Mohon tunggu...
Yuyun Srimulyati
Yuyun Srimulyati Mohon Tunggu... Guru - Guru, Pelatih Daerah/trainer PPKB Kemenag RI bidang profesional 2 (Publikasi Ilmiyah), pegiat literasi, public relation

Hobi yang baru saja menggeliat dan menantangku yaitu MENULIS karena terinspirasi para kompasianer, kumainkan jemari di pojok kompasiana, terjebak di ruang kolaborasi komunitas KAUSAKu4NKRI, berawal dari kepenasaran maka akhirnya Practice Makes Perfect basmalah ikuti langkah Kuntowijoyo menulis, menulis dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menemukan Joy of Learning: Guru sebagai Motivator

22 Juli 2024   16:47 Diperbarui: 28 Juli 2024   16:04 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kegiatan belajar kelas 1 (dokpri)

Siapa bilang belajar itu membosankan? Pembelajaran yang menyenangkan bukan hanya sekedar tren, tetapi juga kunci untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Dalam era digital yang serba cepat ini, anak-anak dihadapkan pada berbagai stimulasi yang menarik. Untuk itu, guru sebagai  pendidik perlu menciptakan suasana belajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyenangkan dan berkesan.

Banyak cara yang dilakukan guru untuk memotivasi siswanya agar tetap semangat belajar dan berhasil dengan baik. Cara-cara tersebut, antara lain :

1. Memberikan Motivasi Belajar kepada Siswa

Keberhasilan dalam belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi yang tinggi akan mendorong kita untuk lebih bersemangat dan tekun dalam belajar. Sumber motivasi bisa bermacam-macam, mulai dari keinginan untuk membanggakan orang tua, mencapai cita-cita, rasa penasaran terhadap suatu pelajaran, hingga keyakinan bahwa belajar akan membawa manfaat besar. Selain itu, rasa percaya diri dan ketekunan juga menjadi faktor penting yang dapat meningkatkan motivasi belajar.

Dengan motivasi yang tepat, proses belajar akan terasa lebih menyenangkan dan efektif. Itu sebabnya sering mendengar istilah motif dan dorongan, dikaitkan dengan prestasi belajar. Motivasi timbul jika ada rangsangan, baik karena adanya kebutuhan (needs) maupun minat (interest) misalnya motif berprestasi (achievement motive). Hal ini berarti bahwa keinginan mencapai sesuatu keberhasilan merupakan pendorong untuk bertingkah laku atau melakukan kegiatan. Motivasi dapat memberikan semangat (dorongan) yang luar biasa terhadap seseorang untuk berperilaku dan memberikan arah dalam belajar. Motivasi ini pada dasarnya merupakan keinginan (wants) yang ingin dipenuhi  (dipuaskan), maka ia timbul jika ada rangsangan, baik karena adanya kebutuhan (needs) maupun minat (interest). 

Menurut Djamarah (2011), terdapat beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui dalam menimbulkan motivasi belajar pada siswa, antara lain yaitu sebagai berikut:

a. Motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar 

Seseorang melakukan aktivitas belajar tanpa motivasi belum menunjukkan aktivitas yang nyata ada yang mendorongnya. Motivasilah sebagai dasar penggeraknya yang mendorong seseorang untuk belajar. Seseorang yang berminat untuk belajar belum sampai pada tataran motivasi belum menunjukkan aktivitas yang nyata. Minat merupakan kecenderungan psikologis yang menyenangi sesuatu objek, belum sampai melakukan kegiatan. Namun, minat adalah alat motivasi dalam belajar. Minat merupakan potensi psikologi yang dapat dimanfaatkan untuk menggali motivasi.

b. Motivasi intrinsik lebih utama daripada motivasi ekstrinsik dalam belajar 

Efek yang tidak diharapkan dari pemberian motivasi ekstrinsik adalah kecenderungan ketergantungan anak didik terhadap segala sesuatu di luar dirinya. Selain kurang percaya diri, anak didik juga bermental pengharapan dan mudah terpengaruh. Oleh karena itu, motivasi intrinsik lebih utama dalam belajar.

c. Motivasi berupa pujian lebih baik daripada hukuman 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun