Achmed Hafizhan Mora Siregar
Zulian Yamit Drs., M.Si.
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia
ABSTRAKÂ
Rantai pasok yang terintegrasi dengan baik dan pasokan barang yang tepat maka akan meningkatkan daya saing sehingga berdampak pada kinerja perusahaan. Â Perencanakan strategi harus terus dilakukan oleh perusahaan agar pasar dapat di kuasai dan tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan target yang direncanakan. Dengan perencanaan strategi rantai pasokan yang tepat, kinerja perusahaan akan dapat berjalan dengan optimal. Tujuan utama penelitian ini untuk menguji pengaruh manajemen rantai pasok terhadap keunggulan bersaing dan kinerja usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yang merupakan pelaku usaha UMKM di Kabupaten Bantul. Analisis data menggunakan SEM PLS.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat (1) Terdapat pengaruh langsung manajemen rantai pasok terhadap keunggulan bersaing pada Usaha UMKM di Kabupaten Bantul, (2) Terdapat pengaruh langsung manajemen rantai pasok terhadap kinerja  pada Usaha UMKM di Kabupaten Bantul, (3) Terdapat pengaruh langsung keunggulan bersaing terhadap kinerja  pada Usaha UMKM di Kabupaten Bantul, dan (4) Terdapat pengaruh Manajemen rantai pasok  terhadap kinerja usaha UMKM di Kabupaten Bantul dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: Kinerja, Keunggulan Bersaing, Rantai Pasok, UMKMÂ Â
ABSTRACT
A well-integrated supply chain and the right supply of goods will increase competitiveness so that it has an impact on company performance. Strategic planning must continue to be carried out by the company so that the market can be controlled and the company's goals can be achieved in accordance with the planned targets. With the right supply chain strategy planning, the company's performance will be able to run optimally. The main objective of this study was to examine the effect of supply chain management on competitive advantage and performance of micro, small and medium enterprises in Bantul Regency. This study uses a quantitative approach and the instrument of this research is a questionnaire. The number of samples used is 100 respondents who are MSME business actors in Bantul Regency. Data analysis using SEM PLS.
The results of this study found that (1) There is a direct influence of supply chain management on the competitive advantage of SMEs in Bantul Regency, (2) There is a direct influence of supply chain management on the performance of SMEs in Bantul Regency, (3) There is a direct influence of excellence competing against the performance of the UMKM business in Bantul Regency, and (4) There is an influence of supply chain management on the performance of the UMKM business in Bantul Regency with competitive advantage as an intervening variable.
Â