A.Konsep Pendidikan Islam dan Kaitannya Dengan Pemberdayaan Masyarakat
1.Pendidkan Islam Secara Komprehensif
 Untuk menciptakan manusia yang berkarakter kuat dan mampu menjunjung tinggi kehormatan dan martabat negara , pendidikan komprehensif berupaya memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berkembang tidak hanya secara intelektual tetapi juga fisik dan spiritual. Seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara , " adalah manusia yang sepenuhnya mandiri yang hidupnya lahir dan batin tidak bergantung pada orang lain , tetapi bersandar pada kekuatannya sendiri . "manusia yang berkarakter kuat yang dapat menegakkan kehormatan dan martabat negara , pendidikan yang komprehensif berusaha memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berkembang tidak hanya secara intelektual tetapi juga secara fisik dan spiritual. Seperti yang pernah dikatakan Ki Hajar Dewantara , " adalah manusia yang benar - benar mandiri yang hidupnya lahir dan batin tidak tergantung pada orang lain ,mengandalkan kekuatannya sendiri . " "Pendidikan yang bertumpu berdasarkanberbagai pendekatan, seperti pendekatan psikologis , pendekatan karakter , pendekatan sosial , beberapa pendekatan,emosional, pendekatan spiritual, pendekatan intelektual , dan segenap spesifikasi atau komponen pendidikan , yaitu visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, " demikian yang didefinisikan Abuddin Nata sebagai pendidikan komprehensif , seperti pendekatan psikologis , pendekatan karakter , sosial, emosional , spiritual, intelektualdan seluruh spesifikasi atau komponen pendidikan ; visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar , " itulah yang didefinisikan Abuddin Nata sebagai pendidikan komprehensif .Â
 Salah satu organisasi yang memimpin jalan dalam bidang ini adalah Yayasan Hiritage Indonesia di Jakarta , yang menggunakan pendekatan berbasis karakter yang komprehensif untuk mengajar siswa taman kanak-kanak (TK di dalamdan sekolah dasar ( SD ) .Area ini adalah Yayasan Hiritage Indonesia di Jakarta, yang menggunakan pendekatan berbasis karakter yang komprehensif untuk mengajar siswa taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar ( SD) . Teori sosial, emosional, kognitif, fisik,fisik teori moral dan spiritualsemuanya diterapkan dalam gaya pendidikan ini .semuanya diterapkan dalam gaya pendidikan ini . Diharapkan model ini akan meningkatkan kapasitas siswa untuk tumbuh menjadi individu yang utuh, kreatif , mandiri , mengantisipasi bahwabertanggung jawab yang terintegrasi secara spiritual, akademis, sosial, fisik, dan emosional.model ini akan meningkatkan kapasitas siswa untuk tumbuh menjadi individu yang utuh, kreatif , mandiri, dan bertanggung jawab yang terintegrasi secara spiritual, akademis, sosial, fisik, dan emosional.
 Dengan pendekatan mendekatiterhadap pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa , pendidikan holistik berbasis karakter ini berupaya mengembangkan semua kualitas manusia .untuk pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa , pendidikan holistik berbasis karakter ini berupaya mengembangkan semua kualitas manusia. dan pengetahuan praktis. Pengetahuan teoritis tentang ramah otaktentang pembelajaran yang ramah otak , kecerdasan emosional , komunikasi efektif , pembelajaran kooperatif , pembelajaran kontekstual , pembelajaran berbasis pertanyaan , penerapan eksplisit dari sembilan pendidikan karakter mengetahui, merasakan, dan melakukan kecerdasan ganda , manajemen kelas yang efektif , pembelajaran siswa aktif , bahasa utuh , penerapan modul pendidikan holistik berbasis karakter , teknik mendongeng , kreativitas, dan topik lainnya akan diberikan kepada para guru .Pembelajaran, kecerdasan emosional , komunikasi efektif , pembelajaran kooperatif , pembelajaran kontekstual , pembelajaran berbasis pertanyaan , penerapan eksplisit sembilan pendidikan karakter mengetahui, merasakan, dan melakukan kecerdasan berganda , pengelolaan kelas efektif , pembelajaran siswa aktif , bahasa utuh , penerapan modul pendidikan holistik berbasis karakter , teknik mendongeng , kreativitas, dan topik lainnya akan diberikan kepada guru.
 Education that begins with the philosophy of God, people, society, the universe, science, and high morals that are founded on religious principles is known as comprehensive holistic education. Berbagai komponen pendidikan , meliputi visi, misi, tujuan, kurikulum, tenaga pengajar dan pembelajar , peserta didik , prasarana, manajemen , pendanaan, lingkungan, kerjasama, dan penilaian, kemudian dikembangkan dengan menggunakan hasil kajian seluruh faktor tersebut . Hasilnya , reflektifitas, integrasi kurikulum , fokus pada pembelajaran yang menyenangkan , pengembangan sumber daya manusia , dan penggunaan semua strategi pengajaran dan pembelajaran hasil,yang memadukan pembelajaran berbasis guru dan siswa merupakan ciri dan gaya pendidikan holistik yang komprehensif .reflektifitas, integrasi kurikulum , fokus pada pembelajaran yang menyenangkan , pengembangan sumber daya manusia , dan penggunaan semua strategi pengajaran dan pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis guru dan siswa adalah semua ciri dan gaya pendidikan holistik yang komprehensif .
2.Nilai Nilai Pendidikan Islam Dengan Pemberdayaan
 Keseluruhan sistem tercermin dalam nilai - nilai dasarnya . Sesuatu yang menentukan atau kualitas suatu objek yang menentukan jenis atau apresiasi atau minat apa pun. Menurut Encyclopedia Britannica, " valm adalah penentuan atau kualitas suatu objek yang melibatkan jenis atau apresiasi atau minat apa pun . " bagi Milton dan James Bank , adalah sejenis kepercayaan yang termasuk dalam suatu sistem kepercayaan dan menentukan bagaimana seseorang harus bersikap atau tidak bertindak , serta apa yang pantas atau tidak pantas untuk dilakukan, dimiliki , atau dipikirkan . menunjukkan dirinya dalam tindakan seseorang , baik dilakukan atau tidak . Menurut definisi ini , ininilai adalah gagasan , pola pikir, dan keyakinan seseorang tentang segala sesuatu yang menurutnya berharga .Definisi, nilai adalah gagasan, pola pikir, dan keyakinan seseorang tentang apa pun yang menurutnya berharga. Paradigma , identitas , dan gagasan menyeluruh suatu sistem akan tercermin saat nilai diberikan padanya .semuanya akan tercermin saat nilai diberikan padanya . Dengan demikian, prinsip prinsip dasar bahasa inggrispendidikan Islam mengacu pada dasar - dasar etika , moral Pendidikan Agama Islamdan praktis pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam .merujuk pada dasar-dasar etika , moral , dan praktis pendidikan yang didasarkan pada ajaran Islam.
 Dalam hal ini perhatian, islamiprinsip inti pendidikan pendidikanmembedakannya dari pendekatan pendidikan lain dan menunjukkan ciri-ciri yang unik .Prinsip inti membedakannya dari pendekatan pendidikan lain dan menunjukkan ciri yang unik . Namun , penting untuk pentingdicatat bahwa Islam hanya disebutkan sebagai untuk dicatat,ciri khas " dalam pendidikan Islam .namun demikian , Islam hanya disebutkan sebagai sebuah "ciri khas " dalam pendidikan Islam . Hal ini berdampak pada setiap aspek pendidikan Islam seperti itusehingga akan melahirkan umat Islam yang mampu menjalankan peran yang diberikan oleh Allah , yaitu sebagai khalifah dan abid .jauhagar melahirkan umat Islam yang mampu menjalankan peran yang telah diberikan oleh Allah , yaitu sebagai pemimpin dan abid .Â
3.Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Individu Yang Produktif Dan Berdaya Saing
 Pendidikan itu pentingIslam untuk mengembangkan daya saing dan produktif pribadi kualitas pribadi .. Dengan menanamkan prinsip prinsip moral dan etika-prinsip ditemukan dalam ajaran Islam , pendidikanyang ditemukan dalam ajaran Islam , pendidikan berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan karakter yang kuat dan bertanggung jawab di samping memberikan pengetahuan .berfungsi sebagai sarana mengembangkan karakter yang kuat dan bertanggung jawab selain memberikan pengetahuan .Â
a.Pengajaran Niai-nilai MoralÂ
Pendidikan menanamkan cita-cita seperti tugas sosial , keadilan, kasih sayang, dan kejujuran. Cita-cita membantu siswa dalam menghayati konsep -konsep yang mendasari perilaku moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari . berperilaku terhormat dan membuat keputusan bijak dengan menganut keyakinan ini .
b.Pembentukan Sikap Positif
Siswa belajar cara menumbuhkan kebajikannilai-nilai seperti empati, menyukai, dan kesadaran sosial melalui pendidikan agama .empati, toleransi, dan kesadaran sosial melalui pendidikan agama . pendidikan memupukIslam rasa tanggung jawab sosialjawab dengan mempromosikan kesukarelaanmempromosikan kesukarelaan dan partisipasi dalam usaha amal .dan partisipasi dalam usaha amal . Hal ini sangat penting untuk mengembangkan karakter seseorangseseorang WHOpeduli pada orang lain selain pada dirinya sendiri .peduli pada orang lain selain pada dirinya sendiri .Â
c.Pengembangan Keterampilan Social
Pendidikan juga menempatkanIslam penekanan kuat pada akuntabilitas danpada akuntabilitas dan kerja kerja sama.tim. Siswa belajar bagaimana cara berkolaborasi dengandengan orang lain orang lain danmenerima tanggung jawab atas tindakan mereka dalam lingkungan ini , dua kualitas yang penting di tempat kerja.menerima tanggung jawab atas tindakan mereka dalam situasi ini , dua kualitas yang sangat penting di tempat kerja . Hal ini menghasilkan orang- WHO orang yang siap bersaing di pasar tenaga kerjatenaga kerja selain memiliki kemampuan akademis yang baik .selain memiliki kemampuan akademis yang baik .Â
d. Kesadaran Spiritual dan EtikaÂ
Pendidikan memberiIslam orang-orang yang memiliki spiritual yang solidspiritual yang dasardengan membantu mereka memahami makna hidup dan hubungan mereka dengan Tuhan .dengan membantu mereka memahami makna hidup dan hubungan mereka dengan Tuhan . Pengembangan karakter perkembangan yang lebih mendalam difasilitasi oleh pemahaman spiritual ini , karena orang bekerja untuk menjalani kehidupan bermoral di samping mengejar kesuksesan finansial .difasilitasi oleh pemahaman spiritual ini , saat orang bekerja untuk menjalani kehidupan bermoral di samping mengejar kesuksesan finansial .
B.Pendidikan Kreatif sebagai Solusi Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran
Pendekatan pengajaran yang dikenal sebagai " pendidikan kreatif " menempatkan penekanan kuat pada nilai inovasi dan kreativitas dalam membantu siswa mencapai potensi penuh mereka .untuk pengajaran yang dikenal sebagai " pendidikan kreatif " menempatkan penekanan kuat pada nilai inovasi dan kreativitas dalam membantu siswa mencapai potensi penuh mereka . metode mencariini untuk membantu anak-anakanak-anak belajar dengan cara yang mempelajaridan menantang sekaligus menumbuhkan kreativitas , keingintahuan , dan orisinalitas mereka .dengan cara yang menarik dan menuntut sekaligus memupuk kreativitas, keingintahuan , dan orisinalitas mereka . Menurut pendidikan kontemporer kontemporer, pendidikan,merupakan kemampuan krusial yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah di masa yang semakin kompleks , seperti revolusi industri .kreativitas merupakan kemampuan krusial yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah di masa yang semakin kompleks , seperti revolusi industri .Â
Penting untuk difokuskan pada pengembangan saat menumbuhkan kreativitas. Siswa harus mampu berpikir kreatif agar dapat menerjemahkan pemikiran mereka menjadi tindakan praktis dan bermanfaat . Dukungan dari guru sangat penting untuk perkembangan siswadan kemampuan berpikir kritis kreativitas dan berpikir kritis.kemampuan. Hal ini dikarenakan keterampilan tersebut dapat membantu siswa dalam mengatasi hambatan , menyelesaikan kesulitan, dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi di masa yang akan datang .Â
Selain itu, di tempat kerja yang lebih dinamis dan kompleks saat ini , orisinalitas dan kemampuan berpikir kreatif sangat dihargai . Oleh karena itu, pendidik harus menumbuhkan suasana yang menginspirasi dan mempromosikan ide asli dan pemikiran kreatif siswa . tugas dan memungkinkan mereka bereksperimen dengan beragam pendekatan terhadap pemecahan masalah adalah salah satu cara untuk melakukannya .Â
Banyak Para akademisi telah meneliti nilai dari pembinaanpengembangan kreativitas siswa dan kapasitas berpikir orisinal di kelas .kreativitas siswadan kapasitas untuk berpikir orisinal di kelas . Menurut kepenelitian Tintin Suhaeni , kemampuan berpikir kreatif sangat penting agar inovasi berhasil di sektor korporasi .Film TintinPenelitian Suhaeni , kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi inovasi untuk berhasil di sektor korporasi . Selain Selain itu, kapasitas siswakapasitas untuk mengatasiuntuk mengatasi rintangan dan memecahkan kesulitan berkorelasi kuat dengan kapasitas mereka untuk berpikir kreatif .rintangan dan memecahkan kesulitan sangat berkorelasi dengan kapasitas berpikir kreatifnya . Menurut kepenelitian Putu Arnyana , anak yang memiliki orisinalitas dan kemampuan berpikir kreatif lebih mampu memecahkan masalah dan menghasilkan solusi orisinal .PutuPenelitian Arnyana , anak - anak yang memiliki orisinalitas dan kemampuan berpikir kreatif lebih mampu memecahkan masalah dan menghasilkan solusi orisinal .Â
1.Hubungan Antara Pendidikan Kreatif Dengan Peningkatan Daya Saing Individu Di Pasar Kerja.
Khususnya mengingat lampusektor kreatif dari yang berkembang pesatpesat , pendidikan kreatif sangat penting untuk meningkatkan daya saing individu di pasar tenaga kerja .sektor kreatif , pendidikan kreatif sangat penting untuk meningkatkan daya saing individu di pasar tenaga kerja . faktor membantuini untuk menjelaskan hubungan ini .
a.Pengembangan Keterampilan dan Pengetahuan
Pendidikan dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih produktif dan peka terhadap tuntutan pasar , terutama ketika menekankan kreativitas dan inovasi . yang baik dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih produktif dan peka terhadap tuntutan pasar , terutama jika pendidikan tersebut menekankan kreativitas dan inovasi . Orang - orang dapat memperoleh keterampilan teknis dan nonteknis yang dibutuhkan untuk berhasil dalam ekonomi global dengan mengikuti kurikulum yang relevan dengan kebutuhan mereka .memperoleh keterampilan teknis dan lunak yang dibutuhkan untuk berhasil dalam ekonomi global dengan mengikuti kurikulum yang relevan dengan kebutuhan mereka . Sementara pendidikan nonformal pendidikandan pelatihan langsung membantu meningkatkan kemampuan praktis sesuai dengan tuntutan industri , pendidikan formal menawarkan landasan teori yang kuat .dan pelatihan langsung membantu meningkatkan kemampuan praktis sesuai dengan tuntutan industri , pendidikan formal menawarkan landasan teori yang kuat .Â
b.Stimulasi inovasi dan kreativitasÂ
Selain menekankan kecakapan teknis , pendidikan kreatif juga kemenumbuhkan pemikiran kritis dan kreatif .dengan menekankan kecakapan teknis , pendidikan kreatif menumbuhkan pemikiran kritis dan kreatif . Lulusan dari lembaga pendidikan Lembagayang mendorong penyelidikan konsep dan solusi baru diperlengkapi untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan teknologi dan bisnis .yang mendorong penyelidikan konsep dan solusi baru dilengkapi untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan teknologi dan bisnis . Hal sangat penting untuk mengembangkan barang dan jasa barubarang dan jasa ituyang dapat meningkatkan kemampuan bisnis untuk bersaing di pasar .dapat meningkatkan kemampuan bisnis untuk bersaing di pasar .
c.Adaptasi terhadap perubahan pasarÂ
Tenaga tenaga kerja dengan pendidikan lebih tinggiberpendidikan adalahlebih siap menyesuaikan diri dengan perubahan tuntutan pasar dan kemajuan teknologi .lebih siap untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tuntutan pasar dan kemajuan teknologi . Orang WHO- orang menerima pendidikan berkualitas tinggipendidikan berkualitas memiliki perlengkapan yang lebih baiklebih siap untuk menangani situasi sulit di tempat kerja dan memperoleh keunggulan kompetitif di berbagai industri .untuk menangani situasi sulit di tempat kerja dan mendapatkan keunggulan kompetitif di berbagai industri . Oleh karena itu , membelanjakan uang untuk pendidikan meningkatkan prospek pekerjaan masyarakatprospek pekerjaan Selain itudi samping keterampilan mereka .untuk keterampilan mereka .
d.Kolaborasi antara industri dan pendidikan
Untuk memastikanbahwa kurikulum memenuhi tuntutan pasar , kerja sama antara lembaga akademis dan bisnis sangat penting .bahwa kurikulum tersebut memenuhi tuntutanpasar, kerjasama antara lembaga akademis dan bisnis sangatlah penting. Siswa memperoleh pengalaman dunia nyata yang sangat berharga melalui magang dan proyek kelompok , yang meningkatkan kesiapan mereka untuk memasuki dunia kerja.pengalaman melalui magang dan proyek kelompok , yang meningkatkan kesiapan mereka untuk dunia kerja. Dengan berbagi pengetahuan antara akademisi dan profesional bisnis , kemitraan ini juga mendorong inovasi.kemitraan juga mendorong inovasi.Â
e.Dampak pada pertumbuhan ekonomi
Dengan menghasilkan orang - orang yang tidak hanya dipersiapkan untuk dunia kerja tetapi jugadunia mamputetapi juga mampu memulai bisnis sendiri , pendidikan kreatif mendorong pertumbuhan ekonomi .memulai bisnis mereka sendiri , pendidikan kreatif mendorong pertumbuhan ekonomi . Lulusan yang kreatif lebih mungkin untuk memulai bisnis mereka sendiri dan menyediakan kesempatan kerja bagi mungkinorang lain, yang membantu sektor ekonomi tumbuh secara strategis .untuk memulai bisnis mereka sendiri dan menyediakan kesempatan kerja bagi orang lain, yang membantu sektor ekonomi tumbuh secara strategis .
2.Solusi Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran
 Sejumlah taktik yang berpusat pada intervensi sosial ,intervensi pengembangan perusahaan ,pengembangan usaha , dan pemberdayaan masyarakat digunakan dalam upaya Indonesia untuk memerangi kemiskinan.dan pemberdayaan masyarakat digunakan dalam upaya Indonesia untuk menanggulangi kemiskinan . Berdasarkan padapenelitian dan kebijakan saat saat ini, solusi berikut telah disarankan :penelitian dan kebijakan , solusi berikut telah disarankan :Â
Strategi Pemberdayaan Kewiraushaan Sosial
a.Pengembangan Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM)Â
Salah satu cara praktiscara untuk mengurangiuntuk mengurangi kemiskinan adalah melalui kewirausahaan sosial .kemiskinan adalah melalui kewirausahaan sosial . Pemerintah pemerintahdapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja bisa menaikkandengan mendukung UMKM .pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru dengan mendukung UMKM.
b.Pendidikan dan PenelitianÂ
Masyarakat dapat menjadi lebih mandiri secara ekonomi dengan mengembangkanmandiri bakat merekadengan mengembangkan bakat mereka melalui pendidikan kejuruan dan pelatihan kewirausahaan .melalui pendidikan kejuruan dan pelatihan kewirausahaan . Untuk menjamin tujuan bisnis ,tujuan program ini, program ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar .harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar .
c.Akses KepembiyayaanÂ
Akses ke keuangan melalui program pembiayaan programyang dirancang untuk pemilik usaha kecil , termasuk dana bergulir atau pinjaman mikro, dapat membantu mereka meluncurkan atau memperluas usahanya .dirancang untuk pemilik usaha kecil , termasuk dana bergulir atau pinjaman mikro, dapat membantu mereka meluncurkan atau memperluas usahanyaÂ
Intervensi Sosial
a.Program Keluarga Harapan (PKH)
Tujuan sasaranprogram ini adalah untuk secara langsung membantu keluarga berpenghasilan rendah dengan kebutuhan khusus, termasuk anak - dariyang perlu bersekolah dan memperoleh perawatan medis .program ini ditujukan untuk secara langsung membantu keluarga berpenghasilan rendah dengan kebutuhan khusus , termasuk anak-anak yang perlu bersekolah dan memperoleh perawatan medis . Ini berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang .kesehatan
b.Pekerja SosialÂ
pekerja sangatlah pentingsosial dalam membantu masyarakat miskin meningkatkan fungsi sosial mereka .sosial . Mereka membantu dalam mengenali potensi setiap orang dan memberikannyadan memberi mereka akses ke sumber daya yang mereka akses ke.sumber daya yang mereka butuhkan.Â
c.Pendekatan HolistikÂ
Mengurangi kemiskinan memerlukan strategi strategiyang mengatasi masalah yang membahas, pendidikan, dan kesehatan di samping masalah ekonomi .masalah sosial, pendidikan, dan kesehatan di samping masalah ekonomi . Semua dariaspek aspek-aspek iniharus dicakup oleh kebijakan untuk menghasilkan efek jangka panjang .harusdicakup oleh kebijakan untuk menghasilkan efek jangka panjang .
Kebijakan Pemerintah
a.Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri
Pemerintah pemerintahtelah memperluas inisiatif telah diperpanjangsejak tahun 2007 dalam upaya memperkuat ekonomi lokal dan sumber daya manusia di masyarakat .inisiatif ini sejak tahun 2007 dalam upaya memperkuat ekonomi lokal dan sumber daya manusia di masyarakat .
b.Penyediaan InfrastukturÂ
Meningkatkan standar taraf hidupdi masyarakat di dalammemerlukan investasi dalam infrastruktur penting , seperti akses ke komunitas miskinsanitasi , air bersih , dan fasilitas medis di lokasi terpencil .membutuhkan investasi dalam infrastruktur penting , seperti akses ke fasilitas sanitasi , air bersih , dan fasilitas medis di lokasi terpencil .Â
c.Kebijakan Pajak yang Adil
Mengurangi kesenjangan ekonomi ketidaksamaandan mendanai inisiatif sosial yang membantu masyarakat miskin dapat dicapai melalui pajak yang lebih adil .dan pendanaan inisiatif sosial yang membantu masyarakat miskin dapat dicapai melalui pajak yang lebih adil .
C.Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Islam Kreatif
     Strategi adalah penggunaan menggunakansumber daya milik sendiri ,termasuk waktu , uang, tenaga, dan perlengkapan, untuk mencapai tujuan yang dariditentukan sebelumnya .sumber daya yang dimiliki seseorang , termasuk waktu, uang, tenaga, dan perlengkapan, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya . Pemberdayaan masyarakat , di sisi Di sisi lain , merupakan sebuah proses yang membangun dan memperkuat kapasitas masyarakat untuk tetap bertahan .kapasitas masyarakat aktiftetap aktif dalam proses pembangunan yang dinamis , sehingga memungkinkan mereka untuk secara mandiri dan bebas mengambil keputusan serta memecahkan masalah.dalam proses pengembangan yang dinamis , memungkinkan mereka secara mandiri dan bebas membuat keputusan serta memecahkan masalah.
    Kurangnya darikepercayaan , kurangnya kreativitas atau inovasi , mudah menyerah atau putus asa , rendahnya aspirasi dan cita - cita memercayai,ketidakmampuan untuk menunda menikmati hasil jerih payah , keterbatasan waktu , kekeluargaan , sangat bergantung pada bantuan pemerintah , sangat terikat dengan tempat tinggalnya , dan tidak mampu atau tidak mau menempatkan diri pada posisi orang lain merupakan beberapa faktor internal yang menghambat pemberdayaan .Kurangnya kreativitas dan inovasi , mudah menyerah atau putus asa , rendahnya aspirasi dan cita - cita , tidak mampu menunda menikmati hasil jerih payah , keterbatasan waktu , kekeluargaan , sangat bergantung pada bantuan pemerintah , sangat terikat dengan tempat tinggalnya , dan tidak mampu atau tidak mau menempatkan diri pada posisi orang lain merupakan beberapa faktor internal yang menghambat pemberdayaan .Â
a.Partisipasi Masyakat
Masyarakat masyarakatmerupakan pelaku dan penentu tercapainya pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat .adalahpelaku dan penentu tercapainya pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat . Pengembangan ekonomi perkembanganberbasis kreativitas merupakan salah satu metode pemberdayaan masyarakat .merupakan salah satu metode pemberdayaan masyarakat . Ini akan terus meningkatkan kualitas masyarakatkualitas hidup masyarakat dengan membantu mereka mengevaluasi kebutuhan , masalah , dan peluang mereka .kehidupan dengan membantu mereka mengevaluasi kebutuhan , masalah, dan peluang mereka . FAO dalam klaim Mikkelsen bahwa partisipasi ditafsirkanpartisipasi diartikan dengan berbagai cara, sebagai berikut:
1. Partisipasi adalah itukontribusi kontribusi masyarakat yang belum dibayar kepadaterhadap suatu proyek tanpa partisipasi atau terhadap pengembangannya .suatu proyek tanpa partisipasi atau pengembangannya .
2. Partisipasi , juga dikenal sebagai "Pemekaan," memberdayakanmemberdayakan anggota masyarakat untuk meningkatkanmeningkatkan kemampuan mereka dalam kemampuan merekadan mengelola proyek konstruksi .untuk menerima dan mengelola proyek konstruksi .
3. Partisipasi adalah sebuah proyek itu aktif , yang mencakup gagasan bahwabahwa individu atau kelompok yang terlibat termotivasi dan menggunakan kebebasannya untuk melaksanakan tugas tertentu .individu atau kelompokyang terlibat termotivasi dan menggunakan kebebasannya untuk melaksanakan tugas tertentu .
4. Untuk belajarmempelajari lebih lanjut tentanglanjut tentang konteks lokal dan dampak sosial konteks lokalpartisipasi melibatkan peningkatan komunikasi antara anggota staf yang menyiapkan , melaksanakan, dan memantau proyek dan masyarakat lokal .dan dampak sosial , partisipasi melibatkan peningkatan komunikasi antara anggota staf yang menyiapkan, melaksanakan, dan memantau proyek dan masyarakat lokal .
5. Keterlibatan sukarela masyarakat komunitasdalam reformasi sukareladitentukan sendiri dikenal sebagai partisipasi .keterlibatan dalam reformasi yang ditentukan sendiri dikenal sebagai partisipasi .
6. Keterlibatan masyarakat dalam kehidupan seseorang , kehidupan seseorang , dan lingkungannya dikenal sebagai partisipasi .dalam diri sendiri ,kehidupan, danlingkungan sekitar dikenal sebagai partisipasi .Â
Peran Masyarakat Dalam Pendidkan Kreatif
a.Penyediaan Fasilitas dan Sumber Daya
Komunitas dapat menawarkan ekstrasumber daya belajar Sumber Belajarseperti ruang belajar , perpustakaan kecil , atau laboratorium dasar .seperti ruang belajar , perpustakaan kecil , atau laboratorium dasar. Hal ini berkontribusi untuk pengembangan suatulingkungan belajar konstruktifkonstruktif dan menguntungkan bagi anak - anak.dan lingkungan belajar yang baik bagi anak-anak.
b.Keterlibatan Sebagai Mentor dan Tutor
Anak-anak dapat manfaat dari belajar tambahanbantuan belajar bantuan daridari anggota masyarakat yang berperan sebagai mentor atau tutor.anggota masyarakat yang berperan sebagai mentor atau tutor. Hal ini meningkatkan anak-anakakses akses keke materi pembelajaran berkualitas tinggi .materi pembelajaran berkualitas tinggi .
c.Pengembangan Program KreativÂ
Untuk meningkatkan pengalaman pendidikan anak-anak , masyarakat dapat memulai inisiatif inovatif seperti bimbingan belajar, kelas keterampilan , dan kegiatan ekstrakurikuler meningkatkan pengalaman pendidikan anak-anak , masyarakat dapat memulai inisiatif inovatif seperti bimbingan belajar, kelas keterampilan , dan kegiatan ekstrakurikuler . Selain itu, latihan ini menumbuhkan minat dan kemampuan anak .Â
d.Dukungan Moral dan MotivasiÂ
Anak- anak yang terlibat aktif terlibat aktif dalam komunitas merasaaman dan didukung , yang penting untuk pertumbuhan aman dan didukung,dan emosional mereka .yang penting untuk pertumbuhan sosial dan emosional mereka . Ketika masyarakat peduli terhadap pendidikan, anak-anak cenderung lebih cenderung untuk belajar.
e.Membangun Kesadaran Pendidikan
Masyarakat memiliki kekuatan kekuatanuntuk berperan sebagai katalisator dalam meningkatkan kesadaran akan nilai pendidikan .untuk melayanisebagai katalisator untuk meningkatkan kesadaran akan nilai pendidikan . Mereka dapat mendorong komunitas lainkomunitas untuk memprioritaskanuntuk memprioritaskan pendidikan melalui berbagai inisiatif .pendidikan melalui berbagai inisiatif .
Dampak Positif Dari Keterlibatan Masyarakat
a.Peningkatan Kualitas Pendidikan
Dengan dukungan masyarakat , sistem pendidikan masyarakat dapat meningkat pesat, memungkinkan anak darianak untuk menyadari potensi penuh mereka .Pendidikan: Dengan dukungan masyarakat , sistem pendidikan masyarakat dapat meningkat pesat , memungkinkan anak-anak untuk menyadari potensi penuh mereka .
b.Penguatan Hubungan Sosial
Inisiatif pendidikan berbasis masyarakat mendorong hubungan yang lebih erat antara penduduk desa dan menumbuhkan rasa solidaritas dalam membangun masa depan melalui pendidikan .
c.Pemberdayaan Kreativitas
Komunitas memupuk kreativitas pendidik dan siswa melalui dukungan dan keterlibatan aktif , yang sangat penting untuk mengatasi kendala saat ini .Â
D.Cara Mengatasi Kemiskinan Dan Penganguran Melalui Pendidikan Islam Kreatif
 Di hampir setiap bangsa, kemiskinan adalah suatu masalah. Baik negara maju dan negara-negara berkembang melakukannya dengan baik.melakukannya dengan baik. Dalam menangani masalah kemiskinan , tingkat kerumitannya bervariasi dari satu negara ke negara lain .untuk mengatasi masalah kemiskinan , tingkat kerumitannya bervariasi dari satu negara ke negara lain . Sebagai negara negara berkembang , Indonesia terus memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi .tingkat kemiskinan tinggi . Oleh karena itu , untuk memesanmemperoleh pemahaman yang komprehensif tentang kemiskinan dan menentukan jumlah penduduk yang mengalaminya serta cara terbaik untuk menanggulanginya , pemerintah bersama Badan Pusat Statistik ( BPS ) mengembangkan kriteria kemiskinan .untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang kemiskinan dan menentukan jumlahnyaorang- orang yang tinggal di dalamnya jugaCara terbaik untuk mengatasinya , pemerintah bersama Badan Pusat Statistik ( BPS ) mengembangkan kriteria kemiskinan .
Berikut ini yang termasuk dalam kriteria statistik BPS : Seseorang orangdianggap tidak miskin jika pengeluaran bulanannya melebihi Rp350.610 . Seseorang dianggap tidak miskin secara virtual jika pengeluaran dianggapberkisar antara Rp280.488 hingga Rp350.610 , atau sekitar Rp9.350 hingga Rp11.687 per orang setiap hari .Seseorang dianggap tidak miskin jika pengeluaran bulanannya melebihi Rp 350.610 . Seseorang dianggap tidak miskin jika pengeluaran bulanannya berkisar antara Rp 280.488 hingga Rp 350.610 , atau sekitar Rp 9.350 hingga Rp 11.687 per orang setiap hari . adalahTotalnya ada 27,12 juta individu .Totalnya 27,12 juta orang . (c) Hampir miskin, pengeluaran antara Rp 233.740 sampai Rp 280.488 per orang per bulan, atau sekitar Rp 7.780 sampai Rp 9.350 per orang setiap hari. Totalnya totalmencapai 30,02 juta .mencapai 30,02 juta . (c) Miskin, dengan pengeluaran per orang per bulan pengeluaransebesar Rp. 233.740 , - atau kurang, atau pengeluaran harian per orang sebesar Rp. 7.780 ,- atau kurang .per orang sebesar Rp 233.740 atau kurang, atau pengeluaran sehari-hari sebesar Rp 7.780 atau kurang per orang. Angkanya angkanya naik menjadi 31 juta.juta (e) Sangat Miskin ( kronis); tidak ada batasan pengeluaran harian untuk setiap individu.tidak ada batasan pengeluaran harian untuk setiap individu. Berapa banyak disanasecara tidak diketahui . Namun diperkirakan jumlahnya mendekati 15 juta .dianggap sebagaimendekati 15 juta .
Berdasarkan uraian di atas , maka diperlukan suatu analisis yang mendalam untuk menyikapi persoalan kemiskinan , agar hasilnya dapat dijadikan sebagai acuan dalam menciptakan inisiatif pembangunan kesejahteraan sosial yang mengutamakan gagasan bantuan sektor ekonomi . Gagasan pemberdayaan dapat dipahami sebagai upaya membantu mereka yang lemah atau tidak berdaya agar mampu mencapai kesejahteraan sosial dalam kehidupan dengan memberi mereka kekuatan mental dan fisik untuk melakukannya .Gagasan pemberdayaan dapat dipahami sebagai suatu usaha membantu mereka yang lemah atau tidak berdaya agar mampu meraih kesejahteraan sosial dalam kehidupan dengan memberikan mereka kekuatan mental dan fisik untuk melakukannya . Mereka dipandang dalam sudut pandang ini sebagai pemain yang krusial dalam menyelesaikan masalah .dipandang dalam sudut pandang ini sebagai pemain yang krusial dalam menyelesaikan masalah .Â
Memanfaatkan pendekatan pendekatan kreatif dan komprehensif terhadapterhadap pendidikan Islam untuk Pendidikan Agama Islampengangguran dan kemiskinan .memerangi pengangguran dan kemiskinan. Berdasarkan padasumber yang tersedia , tindakan berikut dapat diambil :sumber- sumberyang tersedia , tindakan berikut dapat diambil :
Peran Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Kemiskinan
a.Meningkatkan Kualitas Pedidikan
Dengan penekanan tekananpada penciptaan insan kamil ( manusia ideal ) sesuai dengan norma Islam , pendidikan Islam berfungsi untuk memaksimalkan potensi individu dan masyarakat .Dalam rangka menciptakan insan kamil ( manusia ideal ) sesuai dengan tuntunan Islam , pendidikan Islam berupaya untuk memaksimalkan potensi individu dan masyarakat . Pendidikan pendidikan berkualitas tinggi dapat menurunkandapat menurunkan angka kemiskinan dengan membantu orang meningkatkan kemampuan mereka dan mendapatkan prospek pekerjaan yang tingkat kemiskinanbaik .dengan membantu orang meningkatkan kemampuan mereka dan menemukan prospek pekerjaan yang lebih baik .
b.Program Pendidikan Gratis dan Beasiswa
Pemerintah pemerintahharus menawarkan pendidikan gratis dan beasiswa kepada mereka yang membutuhkan untuk membantu mereka mengatasi hambatan keuangan .harus menawarkanpendidikan gratis dan beasiswa bagi mereka yang membutuhkanmembantu mereka mengatasi hambatan keuangan . Berkat ini , mereka akan dapatmemperoleh pendidikan berkualitas tinggi tanpa perlu khawatir dengan biayanya .untuk menerima pendidikan berkualitas tinggi tanpa harus khawatir tentang biaya berkat ini .
c.Pelatihan Keterampilan
Perlu dilaksanakan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar tenaga kerja .diperlukan untuk melaksanakanpelatihan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar tenaga kerja . Orang dapat memperoleh keterampilan yang bergunaketerampilan yang melaluimelalui program pelatihan ini yang meningkatkan peluang mereka mendapatkan pekerjaan atau meluncurkan perusahaan mereka sendiri .program pelatihan ini dapat meningkatkan peluang mereka mendapatkan pekerjaan atau meluncurkan perusahaan mereka sendiri .Â
Solusi Kreatif Untuk Mengatasi Pengangguran
a.Promosi Kewirausahaan
Pekerjaan baru dapat diciptakan dengan mendukung kewirausahaan kaum muda melalui inkubator bisnis dan pendampingan kewirausahaan . Sangat penting bagi pemerintah untuk memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan bisnis dan dana .
b.Pengembangan Sektor Industri Kreativ
Mengembangkan industri industri kreatif dapat memimpindapat mengarah pada penciptaan kemungkinan kerja baru .kepenciptaan kemungkinan kerja baru . Untuk mempromosikan inovasi dan diversifikasi ekonomi ,diversifikasi Pemerintah dapat melakukan investasidapat melakukan investasi dalam industri ini .dalam industri ini .
c.Kerjasama Antara Sektor Publik dan Swasta
Proses prosespengentasan kemiskinan dapat dipercepat melalui kerja sama antara sektor publik dan swasta dalam menawarkan program pelatihan dan kesempatan kerja .daripengentasan kemiskinan dapat dipercepat melalui kerjasama antara sektor publik dan swasta dalam menyediakan program pelatihan .kemungkinan pekerjaan .Â
     Pendidikan yang Islam inovatifinovatif sangat penting dalam memerangi kemiskinan .penting untukperjuangan melawan kemiskinan . Masyarakat dapat diaktifkanuntuk keluar dari lingkaran kemiskinan dengan memperluas akses pendidikan , menyediakan pengembangan keterampilan , dan mendorong kewirausahaan .untuk menghancurkankeluar dari lingkaran kemiskinan dengan memperluas akses pendidikan , menawarkan pengembangan keterampilan , dan mempromosikan kewirausahaan . Untuk mencapai tujuan ini dengan baik , kebijakan yang mempromosikan pendidikan gratis , beasiswa , dan kolaborasi antar berbagai sektor harus diterapkan .tujuannya, kebijakan yang mempromosikan pendidikan gratis , beasiswa , dan kolaborasi antar berbagai sektor harus diterapkan .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H