komprehensif merupakan teori yang bertujuan untuk membahas pertanyaan bagaimana kegiatan suatu perusahaan yang selama ini secara simbolis disimbolkan oleh unsur-unsur keuangan dapat diwujudkan dalam bentuk laporan keuangan. Simbol-simbol tersebut (misalnya aset, kewajiban, dll.). Dalam teori akuntansi sintaksis, tidak hanya hubungan struktural antara unsur-unsur laporan keuangan, tetapi juga struktur pelaporan keuangan yang terdiri dari manajemen, unit pelaporan, pengguna pelaporan keuangan, sistem akuntansi, dan pedoman pelaporan (PABU). Juga termasuk.

Teori Akuntansi Pragmatik 

Teori ini berfokus pada dampak informasi terhadap perubahan perilaku pengguna laporan. Teori praktis juga menjelaskan berbagai masalah dan masalah yang terkait dengan pengujian kegunaan informasi baik dalam pelaporan keuangan eksternal maupun konteks manajemen.

Pragmatik berkaitan dengan pertanyaan tentang efektivitas komunikasi, atau apakah informasi mencapai tujuannya dan ditafsirkan dengan benar. Kemudian jawab pertanyaan tentang kegunaan informasi, atau apakah pihak yang dituju menggunakan informasi yang dimaksud sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Dan akhirnya, kegunaan informasi adalah kunci efektivitasnya dalam mencapai tujuan pelaporan keuangan.

HASIL PENELITIAN

Menurut hasil dari penelitian pada teori hermeneutika, semiotika dalam bidang auditing sejak tahun 2004- 2018 oleh Prof. Dr. Apollo pada salah satu penelitiannya yaitu transliterasi Hermenutika Paul Ricoeur. Berikut adalah beberapa kesimpulan dari hasil penelitian beliau yang dapat saya ambil :

Pertama, ada dua bentuk wacana, verbal dan tulisan. Teks laporan keuangan tahunan dihidupkan melalui berbagai diskusi untuk mendapatkan bukti audit. Membaca dan menyusun ulang adalah cara untuk meremajakan teks laporan keuangan. Ketika kita mengatakan bahwa laporan keuangan adalah bisnis, sebenarnya sama dengan mengatakan bahwa laporan keuangan adalah keseluruhan yang tidak dapat ditelusuri kembali ke kalimat yang membentuknya.

Memahami teks sebagian besar tidak terpengaruh oleh klien dan situasinya. Memahami berarti menemukan dan menyelidiki makna dunia sebagaimana terungkap dalam teks laporan keuangan, yang memiliki semua aspek berikut: Dengan kata lain, memahami teks berarti mengikuti pergerakan dari makna ke referensi. Dalam posisi ini, hermeneutika adalah teori aturan untuk menafsirkan laporan keuangan sebagai tanda, tanda, bahasa isyarat, percakapan (bahasa), atau suara yang melampaui jarak budaya dan kerenggangan sejarah.

Kedua, teks laporan keuangan terdiri dari simbol, simbol, dan teks. Jika auditor ingin mencapai kesepakatan, prasyaratnya adalah mediator atau memerlukan mediasi. Tidak ada pemahaman tanpa mediasi tanda, tanda, teks, kegembiraan, dan kuantitas. Oleh karena itu, mediasi ini disebut sebagai teks laporan keuangan dan bukti audit yang mendukung pelaksanaan audit. Kata-kata dalam tubuh kesimpulan memiliki arti yang berbeda, seperti 12 kategori Cartesian, Hegelian, Kant, dan 10 kategori Aristoteles atau Plato pada garis pemisah (Republik, Volume 6). Oleh karena itu, memahami gelar terbuka untuk seluruh kategori.

Ketiga, Transformasi 4 kategori Hermeneutika Ricoeur

1. Dengan menafsirkan kembali struktur pencarian objektivitas. Laporan keuangan disiapkan oleh asumsi-asumsi kunci dan aturan deskriptif yang ditetapkan oleh standar akuntansi, yang pada gilirannya menentukan klasifikasi representasi mereka. Penguji kemudian dapat menafsirkan kembali pedoman untuk kriteria ujian. Setelah memahami hermeneutika, semiotika, dan penelitian yang telah saya lakukan, kriteria pengujian tidak memadai dan saya membutuhkan pendekatan lain yang dapat diadaptasi di luar kebutuhan saya. Proses ini dapat menjauh dari karya teks dan wacana serta mencapai penafsiran yang diharapkan dianggap tepat.

2. Jarak dengan menulis. Dengan penciptaan teks akhir (sinkron dan sinkronik), wacana dalam teks akhir tidak lagi diubah atau direvisi. Teks laporan keuangan yang dapat diaudit adalah bahwa tidak ada amandemen yang relevan atau laporan tambahan setelah melakukan prosedur audit atau keterlibatan. Selain itu, untuk memahami teks akhir, auditor harus dapat menjauhkan diri agar tidak membuang waktu. Auditor harus memiliki jarak atau mengambil jarak sehingga tidak ada distorsi makna. Dengan adanya distingensi jarak akan menciptakan kreativitas interplay yang lebih luas, lebih dalam, bervariasi, dan mampu memahami "di luar" literasi awal para penyusun laporan keuangan.

3. Dunia Teks. Isi tekstual dari pernyataan ekonomi adalah wacana yang berusaha mengungkap realitas sektor ini. Konten tekstual dari pernyataan ekonomi menginformasikan olahraga perusahaan dari agensi pada periode tertentu. Wacana isi tekstual pernyataan ekonomi di samping bentuk komunike miring ditemukan melalui sistem aset, utang, modal, pendapatan, pengeluaran, dan pendapatan atau kerugian. Secara aksiologis, isi tekstual dari pernyataan ekonomi harus dapat direpresentasikan kepada pedagang atau pemberi pinjaman sebagai dasar untuk memproyeksikan peluang yang mereka miliki. Apakah gerakan yang akan dicapai segera setelah mungkin ada statistik dikenal sebagai sektor konten tekstual

4. Pengalihan. Memahami teks laporan keuangan berarti memahami diri sendiri. Ini juga disebut subjektivitas dan intersubjektivitas penguji. Proses auditor memahami (memahami) teks laporan keuangan melalui kerangka anggaran. H. Sebelum melakukan proses evaluasi, sesuaikan sesuatu dengan pandangan asing Anda (subjektivitas) terlebih dahulu. Ini disebut otonomi atau kemerdekaan.

Sumber :

Belkaoui, Ahmed Riahi, 2007. Teori Akuntansi. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat Jakarta

Thompson, J.B. Hermeneutics & The Human Sciences. New York: Cambridge University Press.

Kiz, Vladimir. 2020. The art of accounting. Novosibirsk state university of economics and management, Russian Federation

https://www.kompasiana.com/balawadayu/5c4745f0aeebe10e2e1f5297/model-interprestasi-laporan-keuangan-integrasi-hermeneutika-gadamer-derrida?page=all

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun