Mohon tunggu...
Abdul Muklis
Abdul Muklis Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bermain sepak bola, menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

20 Maret 2024   10:59 Diperbarui: 20 Maret 2024   11:39 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam kenal saya Abdul Muklis, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SDN Sindangsari 04 Kabupaten Bekasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 3.3 CGP, yaitu tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa. Tulisan/jurnal refleksi ini ditulis secara rutin setiap dua mingguan pada setiap modul yang berlangsung.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.

 

1. Facts (Peristiwa)

Pada tanggal 28 Februari 2024 saya mulai mempelajari Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa. Saya mempelajari Modul 3.3 dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri

Pada tanggal 28 Februari 2024, saya mulai mempelajari modul 3.3 dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa, saya mulai membuka tautan mulai dari diri dan mengerjakan tugasnya. Tujuan kegiatan Mulai dari Diri adalah melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.

b. Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan eksplorasi konsep, Berikut adalah beberapa poin penting dari modul ini:

Kepemimpinan Murid dan Profil Pelajar Pancasila: Modul ini menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan perannya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri, sehingga potensi kepemimpinan mereka dapat berkembang dengan baik.

Suara Murid, Pilihan Murid, dan Kepemilikan Murid: Modul ini membahas tentang bagaimana guru dapat memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan perannya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri.

Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid: Modul ini membahas tentang bagaimana lingkungan sekolah dan komunitas dapat mendukung pengembangan kepemimpinan murid.

Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid: Modul ini membahas tentang bagaimana keterlibatan komunitas dapat mendukung pengembangan kepemimpinan murid2.

Secara umum, modul ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru penggerak untuk menjadi pemimpin pendidikan masa depan Indonesia, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan.

  c. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh bapak Dida Firgiawan selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Selasa, 5 Maret 2024 pukul 13.00 - 15.15 WIB. Sementara itu, presentasi kelompok dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Februari 2024 pukul 13.00 - 15.15  WIB. Hasil dari diskusi Ruang Kolaborasi kelompok saya bisa dilihat melalui tautan berikut: https://anyflip.com/ielnh/rhja/.

d. Demonstrasi Kontekstual

Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas dengan tujuan mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: https://anyflip.com/ielnh/ajvr/

e. Elaborasi Pemahaman

Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Google meet pada hari Kamis, 14 Maret 2024 pukul 13.00 -- 14.30 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi pemahaman kali ini adalah Ibu Rudiana Anggodo.

f. Koneksi Antar Materi

Pada kegiatan ini saya menyimpulkan dan menjelaskan antar materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa, saya membuat simpulan, keterkaitan dengan modul lainnya, dan refleksi. Hasil koneksi antar materi modul 3.3. saya tuangkan dalam tautan: https://anyflip.com/ielnh/enoy/

g. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 3.3 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya membuat rencana program dengan BAGJA. Namun, di aksi nyata ini poin utama yang dijelaskan adalah pada tahap B (buat rencana) dan A (Ambil Pelajaran).

2. Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari Modul 3.3, saya merasakan perasaan yang semangat dan senang. Saya bersemangat karena di modul 3.3. saya belajar mengenai kepemimpinan murid, suara, pilihan, dan kepemilikan, lingkungan yang menumbuhkan suara, pilihan, dan kepemilikan, dan peran komunitas dalam mewujudkan lingkungan belajar. Saya juga merasa tertantang dengan tugas yang ada di modul 3.3. ini karena saya harus membuat sebuah program yang berpihak kepada siswa.

3. Findings (Pembelajaran)

Pada Modul 3.3. Saya menjadi paham tentang program yang berdampak positif pada murid. Ternyata, program yang dirancang untuk dilaksanakan siswa adalah program yang memperhatikan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan siswa. Tujuan utamanya adalah tentu untuk mewujudkan kepemimpinan murid atau student agency. Program juga harus dirancang dengan memperhatikan profil pelajar Pancasila. Tidak hanya itu, program juga disesuaikan dan memperhatikan lingkungan yang mendukung murid dalam belajar.

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari serta memahami materi dalam modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa maka saya akan menerapkan Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa di sekolah. Tentunya dengan banyak berlatih dan memperdalam lagi pengetahuan tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.

Demikian refleksi dwi mingguan Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun