Kegiatan diawali dengan:
- Mulai dari Diri - Modul 3.2 dengan Tujuan Pembelajaran Khusus:  Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini, CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal  tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dan bisa memetakan aset berbasis kekuatannya baik pada diri sendiri maupun sekolah dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
- Eksplorasi Konsep - Modul 3.2
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah.
- CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah.
- CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD).
- CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya.
Pada Eksplorasi Konsep terdapat pertanyaan pemantik yaitu :
Menganalisis sekolah sebagai ekosistem membantu kita memahami berbagai elemen yang berperan dalam proses pendidikan dan bagaimana mengelolanya secara efektif.
1. Faktor-Faktor Biotik dan Abiotik dalam Ekosistem Sekolah
- Faktor Biotik:
Siswa:Individu yang terlibat dalam proses pembelajaran dan berkontribusi pada dinamika sosial sekolah.
Guru dan Staf Pengajar: Mereka yang memberikan pengajaran, bimbingan, dan dukungan untuk perkembangan siswa.
Kepala Sekolah: Pemimpin yang mengarahkan visi dan kebijakan sekolah.
Orang Tua dan Komunitas: Pihak yang berperan dalam mendukung dan terlibat dalam kegiatan sekolah.
Staf Administrasi: Mereka yang mendukung operasional sehari-hari sekolah.
- Faktor Abiotik: