Mohon tunggu...
ArvenGoranz
ArvenGoranz Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

hanya memperbesar kemungkinan untuk selalu di_kenang, walaupun menyadari tidak pernah di_menangkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Pembelajaran Diskusi Kelompok

23 Oktober 2024   02:25 Diperbarui: 23 Oktober 2024   02:34 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerapan Media Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Pertumbuhan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Nusa Cendana Kupang

Yuvenalis Peka

Mahasiswa PPKn FKIP Undana

yuvenalispeka@gmail.com

 

Abstrak

Globalisasi mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan, di mana institusi pendidikan perlu memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki akses yang setara terhadap teknologi untuk mendukung proses diskusi kelompok, serta memberikan dukungan bagi mereka yang kurang mahir dalam menggunakannya. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan metode belajar diskusi kelompok sangat memiliki kontribusi besar dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran PPKn, memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Namun, efektivitasnya sangat tergantung pada bagaimana teknologi tersebut diintegrasikan dalam kurikulum dan bagaimana dinamika kelompok dalam diskusi dikelola. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif untuk mengkaji kontribusi metode diskusi kelompok berbasis teknologi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Populasi penelitian adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Pancasikla dan Kewarganegaraan Universitas Nusa Cendana, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 20-30 mahasiswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi proses diskusi kelompok, yang bertujuan untuk memahami partisipasi mahasiswa, dinamika kelompok, dan penggunaan teknologi. Teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif menggunakan analisis tematik dari data wawancara dan observasi, serta analisis kuantitatif sederhana untuk data kuesioner. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang terlibat dalam diskusi kelompok dan dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang memfasilitasi pembelajaran berbasis diskusi tersebut.

Kata Kunci: Media Diskusi Kelompok, Pertumbuhan Pemahaman Mahasiswa, Pendidikan Pancasila Dan  Kewarganegaraan, Universitas Nusa Cendana Kupang

Application of Group Discussion Learning Media to the Growth of Students' Understanding of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) at Nusa Cendana University, Kupang

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun