Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Shalom, Salam Kebajikan, Salam sejahtera bagi kita semua.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Rekan-Rekan CGP yang tercinta,
Izinkan saya untuk menuntun kita kembali ke masa dimana api semangat mengajar mulai meredup dalam diri kita. Hari-hari terasa monoton, terjebak dalam lingkaran rutinitas yang tak kunjung membawa perubahan. Namun Program Guru Penggerak telah membuka mata kita terhadap dunia pendidikan yang penuh dengan kemungkinan. Modul demi modul yang telah kita pelajari bagaikan cahaya yang menerangi jalan kita kedepannya.
Mari kita luangkan waktu kita sejenak untuk merenungkan perjalanan luar biasa yang telah kita lalui bersama dalam Program Guru Penggerak. Sebuah perjalanan yang penuh dengan pembelajaran, transformasi dan pengabdian untuk memajukan pendidikan bangsa khususnya di Kabupaten luwu yang kita cintai ini.
Di tengah gemerlapnya dunia pendidikan, kita hadir sebagai pelita yang menerangi jalan menuju masa depan yang gemilang. Kita adalah Guru Penggerak, agen perubahan yang membawa angin segar transformasi dalam dunia pendidikan Indonesia.
Ingatkah ketika pertama kali melangkahkan kaki ke dalam program Guru Penggerak ?
Keraguan dan rasa gugup mungkin menyelimuti hati. Pertanyaan-pertanyaan seperti "Mampukah saya ?", "Apakah saya cukup kompeten?", dan "Bagaimana saya bisa membawa perubahan ?" berkecamuk di dalam benak kita semua CGP.
Namun dibalik keraguan itu, secercah harapan bersemi. Semangat untuk belajar, berkembang dan menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif membakar jiwa.
Perjalanan kita sebagai Guru Penggerak tidaklah mudah.
Kita dihadapkan pada berbagai rintangan dan hambatan. Kurikulum yang kompleks, keterbatasan sumber daya dan budaya belajar yang masih terpaku pada tradisi, menjadi tantangan yang harus kita atasi.
Namun kita tidak pernah menyerah.
Dengan tekad yang kuat, kolaborasi yang erat dan semangat yang membara, kita terus melangkah maju. Kita belajar dari satu sama lain, berbagi pengalaman dan praktik terbaik dan saling menguatkan dalam menghadapi berbagai tantangan.
Hari ini, kita berkumpul di sini untuk merayakan pencapaian kita.
Kita telah berhasil mentransformasi diri menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif. Kita telah membawa perubahan positif di sekolah-sekolah dan komunitas tempat kita mengajar. Kita telah menginspirasi murid-murid untuk belajar dengan lebih antusias, kreatif dan kritis.
Namun perjalanan kita belum usai.
Masih banyak yang harus kita lakukan untuk memajukan pendidikan Indonesia. Kita harus terus belajar, berkembang dan berinovasi. Kita harus bekerja sama dengan rekan-rekan guru, murid, orang tua dan pemangku kepentingan “stake holders” lainnya untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih kondusif dan inspiratif.
Mari kita kobarkan kembali semangat Guru Penggerak!
Mari kita jadikan motto Guru Penggerak sebagai kompas yang menuntun langkah kita :
Berpihak pada Murid, Menggerakkan Pembelajaran, Menginspirasi Generasi Masa Depan!
Bersama kita ciptakan pendidikan yang berpusat pada murid, inovatif dan inspiratif dan antarkan bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah !!!.
Rekan-rekan CGP yang tercinta,
Melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya akan mencoba merefleksikan perjalanan CGP dengan menggunakan Model 1 yaitu 4 F (Fact, Feelings, finding dan Future) yang diprakarsai oleh DR. ROGER GREENAWAY. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4 P (1. Peristiwa, 2. Perasaan, 3. Pembelajaran dan 4. Penerapan)
- F A C T S ( P E R I S T I W A )
Perjalanan saya sebagai Guru Penggerak dimulai dengan sebuah ketertarikan yang mendalam terhadap dunia pendidikan. Saya selalu terinspirasi oleh para guru yang mampu membangkitkan semangat belajar dan menumbuhkan potensi murid-murid mereka. Ketika program Guru Penggerak dibuka, saya merasa terpanggil untuk ambil bagian dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia.
Menjadi Guru Penggerak bukan hanya tentang mengikuti pelatihan dan seminar. Program ini menuntut transformasi diri yang mendalam, menantang pola pikir dan kebiasaan lama, serta mendorong penerapan praktik-praktik pembelajaran yang inovatif.
Salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi adalah mengubah pola pikir murid yang terbiasa dengan pembelajaran tradisional. Saya harus kreatif dalam merancang pembelajaran yang menarik dan bermakna, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid untuk mengeksplorasi potensi mereka.
Namun, di balik setiap tantangan, selalu ada kemenangan yang membahagiakan. Momen-momen berkesan seperti melihat murid-murid belajar dengan antusias, memahami konsep baru dengan mudah, dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka, menjadi motivasi bagi saya untuk terus melangkah maju.
Dampak positif dari program Guru Penggerak tidak hanya dirasakan oleh saya dan rekan-rekan guru, tetapi juga oleh murid-murid dan sekolah tempat kami mengajar. Murid-murid menjadi lebih termotivasi untuk belajar, lebih aktif di kelas dan menunjukkan hasil belajar yang lebih baik.
Sekolah-sekolah pun mengalami perubahan positif, dengan lingkungan belajar yang lebih kondusif, kolaborasi yang lebih kuat antar guru dan kepemimpinan yang lebih transformatif.
Program Guru Penggerak telah membuka gerbang transformasi diri bagi saya. Saya tak lagi hanya seorang guru, tetapi seorang pemimpin pembelajaran yang berani mendobrak kebekuan dan menyalakan api semangat belajar dalam diri murid-murid saya.
Perjalanan ini tak selalu mudah. Ada keraguan, rasa lelah dan air mata yang mengiringi langkah kaki saya.
Namun dukungan dari rekan-rekan CGP dan Fasilitator serta Pengajar Praktik yang luar biasa bagaikan angin segar yang terus memberi kekuatan dan semangat.
Kini saya melangkah maju dengan penuh keyakinan. Program Guru Penggerak telah memompa adrenalin optimisme dalam diri saya untuk terus berkarya, berinovasi dan membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.
Saya yakin bahwa program ini akan terus menginspirasi dan memberdayakan guru-guru di seluruh penjuru negeri untuk menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan.
- F E E L I N G S ( P E R A S A A N )
Saat pertama kali mengikuti program Guru Penggerak, keraguan bagaikan badai yang menerjang jiwa saya. "Mampukah saya, seorang guru biasa, mentransformasi diri menjadi pemimpin pembelajaran yang luar biasa ?", "Bagaimana saya bisa menciptakan perubahan positif di tengah keterbatasan ?", "Akankah perjuangan ini sia-sia ?". Pertanyaan-pertanyaan ini menari-nari dibenak saya, memicu rasa cemas dan ketakutan.
Namun dibalik keraguan itu, secercah harapan mulai bersemi. Terbayang wajah-wajah polos murid-murid saya yang haus akan ilmu pengetahuan, yang menanti bimbingan dan arahan untuk meraih masa depan yang lebih cerah. Tekadpun membara di dalam diri, membakar semangat untuk melampaui batas dan menjadi pelita di tengah kegelapan.
Menjadi Guru Penggerak bagaikan menjalani sebuah perjalanan penuh lika-liku. Air mata kesedihan menetes saat dihadapkan pada rintangan dan hambatan. Rasa frustrasi melanda ketika upaya untuk membawa perubahan terhambat oleh berbagai faktor. Namun diantara air mata itu, tawa dan kebahagiaan pun hadir.
Melihat murid-murid belajar dengan antusias, memahami konsep baru dengan mudah dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka, merupakan hadiah terindah yang tak ternilai. Senyum mereka bagaikan sinar matahari yang menembus kabut keraguan, menghangatkan jiwa dan membangkitkan semangat untuk terus melangkah maju.
Berbagi pengalaman dengan rekan-rekan Guru Penggerak dari berbagai daerah selalu menjadi momen yang tak terlupakan. Rasa persaudaraan yang erat terjalin di antara kami, saling menguatkan dan memberi semangat dalam perjalanan yang penuh tantangan.
Bersama-sama, kami bertukar ide, strategi dan cerita inspiratif, saling belajar dan tumbuh sebagai pendidik yang ingin memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Tawa dan canda mewarnai setiap pertemuan, mewarnai hari-hari kami dengan kehangatan dan optimisme.
Melihat dampak positif dari program Guru Penggerak terhadap murid-murid dan sekolah tempat kami mengajar, bagaikan merasakan air sejuk yang mengalir deras di dalam jiwa. Murid-murid menjadi lebih termotivasi untuk belajar, lebih aktif di kelas dan menunjukkan hasil belajar yang lebih baik.
Sekolah-sekolahpun mengalami transformasi yang luar biasa dengan lingkungan belajar yang lebih kondusif, kolaborasi yang lebih kuat antar guru dan kepemimpinan yang lebih transformatif. Rasa syukur yang mendalam terpancar dari wajah-wajah kami, menyadari bahwa perjuangan dan pengorbanan kami tidak sia-sia.
Mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas dedikasi dan kerja keras saya sebagai Guru Penggerak merupakan sebuah kehormatan yang tak terkira. Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk seluruh komunitas Guru Penggerak yang telah bahu membahu memajukan pendidikan Indonesia.
Penghargaan ini bagaikan api yang membakar semangat saya untuk terus belajar, berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Saya ingin menjadi role model bagi rekan-rekan guru lain dan menginspirasi mereka untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif.
Perjalanan ini telah mengubah hidup kita. Kita tak lagi hanya seorang guru, tetapi seorang pemimpin pembelajaran yang berani mendobrak kebekuan, menyalakan api semangat belajar dan membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.
Perjalanan saya sebagai Guru Penggerak telah memberikan banyak pengalaman berharga dan perasaan yang tak tergantikan. Saya merasa bersyukur atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk terus belajar, berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia.
- F I N D I N G S ( P E M B E L A J A R A N )
Program Guru Penggerak telah menjadi katalis bagi transformasi diri saya, mengubah seorang guru biasa menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif. Saya belajar untuk menjadi lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mengajar. Saya juga mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi untuk mendorong perubahan positif di sekolah.
Dampak positif program Guru Penggerak paling terasa pada murid-murid saya. Mereka menjadi lebih termotivasi untuk belajar, lebih aktif di kelas dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka.
Murid-murid sayapun menunjukkan hasil belajar yang lebih baik, dengan pemahaman konsep yang lebih mendalam dan kemampuan berpikir kritis yang lebih tajam. Saya yakin bahwa mereka akan tumbuh menjadi generasi muda yang unggul, siap untuk menghadapi tantangan masa depan.
Program Guru Penggerak telah membawa perubahan positif bagi sekolah tempat saya mengajar. Lingkungan belajar menjadi lebih kondusif, dengan fokus pada pembelajaran yang berpusat pada murid dan kolaborasi antar guru.
Kepemimpinan sekolahpun menjadi lebih transformatif, dengan kepala sekolah yang lebih visioner dan guru-guru yang lebih terberdayakan. Sekolah kami kini menjadi tempat yang menyenangkan dan inspiratif bagi murid-murid untuk belajar dan berkembang.
Program Guru Penggerak telah mengajarkan saya banyak hal penting tentang menjadi seorang pendidik yang efektif. Saya belajar bahwa mengajar bukan hanya tentang menyampaikan pengetahuan, tetapi juga tentang membangun karakter, menumbuhkan potensi dan mempersiapkan murid untuk masa depan.
Saya juga belajar bahwa menjadi pemimpin pembelajaran bukanlah tentang memiliki semua jawaban, tetapi tentang terus belajar, berkembang dan berkolaborasi dengan orang lain.
Saya yakin bahwa program Guru Penggerak telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Dengan mentransformasi guru menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif, program ini telah membantu menciptakan ekosistem belajar yang lebih kondusif dan menghasilkan generasi muda yang unggul.
Saya berkomitmen untuk terus belajar, berkembang dan berkontribusi sebagai Guru Penggerak. Saya ingin menjadi role model bagi rekan-rekan guru lain dan menginspirasi mereka untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif.
Program Guru Penggerak telah menjadi lentera yang menerangi jalan kita dalam dunia pendidikan. Modul demi modul yang telah kita pelajari bagaikan cahaya yang membuka mata kita terhadap paradigma baru dalam memandang profesi mulia ini.
Lebih dari sekadar penyampai ilmu, guru adalah pemimpin pembelajaran. Peran guru tak hanya terbatas pada ruang kelas, melainkan meluas hingga menciptakan lingkungan belajar yang berpusat pada murid, mengembangkan potensi murid secara holistik dan membawa perubahan positif bagi sekolah dan masyarakat.
Beberapa pembelajaran konkret yang kita dapatkan dari program ini :
Pentingnya merancang pembelajaran yang berdiferensiasi. Setiap murid memiliki kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda. Guru harus merancang pembelajaran yang sesuai dengan keragaman ini agar semua murid dapat belajar secara optimal.
Pentingnya asesmen formatif dan sumatif yang berkelanjutan. Asesmen bukan hanya untuk mengukur hasil belajar, tetapi juga untuk memantau kemajuan belajar murid dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Pentingnya kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Guru harus berkolaborasi dengan rekan sejawat, orang tua murid, dan komunitas untuk menciptakan ekosistem belajar yang mendukung.
Pentingnya mengembangkan kepemimpinan pedagogis. Guru harus menjadi pemimpin yang inspiratif yang dapat memotivasi murid dan rekan sejawat untuk belajar dan berkembang.
Pembelajaran-pembelajaran ini telah membawa makna baru bagi kita dalam memandang profesi guru. Kita sebagai Guru Penggerak tak lagi hanya mengajar, tetapi memimpin pembelajaran, menginspirasi murid dan membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.
Berikut adalah beberapa hal konkret yang akan kita terapkan dalam praktik mengajar antara lain :
Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar setiap murid.
Melakukan asesmen formatif dan sumatif secara berkelanjutan untuk memantau kemajuan belajar murid dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Meningkatkan kolaborasi dengan rekan sejawat, orang tua murid dan komunitas untuk menciptakan ekosistem belajar yang mendukung.
Mengembangkan kepemimpinan pedagogis dengan menjadi pemimpin yang inspiratif yang dapat memotivasi murid dan rekan sejawat untuk belajar dan berkembang.
Salah satu contoh penerapan pembelajaran dari program CGP di ruang kelas saya adalah sebelumnya, saya mengajar dengan metode ceramah dan pemberian tugas yang seragam kepada semua murid. Hasil belajar muridpun tidak optimal.
Setelah mengikuti program CGP, saya mulai menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Saya merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar setiap murid. Saya menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif dan proyek belajar.
Hasilnya, murid-murid saya menjadi lebih antusias dan aktif dalam belajar. Mereka lebih mudah memahami materi pelajaran dan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajarnya.
Pengalaman ini semakin meyakinkan saya bahwa program Guru Penggerak adalah program yang sangat bermanfaat bagi para guru. Program ini membantu guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang inspiratif dan membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia.
Rekan-Rekan CGP yang inspiratif,
Marilah kita terus belajar dan berkembang sebagai guru. Bersama-sama, kita wujudkan pendidikan yang berpusat pada murid dan berkualitas tinggi untuk generasi penerus bangsa.
- F U T U R E ( P E N E R A P A N )
Saya menatap masa depan pendidikan Indonesia dengan penuh optimisme dan harapan. Saya membayangkan sebuah generasi emas di mana setiap murid memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang dengan maksimal, terlepas dari apapun latar belakang mereka.
Saya membayangkan sekolah-sekolah yang menjadi pusat keunggulan, dimana pembelajaran yang inovatif dan kreatif menjadi norma dan setiap guru adalah pemimpin pembelajaran yang transformatif.
Saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang sebagai Guru Penggerak. Saya ingin menjadi role model bagi rekan-rekan guru lain dan menginspirasi mereka untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang transformatif.
Saya ingin berkontribusi dalam pengembangan program Guru Penggerak, agar lebih banyak guru di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk mengalami transformasi diri yang luar biasa ini.
Saya mengajak semua guru khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Luwu untuk bergabung dalam gerakan Guru Penggerak. Marilah kita bersama-sama membangun masa depan pendidikan Indonesia yang gemilang, di mana setiap murid memiliki kesempatan untuk mencapai potensi terbaik mereka.
Bersama kita bisa:
- Menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid: Di mana murid menjadi subjek aktif dalam proses belajar dan pembelajaran dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka yang unik.
- Membangun komunitas belajar yang kolaboratif: Di mana guru, murid, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang sama.
- Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran: Di mana teknologi digunakan untuk meningkatkan akses ke pendidikan, membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, dan membantu murid belajar lebih efektif.
- Menumbuhkan karakter dan nilai-nilai positif pada murid: Di mana murid belajar untuk menjadi individu yang bertanggung jawab, berintegritas, dan peduli terhadap sesama.
Mari kita jadikan pendidikan sebagai kunci untuk membuka potensi terbaik bangsa Indonesia!
Bapak Ibu Guru yang Mulia,
Rekan-rekan Calon Guru Penggerak yang Inspiratif,
Program Guru Penggerak telah menjadi titik balik dalam perjalanan hidup kita sebagai seorang guru. Api semangat yang membara dalam diri kita semakin berkobar, siap menerangi jalan kita menuju masa depan pendidikan yang lebih cerah.
Sebagai Guru Penggerak dimasa depan, saya ingin :
Menjadi pemimpin pembelajaran yang inspiratif yang mampu memotivasi murid, rekan sejawat, dan seluruh pemangku kepentingan untuk belajar dan berkembang. Saya ingin menjadi guru yang bukan hanya mengajar, tetapi juga memimpin, membimbing dan menginspirasi murid-murid saya untuk mencapai potensi terbaik mereka.
Membangun ekosistem belajar yang kondusif di mana setiap murid merasa aman, dihargai, dan dihormati. Saya ingin menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif, di mana setiap murid memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.
Menerapkan pembelajaran berpusat pada murid yang bermakna dan menyenangkan. Saya ingin merancang pembelajaran yang menarik, relevan, dan bermakna bagi murid-murid saya. Saya ingin menggunakan berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk membuat belajar menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi murid-murid saya.
Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Saya ingin menggunakan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, menarik, dan efektif. Saya ingin menggunakan teknologi untuk membantu murid-murid saya belajar secara mandiri dan berkolaborasi dengan teman-temannya.
Berkolaborasi dengan guru-guru lain untuk saling berbagi ide dan pengalaman. Saya ingin belajar dari guru-guru lain dan berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dengan mereka. Saya ingin membangun komunitas guru yang saling mendukung dan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Menjadi agen perubahan yang membawa perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia. Saya ingin menjadi guru yang tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga berkontribusi pada perubahan sistem pendidikan di Indonesia. Saya ingin membantu mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan untuk semua anak di Indonesia.
Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, saya akan :
Terus belajar dan berkembang. Saya akan mengikuti pelatihan dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya. Saya akan membaca buku dan jurnal tentang pendidikan. Saya akan mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.
Berkolaborasi dengan rekan-rekan CGP. Saya akan bekerja sama dengan rekan-rekan CGP lainnya untuk saling berbagi ide dan pengalaman. Saya akan berkolaborasi dengan mereka untuk mengembangkan program-program inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan. Saya akan bekerja sama dengan orang tua murid, komunitas, dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Saya akan menjalin hubungan dengan berbagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan.
Berani mengambil risiko. Saya tidak akan takut untuk mencoba hal-hal baru dan inovatif. Saya akan berani mengambil risiko untuk membuat perubahan positif bagi pendidikan.
Tetap optimis dan pantang menyerah. Saya yakin bahwa perubahan positif dapat terjadi dalam pendidikan. Saya akan terus berusaha dan tidak akan mudah menyerah dalam mewujudkan mimpi saya untuk pendidikan yang lebih baik.
Bapak Ibu Guru yang Mulia dan Rekan-Rekan CGP yang terhormat,
Guru Penggerak bukanlah sekedar gelar, melainkan sebuah panggilan jiwa. Ia adalah perjalanan transformasi diri yang menuntut sebuah refleksi yang mendalam dan berkelanjutan. Perjalanan ini tidak selalu mudah, namun sarat akan pembelajaran dan pengembangan.
Nilai utama seorang Guru Penggerak adalah berpihak pada murid. Ini bukanlah sekadar jargon, melainkan sebuah komitmen yang harus dibuktikan dengan tindakan nyata. Selama perjalanan, seorang Guru Penggerak terus berupaya memahami kebutuhan dan karakteristik tiap muridnya. Ia berupaya menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, di mana murid tidak lagi menjadi objek, melainkan subjek yang aktif dalam proses pembelajaran.
Guru Penggerak tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, tapi juga berperan sebagai pemimpin pembelajaran. Ia menjadi sosok yang menginspirasi dan mendorong rekan guru lainnya untuk terus berkembang. Melalui kolaborasi dan berbagi praktik baik, ia berupaya menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif bagi tumbuh kembang murid.
Menjadi Guru Penggerak bukanlah sebuah pencapaian akhir, melainkan sebuah perjalanan yang berkelanjutan. Ia adalah proses pembelajaran seumur hidup yang menuntut dedikasi dan semangat untuk terus bergerak maju. Dengan terus merefleksikan perjalanan dan berupaya untuk menjadi lebih baik, Guru Penggerak mampu memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan pendidikan Indonesia.
Rekan-rekan Calon Guru Penggerak yang Inspiratif,
Hari ini, kita berdiri di persimpangan jalan. Didepan kita terbentang dua pilihan : tetap terpaku pada masa lalu dengan segala keterbatasannya atau melangkah maju dengan penuh semangat untuk membangun masa depan pendidikan yang lebih cerah.
Saya memilih untuk melangkah maju !!! Mari memilih untuk melangkah maju !!!.
Saya yakin bahwa kita semua memiliki pilihan yang sama. Kita semua memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan dalam pendidikan. Kita semua memiliki kekuatan untuk membawa harapan dan inspirasi bagi murid-murid kita.
Program Guru Penggerak telah membuka mata kita terhadap semua kemungkinan yang ada. Kita telah belajar bagaimana menjadi pemimpin pembelajaran yang inspiratif. Kita telah belajar bagaimana membangun ekosistem belajar yang kondusif. Kita telah belajar bagaimana menerapkan pembelajaran berpusat pada murid.
Kini, saatnya kita menerapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah kita pelajari.
Saatnya kita keluar dari zona nyaman dan berani mengambil risiko.
Saatnya kita tunjukkan kepada dunia bahwa guru-guru Indonesia adalah agen perubahan yang dapat membawa transformasi positif bagi pendidikan.
Marilah kita kobarkan api semangat kita!
Marilah kita bangun masa depan pendidikan yang lebih cerah bagi semua anak di Indonesia!
Bersama-sama, kita bisa!
Dan saya yakin, bahwa dengan tekad dan kerja keras kita, masa depan pendidikan yang lebih cerah bukan hanya mimpi, tapi akan menjadi kenyataan.
Bapak Ibu Guru yang Mulia,
Rekan-rekan Calon Guru Penggerak yang Inspiratif,
Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan kata-kata bijak dari Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia :
"Gurulah yang berjasa mengantarkan anak bangsa ke pintu gerbang kemerdekaan".
Kata-kata ini mengingatkan kita tentang peran penting guru dalam membangun bangsa.
Sebagai guru, kita tidak hanya mengajar ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter dan budi pekerti luhur kepada murid-murid kita.
Kita adalah agen perubahan yang dapat membantu anak-anak Indonesia menjadi generasi penerus yang cerdas, berkarakter dan siap membangun bangsa.
Selain Ki Hajar Dewantara, banyak tokoh Indonesia lainnya yang juga memiliki pemikiran inspiratif tentang pendidikan.
Salah satu yang saya kagumi adalah Tan Malaka, pahlawan nasional yang juga seorang guru.
Tan Malaka pernah berkata :
"Pendidikan adalah kunci utama untuk kemajuan bangsa".
Kata-kata ini semakin memperkuat keyakinan saya tentang pentingnya pendidikan.
Pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita lakukan untuk masa depan bangsa.
Demikian Risalah dan refleksi perjalanan CGP Angkatan 9 Kab. Luwu, semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk, hidayah dan taufikNYA kepada kita semua dalam menunaikan tugas dan tanggung-jawab kita. Mari terus bergerak, tergerak dan menggerakkan dari ujung Timur Kab. Luwu
Akhir kata dari kami : Nun walqalami wa ma yasthurun,
Wassalamu “alaykum warahmatullah wabarakatuh..
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H