Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
By: Zumaroh,S.Pd.Â
Modul 3.2 ini berisi analisis video dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan, di antaranya tentang visi sekolah, prakarsa perubahan, tindakan yang dilakukan menggunakan tahapan B-A-G-J-A, peran pemimpin dan 7 aset utama/modal dalam pengelolaan sumber daya.
Tujuan Pembelajaran Khusus
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B-A-G -J- A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
B.A.G.J.A
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.
Dalam menganalisis video ini, CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
Pertanyaan
Berikut pertanyaan - pertanyaan yang harus dijawab untuk membantu menganalisis video.
1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
- Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi yaitu: "Terciptanya Kelas Impian sebagai Penyemangat Belajar Peserta didik di Sekolah Secara Berkelanjutan
2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
- Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah: "Mewujudkan Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar"
3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
- Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah: "Bagaimana Cara Mewujudkan Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar?"
4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan: B-A-G-J-A
a. B (Buat Pertanyaan)
Guru menuliskan kata "Penyemangat Belajar" yang mengundang rasa ingin tahu murid.
- Â Guru mengajukan pertanyaan terkait kata yang dituliskan di papan tulis yaitu "Apa yang muncul dalam pikiran kalian saat membaca tulisan di papan tulis?".
- Â Guru menggali informasi pendapat dan pengalaman murid terkait hal-hal yang menjadi penyemangat belajar mereka.
- Â Guru menanyakan pada murid apa yang disukai dari kelas kita yaitu, "Anak-anak, kira-kira apa saja yang kalian sukai dari kelas kita ini? Coba dilihat kelasnya".
b. A (Ambil Pelajaran)
- Â Guru meminta seluruh murid untuk berkunjung saat jam istirahat ke kelas 2 dan kelas 6 untuk menambah inspirasi tentang kelas yang membuat semangat belajar dengan dibagi menjadi 4 kelompok.
- Murid mengidentifikasi ruang kelas lain dan mencatat tentang apa yang disukainya di kelas tersebut sebagai inspirasi murid dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk diterapkan pada kelasnya.
c. G (Gali MImpi)
- Guru menyiapkan alat dan bahan untuk dibagikan pada setiap kelompok.
- Guru meminta murid untuk menutup mata dan membayangkan kelas yang mereka impikan, yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan yang dapat menjadi penyemangat dalam belajar.
- Murid di dalam kelompoknya menggambarkan kelas impian mereka yang nyaman dan menyenangkan pada kertas karton manila sesuai dengan yang mereka bayangkan.
- Â Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya tentang kelas impian mereka yang nyaman dan menyenangkan di depan kelas secara bergantian.
d. J (Jabarkan Rencana)
- Murid diajak untuk berkontribusi menentukan kebutuhan apa untuk mewujudkan kelas impiannya yang nyaman dan menyenangkan.
- Â Murid menyebutkan kelas impian yang diinginkan sebagai penyemangat belajar.
- Guru menuliskan di papan tulis daftar kelas impian murid.
- Guru membagi tugas setiap murid untuk kelas impian yang mewujudkan menyenangkan.
e. AÂ (Atur Eksekusi)
- Murid diberi kesempatan dalam berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompoknya.
- Guru dan murid mendiskusikan jadwal pelaksanaan menata kelas impian.
- Murid menyiapkan alat dan bahan sesuai tugasnya masing-masing.
- Seluruh murid dibantu guru bergotong royong mewujudkan kelas impian yang menjadi penyemangat belajar.
5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut adalah pemimpin pembelajaran yang berfokus pada kekuatan atau aset yang dimiliki (Pemimpin menggunakan pendekatan berbasis aset), pemimpin yang dapat menggali dan mengembangkan kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh dirinya dan murid-muridnya, pemimpin yang memiliki kompetensi sebagai manager dalam mengelola potensi yang dimiliki murid dan lingkungan sekolahnya.
6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfaatannya:
a. Modal Manusia:
- Â Guru yang memiliki kemampuan dalam melakukan pemetaan aset atau sumber daya/potensi yang dimiliki untuk bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat menunjang terwujudnya kelas impian yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
- Murid yang aktif dan sangat kooperatif, percaya diri, kreatif dan mandiri serta dapat berkolaborasi dan mengkomunikasikan hasil karyanya dalam kelompok serta murid yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru.
b. Modal Sosial:
- Guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.
- Bekerjasama dan meminta izin dengan guru kelas 2 dan kelas 6 untuk melakukan observasi kelas.
- Â Berkolaborasi dengan murid kelas 2 dan kelas 6 saat melakukan observasi dan wawancara.
c. Modal Fisik:
- Ruang kelas yang dapat didekorasi ulang dan dihias sesuai dengan kelas impian murid yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
- Â Hiasan dinding yang dapat menutupi bagian dinding yang rusak
- Â Rak buku dan buku-bukunya untuk menunjang pembelajaran.
- Papan tulis
- Meja dan kursi guru dan murid yang posisinya diubah agar murid nyaman saat belajar.
d. Modal Lingkungan/Alam
- Â Halaman sekolah, taman sekolah, tanaman hijau di sekitar selasar kelas dan di luar sekolah.
- Â Memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang digunakan untuk menghias kelas.
e. Modal Finansial:
- Dana BOS yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar murid.
- Uang kas kelas untuk keperluan membeli alat dan bahan yang diperlukan untuk mewujudkan kelas impian
f. Modal Politik:
- Kebijakan Kepala Sekolah yang siap mendukung setiap perubahan positif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
g. Modal Agama dan Budaya:
- Murid menggunakan seragam merah putih panjang dengan rapi dan menutup aurat seperti peserta didik  perempuan menggunakan kerudung hal ini sesuai aturan agama Islam.
- Â Karakter murid yang sopan, santun dan hormat kepada guru dengan cara bersalaman sebelum masuk ke dalam kelas.
- Sikap gotong royong murid untuk bekerjasama mewujudkan kelas impian.
Demikian contoh pemaparan hasil analisis video praktik baik tentang modul 3.2. Semoga dapat menginspirasi, Tetap semangat dan bahagia. Salam Guru Penggerak, Tergerak, Bergerak dan menggerakkan.@Â ZUMAROH, CGP Anggkatan 10. UPTD SDN Kademangan 02 Kota Tangerang Selatan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H