Mohon tunggu...
yuyun nurhayati
yuyun nurhayati Mohon Tunggu... Guru - TK KARTINI 2 KOTA PROBOLINGGO

Saya adalah seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Inovasi Alat Peraga Edukatif "Mobil Pintar"

10 Juli 2021   12:27 Diperbarui: 10 Juli 2021   12:31 748
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

 

RANCANGAN PEMBELAJARAN K-13 &

INOVASI ALAT PERAGA EDUKATIF

“ MOBIL PINTAR “

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di susun oleh :

YUYUN NURHAYATI, S.Pd

 

 

TK KARTINI 2
JL. KAPTEN SAROE KEDUNGASEM
KOTA PROBOLINGGO

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyusun karya ini sebagai syarat penilaian 

Penulis mencoba menyampaikan strategi pendidik PAUD untuk meningkatkan kratifitasnya melalui alat peraga “Mobil Pintar”, diharapkan dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak didik.

Penulis  menyadari bahwa penyusunan karya ini masih sangat jauh dari kesempurnaan , oleh karena itu kritik dan saran demi kemajuan dan perbaikan dalam karya ini sangat diharapkan.

Terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikanya karya ini semoga bermanfaat.

                                                                                    Probolinggo, 03 September 2018

                                                                                                Penulis,

                                                                                    YUYUN NURHAYATI, S.Pd

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i

KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii

DAFTAR ISI............................................................................................................. iii

Bab I PENDAHULUAN.......................................................................................... 1

  • Latar Belakang............................................................................................... 1
  • Identifikasi Masalah...................................................................................... 2
  • Rumusan Masalah.......................................................................................... 2
  • Tujuan ........................................................................................................... 2
  • Manfaat ......................................................................................................... 2

Bab II PEMBAHASAN........................................................................................... 3

  • Mobil Pintar lebih efektif dan hemat dari alat peraga dipasaran................... 3
  • Bentuk dan Cara Pembuatan Mobil Pintar.................................................... 3
  • Alat –alat dan Bahan Mobil Pintar................................................................ 4
  • Rincian Alat dan Bahan Mobil Pintar............................................................ 4
  • Cara Pembuatan Mobil Pintar........................................................................ 5
  • Cara Menggunakan Mobil Pintar .................................................................. 7
  • Indikator Pencapaian Perkembangan ............................................................ 8

Bab II PENUTUP..................................................................................................... 10

  • Kesimpulan ................................................................................................... 10
  • Saran ............................................................................................................. 10

LAMPIRAN .............................................................................................................

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).................................

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah

Dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat peraga edukatif yang lebih dikenal dengan APE. Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara PAUD dan juga para guru PAUD masih banyak yang membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru PAUD dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.

Secara umum banyak para penyelenggara PAUD dan guru PAUD yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Peraga Edukatif dengan cara membeli adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan Alat Peraga Edukatif dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.

Guru PAUD seringkali kesulitan untuk mengenalkan dan mengembangkan warna pada anak, kesulitan tersebut muncul karena media yang digunakan guru kurang menarik minat anak. Untuk itu dibuatlah Alat Peraga Edukatif (APE), sebuah alat peraga edukatif sederhana, mudah pembuatannya, murah bahannya, namun melatih anak berpikir kreatif.

Sebelum membuatnya saya harus mengetahui tentang pengertian, fungsi dan prosedur pembuatan APE untuk menjadi salah satu sumber belajar di PAUD. saya memberi nama Alat Peraga Edukatif (APE) ini dengan nama “Mobil Pintar” dan yang akan dibahas dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan bagi anak dan bisa menarik minat belajar anak.

 

 

  • Identifikasi Masalah
  • Berdasarkan uraian di atas maka identifikasi masalah adalah sebagai berikut :
  • Alat peraga yang dijual dipasaran kurang dapat menyesuaikan pembelajaran di PAUD
  • Alat peraga yang dijual dipasaran cenderung lebih mahal dan kurang efektif untuk pembelajaran.
  • Rumusan Masalah
  • Apakah mobil pintar dapat menyesuaikan tema pembelajaran di PAUD ?
  • Apakah mobil pintar lebih efektif dan lebih murah ?
  • Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.

  • Manfaat

Berdasarkan latar belakang diatas maka manfaat dari pembuatan APE ini adalah :

  • Untuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
  • Anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru
  • Dengan penggunaan APE ini akan memotivasi anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti pembelajaran
  • Untuk mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di PAUD
  • Pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna meminimalisir pengeluaran lembaga untuk pengadaan APE

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN


  • Mobil pintar lebih efektif dan hemat dari alat peraga di pasaran 
  • Alat peraga yang dijual di pasaran jenisnya beragam, namun pada umunya kurang dapat menyesuaikan beberapa tema di pembelajaran TK. Bila kita melakukan pembelajaran di TK dengan banyak tema yang bermacam – macam. Berapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan. Diambil sebuah contoh kita membutuhkan alat peraga untuk mengenalkan angka, huruf, waktu yang dikaitkan dengan jam. Mengurutkan benda dari kecil ke benda yang besar ke benda yang kecil atau sebaliknya. Anggaran yang dikeluarkan sampai 200an ribu rupiah. Mobil pintar terbuat dari kardus yang sudah tidak terpakai, bahan – bahan yang dibeli harganya lebih murah dan dapat meminimalisir pengeluaran untuk pembelian alat – alat peraga terutama dari bahan – bahan yang sudah tidak di pakai dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Mobil pintar dari kardus dipandang lebih efektif penggunaannya dibandingkan dengan alat peraga yang dijual di pasaran, cukup beda tetapi bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan pembelajaran yang mencakup beberapa aspek perkembangan anak usia dini. 
  • Bentuk dan Cara Pembuatan Mobil Pintar

Mobil pintar berbentuk kubus yang memiliki 6 sisi dengan tampilan dan fungsi yang berbeda. ukuran dati mobil pintar adalah panjang 35 cm, lebar 25 cm dan tinggi 20 cm.

Pada sisi yang pertama berukuran 35cm x 25 cm dilapisi kain flannel bertujuan untuk menempel angka – angka dan huruf. Pada sisi yang kedua digunakan untuk kegiatan puzzle baik gambar binatang maupun yang lainnya. Pada sisi ketiga bagian belakang mobil ditempelkan gambar jam bertujuan untuk memperkenalkan konsep waktu. Pada sisi keempat bagian mobil ditempel potongan botol aqua untuk eksperimen permainan warna, pada sisi atas bagian dalam diberi ruang kosong untuk kegiatan melempar bola warna – warni untuk kegiatan fisik motorik anak. Untuk melengkapi bagian bawah mobil diberi roda yang terbuat dari sandal bekas, ataupun sisa sterofoam. Supaya mobil lebih menari dipasang hiasan – hiasan kertas. Mobil pintar bisa ditarik dengan rafiah agar bisa bergerak.

  • Alat-alat dan Bahan Mobil Pintar
  • 1 buah kardus bekas ukuran 35 x 14 cm
  • 3 buah kardus susu ukuran sedang
  • 5 kain flanel warna (merah, orange, hijau, kuning, biru)
  • 1 meter perekat kain
  • 1 potong pipa paralon kecil bekas
  • 2 buah sandal bekas
  • 3 botol minuman plastik ukuran kecil
  • Spidol
  • Kertas lipat
  • Kertas emas
  • Lem castol & lem glukol
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Bola warna – warni ukuran kecil

  • Rincian Alat dan Bahan Mobil Pintar

No

Alat dan Bahan

Satuan

Harga (Rp)

Jumlah (Rp)

1

Kain flanel

5 lembar

2500

12.500

2

Perekat kain

1 meter

4000

4000

3

Lem castol

1 biji

5000

5000

4

Bola-bola kecil

1 kantong

3000

3000

5

Kertas lipat

1 pak

3000

3000

6

Kertas emas

1 pak

2000

2000

7

Spidol

1 biji

1000

1000

Jumlah

30.500

  • Cara pembuatan mobil pintar
  • Langkah ke 1 :
  • Pada sisi pertama samping kardus dilapisi kain flannel
  • Potong kertas kecil – kecil berbentuk segiempat kecil bertuliskan angka atau huruf – huruf abjad
  • Tempel perekat pada kepingan angka dan huruf
  • Gambar binatang atau bisa gambar yang lainnya sesuai tema

Contoh gambar :

  






 

                                   


  • Langkah ke 2 :
  • Pada bagian belakang tempel kain flanel
  • Buat gambar ikan lalu potong kertas menjadi 4 bagian
  • Tempel perekat kain dibelakang kertas
  • Tempelkan pada kardus yang sudah dilapisi kain flanel
  • Contoh gambar :

                                               

  • Langkah ke 3 :
  • Pada sisi kedua samping kardus dilapisi kain flanel dan siapkan kertas bergambar binatang
  • Buat lingkaran yang berbentuk jam
  • Lingkaran kecil yang ditulisi angka 1-12
  • Tempel kain perekat dibelakang lingkaran yang berbentuk jam dan angka

Contoh gambar :

  


 

  • Langkah ke 4 :
  • Pada sisi ke 4  bagiandepan mobil lapisan flannel siapkan 3 potongan botol aqua
  • Potongan berukuran berbeda pendek, sedang dan tinggi
  • Bisa digunakan untuk kegiatan eksperimen perpaduan warna
  • Siapkan air yang diberi pewarna makanan (merah, kuning, biru)
  • Contoh gambar :










  • Langkah ke 5 :
  • Bagian dalam kardus dilapisi kertas warna bebas agar lebih bagus
  • Sediakan bola kecil warna – warni
  • Contoh gambar :








  • Langkah ke 6 :
  • Pada bagian bawah kardus diberi roda yang terbuat dari sandal bekas
  • Pasang tali rafia agar mobil pintar bisa ditarik dan bergerak

  • Cara Menggunakan Mobil Pintar

Mobil pintar dapat digunakan dengan berbagai cara dan menurut tema yang dilaksanakan. Berikut ini saya jelaskan bagaimana cara menerapkan mobil pintar sebagai alat peraga multitematik, juga sebagai alat untuk observasi bagi peserta didik. Mobil pintar dapat digunakan pada tema binatang dan pada tema lainnya.

Pada sisi ke 1 samping mobil  Mobil pintar dapat digunakan pada tema binatang. (misalnya menirukan membuat kata i – k – a – n dengan disertakan gambar apel. Mintalah pada anak untuk mengambil huruf yang telah disediakan, dengan mengamati huruf dan gambar yang telah disediakan dan telah dijelaskan oleh guru)

Pada sisi 2 belakang mobil pintar dapat digunakan pada tema binatang. (Misalnya pada kegiatan membongkar dan pasangkan  gambar binatang “ikan”. Mintalah anak untuk memasang/menyusun puzzle ikan)

Pada sisi ke 3 samping mobil pintar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka serta mengenal konsep waktu. Pada tingkat dasar secara bersama menyebutkan urutan angka dan menunjukkan angka pada jam. Lepaskan beberapa angka dan mintalah anak untuk memasang dengan urutannya disini anak juga mengenal urutan pola angka dan mengelompokan warna pada angka. Guru juga bisa meminta anak memutar arah jarum jam yang diminta oleh guru (misalnya guru menyebutkan angka 1 maka anak memutar jarum jam ke angka satu)

Pada sisi ke 4  dapat digunakan untuk pengenalan sain yaitu mengenalkan percampuran warna dengan air yang sudah diberi warna dengan pewarna makanan. Guru menunjukkan 2 warna misal biru dan kuning kemudian dituangkan ke dalam dua gelas plastik setelah itu air mengalir ke dalam gelas plastik yang kosong dan hasilnya berupa pencampuran warna biru dan kuning kemudian anak mintalah pada anak menyebutkan hasil pencampuran warna tersebut. Anak juga bisa menuangkan sendiri ke dalam gelas plastik.

Pada sisi ke 5 ruang yang kosong bagian tengah mobil, bisa digunakan untuk kegiatan pengembangan fisik motorik anak dengan cara memusatkan perhatian anak untuk melempar/memasukkan bola ke dalam kardus.

  • Mobil pintar juga dapat digunakan pada tema rekreasi pada sub tema alat transportasi. Yaitu mengenalkan bagian – bagian dari kendaraan misalnya Roda, gerbong ( badan mobil ) dan lain-lain. Anak juga bisa memainkannya dengan menggerakkan mobil pintar dengan cara menarik mobil dengan tali.
  • Indikator pencapaian perkembangan
  • 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
  • 2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
  • 2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
  • 2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
  • 2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan.
  • 2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian.
  • 3.6.Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya.
  • 3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
  • 3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
  • 3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan pertukangana, dll)
  • 3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
  • 4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
  • 4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola) melalui berbagai hasil karya
  • 4.7 Manyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh dan lain-lain
  • 4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
  • 4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
  • 4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  • Kesimpulan

Dari uraian di atas maka penulis berkesimpulan bahwa :

  • Alat peraga memegang peranan yang penting sebagai media pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini, sehingga perlu bagi guru menggunakan alat peraga yang dapat memenuhi penyampaian materi.
  • Alat peraga yang diperoleh dengan membeli tidak selalu lebih baik dari alat peraga yang diciptakan guru, bahkan lebih menyesuaikan dengan berbagai tema dan lebih efektif untuk media pembelajaran.
  • Menciptakan alat peraga sendiri lebih hemat dan kreatif.
  • Saran
  • Sebagai pendidik hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan alat peraga edukatif.
  • Alat peraga yang menarik minat anak dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang dicapai, ciptakan suasana yang nyaman dengan alat peraga yang inovatif.

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

PAUD KARTINI KOTA PROBOLINGGO

TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 

 

 

Semester / Minggu ke : I/I

Hari / Tanggal             : Senin, 03 September 2018

Kelompok / Usia         : B (5-6 Tahun)

Tema / Sub Tema        : Binatang / Binatang Laut Cipt Allah

Waktu                         : 07.00 – 09.30 (150 menit)

 

PENYAMBUTAN ANAK / PENATAAN LINGKUNGAN BERMAIN

SOP

 

KD

INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN

1.1

1.2

2.1

2.8

3.3, 4.3

3.6, 4.6

3.12, 4.12

Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan Nya

Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar

Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang terkontrol dan lincah

Mengenal / menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran pola, dll)

Mengenal / Menunjukkan keaksaraan awal melalui bermain dalam berbagai bentuk karya

 

ALAT DAN BAHAN

Media Mobil Pintar

Gambar ikan

Puzzle gambar ikan

Air yang diberi pewarna (merah, kuning, biru)

Gelas plastik

Botol minum plastik

Kartu huruf A-Z

Bola-bola kecil warna-warni

Kartu angka 1-10

PEMBUKAAN

SOP

 

Berdoa sebelum belajar

Mengamati media mobil pintar

Berdiskusi menggunakan mobil pintar

Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan dalam bermain mobil pintar

Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)

Menggunakan kata tolong, terima kasih dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat

 

 

KEGIATAN INTI

SOP

 

Menuang air ke dalam tempat penampung( gelas plastik)

 

Menempel beberapa huruf atau abjad tertentu ( i – k – a – n )

 

Membilang/menunjuk angka 1 – 10 

 

Menyusun puzzle ikan

 

 

RECALLING

 

Merapikan mainan

Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain

Penguatan pengetahuan yang didapat anak

Bila ada perilaku kurang tepat harus didiskusikan bersama

Training Toilet / Bermain di dalam / di luar makan minum

SOP

PENUTUP

SOP

Bernyanyi

Menginformasikan kegiatan untuk esok hari

Berdoa setelah belajar

pulang

Rencana Evaluasi :

Sasaran penilaian mengacu pada KD yang akan dicapai (mengacu pada indikator sebagai penanda perkembangan)

Teknik pencatatan (catatan observasi, hasil karya)

Probolinggo, 03 September 2018

Mengetahui

Kepala TK KARTINI 2                                              Guru Kelas

NUR FADILAH, Sd                                                 YUYUN NURHAYATI, S.Pd

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
  20. 20
  21. 21
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun