Penerapan Media Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Pertumbuhan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Nusa Cendana Kupang
Yuvenalis Peka
Mahasiswa PPKn FKIP Undana
yuvenalispeka@gmail.com
Â
Abstrak
Globalisasi mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan, di mana institusi pendidikan perlu memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki akses yang setara terhadap teknologi untuk mendukung proses diskusi kelompok, serta memberikan dukungan bagi mereka yang kurang mahir dalam menggunakannya. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan metode belajar diskusi kelompok sangat memiliki kontribusi besar dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran PPKn, memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Namun, efektivitasnya sangat tergantung pada bagaimana teknologi tersebut diintegrasikan dalam kurikulum dan bagaimana dinamika kelompok dalam diskusi dikelola. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif untuk mengkaji kontribusi metode diskusi kelompok berbasis teknologi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Populasi penelitian adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Pancasikla dan Kewarganegaraan Universitas Nusa Cendana, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 20-30 mahasiswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi proses diskusi kelompok, yang bertujuan untuk memahami partisipasi mahasiswa, dinamika kelompok, dan penggunaan teknologi. Teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif menggunakan analisis tematik dari data wawancara dan observasi, serta analisis kuantitatif sederhana untuk data kuesioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang terlibat dalam diskusi kelompok dan dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang memfasilitasi pembelajaran berbasis diskusi tersebut.
Kata Kunci: Media Diskusi Kelompok, Pertumbuhan Pemahaman Mahasiswa, Pendidikan Pancasila Dan  Kewarganegaraan, Universitas Nusa Cendana Kupang
Application of Group Discussion Learning Media to the Growth of Students' Understanding of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) at Nusa Cendana University, Kupang
Â